Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ini Alasan Jokowi Tunjuk Terawan Jadi Menkes

Ini Alasan Jokowi Tunjuk Terawan Jadi Menkes Dokter Terawan Agus Putranto. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Dream - Jokowi mulai menjelaskan alasan penunjukan para menterinya. Salah satunya penunjukan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Terawan, sebagai Menteri Kesehatan.

"Menteri ini lebih titik beratnya kepada pengelolaan, lebih kepada manajemen," kata Jokowi, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 24 Oktober 2019.

Menurut presiden bernama lengkap Joko Widodo itu, sosok menteri punya peran saat menyusun dan mengatur anggaran, personalia, dan distribusi.

"Sehingga menterinya harus memiliki pengalaman manajemen yang baik. Saya melihat dokter Terawan dalam mengelola RSPAD memiliki kemampuan itu," kata Jokowi.

Ancaman Endemik

Jokowi juga menyebut kiprah Terawan di dunia medis internasional sangat penting sehingga dapat menjadi modal untuk mengemban tugas penting di dunia kedokteran militer.

"Beliau juga ketua dokter militer dunia, artinya, pengalaman beliau, track record beliau tidak diragukan juga termasuk pengalaman di lapangan menghadapi bencana dan ancaman-ancaman endemik karena kita ini selalu berada pada posisi bencana, ancaman endemik itu di Indonesia masih ada," kata dia.

"Dan yang saya lihat, waktu beberapa kali saya undang, orientasinya adalah preventif, itu yang lebih dititik beratkan. Artinya, berkaitan dengan hidup yang sehat, pola makan sehat, olahraga yang sehat, bukan titik beratnya pada mengurusi yang telah sakit, membuat rakyat kita sehat," ucap dia.

Sumber: Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Terawan Putranto, Dokter Kontroversi 'Cuci Otak' yang Jadi Menkes

Dream - Terawan Agus Putranto dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk memimpin Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggantikan Nila F Moeloek.

Nama Dokter Terawan sempat menjadi perbincangan publik. Bermula saat izin praktik sang dokter yang sempat dibekukan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Tapi, peristiwa itu tak menghalanginya untuk jadi sosok nomor satu di Kemenkes.

Selama ini, Dokter Terawan mengabdi kepada negara sebagai Kepala RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Ia kerap mendamping sederet pejabat yang menjalani perawatan di RSPAD, seperti almarhumah mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Menko Polhujam Wiranto.

Selain itu, Dokter Terawan juga merupakan salah satu dokter kepresidenan. Dikutip dari Liputan6.com sejak kecil, pria kelahiran Yogyakarta 5 Agustus 1964 ini memang bercita-cita menjadi dokter. Dan, cita-citanya berhasil dicapai.

Ia lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Setelah itu, ia menyelesaikan pendidikan kedokteran spesialisnya di Departemen Spesialis Radiologi di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.

Kontroversi 'Cuci Otak'

Dokter Terawan dikenal dengan temuannya yaitu metode pengobatan brain washing atau dikenal dengan cuci otak.

Metode itu diklaim bisa menyembuhkan strok, yang kemudian muncul pro dan kontra baik dari ranah medis maupun non-medis.

Hal itu lantaran anggapan bahwa metode 'cuci otak' sang dokter belum bisa dibuktikan keamanannya secara medis dan butuh penelitian lebih lanjut. Bahkan sampai saat ini kasus ini belum ada kejelasan.

Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) pernah menjatuhkan sanksi pada dokter Terawan Agus Putranto, S. Rad.

Sanksi yang ditimpakan adalah, pencabutan keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dengan rekomendasi pencabutan izin praktik, selama 12 bulan, terhitung dari Februari 2018.

Sumber: Liputan6.com

Seefektif Apa Metode 'Brain Wash' dr. Terawan Atasi Stroke?

Dream - Prosedur Digital Subtraction Angiography (DSA) yang dikembangkan dr. Terawan Agus Putranto membuat dirinya mendapat 'kartu merah' dari Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Seefektif Apa Metode 'Brain Wash' dr. Terawan Atasi Stroke?

Sang dokter yang berpraktik di RSPAD Gatot Subroto dianggap melakukan pelanggaran berat pada kode etik kedokteran. Hal ini lantaran ia dianggap mengiklankan secara berlebihan dengan klaim tindakan DSA untuk pengobatan (kuratif) dan pencegahan (preventif).

Terkait hal tersebut, Ahli Neurologi dari RS Gading Pluit, dr. Andreas Harry, Sp.S(K) mengungkap, DSA merupakan prosedur yang bisa digunakan untuk tujuan diagnostik dan terapi.

Yaitu dengan memasukkan kateter khusus ke dalam pembuluh darah yang mengaliri organ sasaran. DSA otak yang awalnya dilakukan dengan tujuan diagnostik, berkembang menjadi terapi, yang dikenal dengan istilah brain spa atau cuci otak.

"DSA itu bisa untuk diagnostik seperti pembuluh darah melembung, dan terapi pada kemoterapi," ujar Andreas, saat diwawancarai Health Liputan6.com.

 

Penghancuran Gumpalan Darah

Menanggapi soal kasus cuci otak yang menimpa dokter Terawan, dr Andreas mengatakan bahwa antikoagulan bernama heparin yang disemprotkan menggunakan alat DSA hanya dapat digunakan untuk mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

Ini Sebab Serangan Jantung Mengintai Usia Muda

"Jadi bukan mengobati. Dan juga cuci otak menggunakan DSA dengan semprotan heparin itu enggak bisa digunakan untuk semua penyakit," tegas Andreas.

Salah Kaprah

Terkait dengan metode 'cuci otak', Andreas mengakui banyak orang yang salah kaprah. Menurutnya, heparin, yang selama ini dianggap sebagai penghancur gumpalan darah, ternyata hanya memiliki fungsi pencegahan.

"Jadi apanya yang mau dicuci? Kalau penghancur gumpalan itu namanya trombolitik, jadi jangan salah kaprah," ujar Andreas.

Dokter Terawan

Penyemprotan heparin dengan menggunakan metode DSA ternyata memiliki efek samping mengerikan, walau jarang terjadi, yaitu perdarahan di otak.

Oleh sebab itu, Andreas mengimbau untuk berhati-hati dalam penggunaan obat tersebut dan pastikan berkonsultasi secara matang dengan dokter terlebih dahulu.

Sumber: Liputan6.com/ Aretyo Jevon Perdana

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Saat Jokowi Tertawa Ketika Ditanya Jadi Ketum Golkar

Saat Jokowi Tertawa Ketika Ditanya Jadi Ketum Golkar

Ia pun berkelakar ingin jadi Ketua Indonesia saja.

Baca Selengkapnya
Prabowo Janji Bangun 300 Fakultas Kedokteran: Kita Kekurangan 140 Ribu Dokter

Prabowo Janji Bangun 300 Fakultas Kedokteran: Kita Kekurangan 140 Ribu Dokter

Prabowo juga menyatakan akan mengirim 10 ribu anak-anak pintar dari SMA, lulusan SMA, ke luar negeri untuk belajar kedokteran.

Baca Selengkapnya
Alasan Jokowi Kirim Bunga Anggrek Ungu Saat Ketum PDIP Megawati Ulang Tahun ke-77

Alasan Jokowi Kirim Bunga Anggrek Ungu Saat Ketum PDIP Megawati Ulang Tahun ke-77

Jokowi mengungkap alasannya mengirim bunga anggrek ungu ke kediaman Megawati Soekarnoputri

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Dokter Kandungan Dampingi Istri Melahirkan, Awalnya Agak Tegang Akhirnya Melegakan

Dokter Kandungan Dampingi Istri Melahirkan, Awalnya Agak Tegang Akhirnya Melegakan

Berprofesi sebagai dokter kandungan, ia tampak sedikit tegang ketika mendampingi sang istri saat melahirkan.

Baca Selengkapnya
Jokowi Disebut Ingin Bertemu Megawati Bahas Koalisi, Begini Kata Istana

Jokowi Disebut Ingin Bertemu Megawati Bahas Koalisi, Begini Kata Istana

Ari mengatakan Jokowi terbuka untuk bertemu dengan tokoh-tokoh bangsa, termasuk Megawati.

Baca Selengkapnya
Jokowi: ASN, TNI, Polri, dan BIN, Harus Netral Jaga Kedaulatan Rakyat

Jokowi: ASN, TNI, Polri, dan BIN, Harus Netral Jaga Kedaulatan Rakyat

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa ASN, TNI, Polri, termasuk BIN harus netral dan menjaga kedaulatan rakyat,” kata Jokowi.

Baca Selengkapnya
Jokowi Naikkan Tukin Pegawai Bawaslu, Ganjar: Mudah-Mudahan Bukan Suap

Jokowi Naikkan Tukin Pegawai Bawaslu, Ganjar: Mudah-Mudahan Bukan Suap

"Untuk bekerja lebih profesional. Saya membacanya positif saja," tegas Ganjar.

Baca Selengkapnya
Momen Kocak Jokowi Sengaja Sebut Gelar Lengkap Menteri Basuki Saat Resmikan Pasar, Pak Bas sampai Salah Tingkah

Momen Kocak Jokowi Sengaja Sebut Gelar Lengkap Menteri Basuki Saat Resmikan Pasar, Pak Bas sampai Salah Tingkah

Basuki pun tertawa sambil melirik ke arah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang berada di sebelahnya.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Mendadak Meeting

NOTED KAK! Mendadak Meeting

Sahabat dream, kalian suka kesel gak sih saat usah siap-siap mau pulang, tiba-tiba diajak meeting? Mungkin ada yang reaksinya seperti Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya