Jokowi Siapkan Masa Transisi Pandemi Menuju Endemi 6 Bulan ke Depan

News | Selasa, 26 April 2022 12:00

Reporter : Nabila Hanum

Pemerintah menyiapkan masa transisi menuju endemi Covid-19 enam bulan ke depan.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan masa transisi pandemi Covid-19 menuju endemi dalam enam bulan. Kebijakan itu diambil karena kasus corona terus menunjukkan penurunan.

" Ini masih ada transisi, kira-kira enam bulan. Kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam tetap masih pakai masker," kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa 26 April 2022.

Menurutnya, kasus Covid-19 di Indonesia memang sudah rendah yakni di bawah 20.000. Oleh sebab itulah, pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman pada momentum Lebaran 2022.

Kendati begitu, Jokowi menegaskan pemerintah tidak ingin terburu-buru menetapkan status endemi seperti negara-negara lain.

" Tapi apapun, ada masa transisi yang kita harus hati-hati. Saya tidak ingin kayak negara-negara lain, buka masker, tidak," ujarnya.

Jokowi menekankan ada tahapan-tahapan yang perlu dilalui, sebelum menuju ke endemi Covid-19. Dia menuturkan pemerintah akan menggunakan prinsip kehati-hatian dalam menentukan kebijakan terkait Covid-19.

" Ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa, karena apapun kita punya pengalaman. Saat Delta seperti apa, saat Omicron seperti apa, sehingga kehati-hatiaan, kewaspadaan tetap harus," kata Jokowi.

Jokowi Siapkan Masa Transisi Pandemi Menuju Endemi 6 Bulan ke Depan
© MEN
2 dari 3 halaman

Pemerintah Mulai Persiapkan Transisi Covid-19 dari Pandemi ke Endemi

Dream - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan Pemerintah saat ini tengah mempersiapkan masa transisi Covid-19 dari pandemi menjadi endemi. Terdapat sejumlah langkah yang bakal dijalankan untuk mewujudkan cita-cita ini.

" Untuk mencapai cita-cita transisi pandemi ke endemi, yang dilakukan adalah menggenjot vaksinasi dosis kedua dan booster untuk lansia," ujar Luhut, disiarkan Sekretariat Presiden.

Dia meminta pemerintah daerah untuk aktif menggelar sosialisasi untuk menggenjot capaian vaksinasi. Terutama, vaksinasi dosis ketiga bagi masyarakat yang telah mendapatkan tiket.

Juga, masyarakat yang sudah divaksin lengkap dalam rentang waktu 6 bulan diminta untuk segera mendatangi gerai vaksinasi.

" Saya meminta masyarakat yang sudah vaksinasi dosis kedua atau sudah vaksinasi lengkap dalam rentang waktu 6 bulan bisa segera mendatangi gerai-gerai vaksin," ucap Luhut.

3 dari 3 halaman

Sudah Dibahas Bersama Para Pakar

Selanjutnya, Luhut mengatakan proses transisi ini akan dilakukan secara bertahap. Sejumlah faktor akan jadi indikator seperti kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, serta menerapkan prinsip kehati-hatian.

" Tadi malam kami panjang lebar berbicara dengan pakar, epidemiologi, ataupun kesehatan, untuk sampai pada kesimpulan ini (endemi) dan tersebut melakukan evaluasi status endemi ke depan," kata dia.

Tak hanya itu, Pemerintah juga menggunakan indikator lain. Di antaranya tingkat imunitas masyarakat, jumlah kasus rendah sesuai indikator WHO, kapasitas respon fasilitas kesehatan yang memadai, serta tingkat surveilans aktif.

" Usulan konsep kriteria indikator transisi dari pandemi ke endemi akan disempurnakan dengan pakar dan ahli di bidangnya," kata Luhut.

Lebih lanjut, Luhut menyinggung langkah sejumlah negara yang mulai memperlakukan pandemi sebagai endemi. Di antaranya Inggris, Denmark dan Singapura, yang mulai melonggarkan pengetatan.

" Kita tidak perlu latah atau ikut-ikutan seperti negara tersebut," kata Luhut.

Terkait
Join Dream.co.id