Jokowi Sempat Bingung Saat Sholat di Dalam Kabah

News | Selasa, 16 April 2019 14:01
Jokowi Sempat Bingung Saat Sholat di Dalam Kabah

Reporter : Maulana Kautsar

Akan dikenang di dalam ingatannya.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan pengalamannya ketika sholat di dalam Kabah. Dia menyebut sempat gamang ketika harus menghadap ke arah mana.

" Dan akhirnya saya ingat: ini di dalam Kakbah. Saya bisa sholat menghadap ke arah mana saja," kata Jokowi, di Instagram pribadinya @jokowi, Selasa, 16 April 2019.

Jokowi menyebut, tak pernah terbayangkan dalam hidupnya mendapat kesempatan istimewa itu. Salah satu momen istimewa lain yang dia rasakan yaitu melihat ribuan orang dari berbagai bangsa sedang menjalankan tawaf.

Jokowi bercerita, di dalam ruangan Kabah dia berdoa bersama istri, Iriana, dan anak-anaknya, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

" Menjelang subuh saya telah berada di dalam Kakbah, di ruangan kosong yang sedikit gelap, bersama istri dan anak-anak. Saya kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru," ucap dia.

Ketika menuruni tangga turun Kabah, Jokowi dan keluarga disambut azan Subuh yang berkumandang di Masjidil Haram. Dia menyebut, peristiwa ini sebagai salah satu yang lekat dalam ingatannya.

2 dari 6 halaman

Doa dan Ucapan Syukur Jokowi di Dalam Kabah

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan masuk ke dalam Kabah, Masjidil Haram disela kunjungan negara ke Arab Saudi dan dilanjutkan ibadah umrah. Jokowi mengucap syukur dapat memasuki ruangan sakral tersebut.

"Hanya ucapan syukur yang bisa saya panjatkan ke hadirat Allah SWT untuk kesempatan menjejak ruang dalam Baitullah," kata Jokowi, di Instagram-nya @jokowi, Senin, 15 April 2019.

Jokowi diberi kesempatan untuk masuk ke dalam kabah setelah menunaikan ibadah sholat subuh. Tak sendiri, Jokowi bersama istri dan dua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, turut masuk ke dalam kabah.

Berada di tempat paling diidamkan semua muslim dunia, Jokowi tak lupa memanjatkan doa di dalam ruang sebuah tempat mulia itu.

"Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati, dan mengagungkannya di antara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran, dan kebaikan," tulis dia.


Sebelumnya, ibadah umroh yang dijalankan Jokowi beserta keluarga mendapat sorotan. Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengunggah video dan foto, Jokowi, dan istri, Iriana, serta Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep saat memasuki Kabah.

Jokowi melaksanakan umroh dengan pengawalan ketat dari militer Saudi dan petugas keamanan Masjidil Haram.

3 dari 6 halaman

Video Jokowi dan Keluarga Dapat Kehormatan Masuk Kabah

Dream - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana melaksanakan ibadah umroh pada Minggu 14 April 2019. Ibadah tersebut dilaksanakan usai pertemuan dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud, dan Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman bin Abdul Aziz.

Selain Kerabat dan Kolega, Jokowi Ajak Umroh Guru Ngajinya

Jokowi melaksanakan umroh dengan pengawalan ketat dari militer Saudi dan laskar keamanan Masjidil Haram. Jokowi tampak tenang berjalan menuju Kabah, ditemani Iriana serta sejumlah pejabat lain, baik dari Indonesia maupun Saudi.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengunggah video saat Jokowi masuk ke Masjidil Haram dan dalam pengawalan ketat.

"Selamat menunaikan Ibadah Umroh Bapak Presiden @jokowi dan keluarga, semoga lancar dan Mabrur #doakuuntukmu #beribadah," tulis Pramono di akun Instagram, @pramonoanung, diakses pada Senin 15 April 2019.

      View this post on Instagram

Selamat menunaikan Ibadah Umroh Bapak Presiden @jokowi dan keluarga, semoga lancar dan Mabrur #doakuuntukmu #beribadah

A post shared by Pramono Anung W (@pramonoanungw) on 

4 dari 6 halaman

Kesempatan Langka, Masuk Kabah

Tak hanya umroh, Jokowi dan keluarga mendapat hak istimewa dari Kerajaan Arab Saudi. Mereka diberikan kesempatan untuk masuk dan melihat bagian dalam Kabah.

Ibadah Umroh, Jokowi Dapat Kehormatan Masuk Kabah

Momen ini sempat diabadikan lewat video yang kemudian tersebar di media sosial. Salah satu akun yang mengunggah kembali video tersebut adalah milik sutradara, Hanung Bramantyo.

"Selamat menjalankan ibadah Umroh pak @jokowi," tulis Hanung di akunnya, @hanungbramantyo.

      View this post on Instagram

Selamat menjalankan ibadah Umroh pak @jokowi 🙏🙏🙏

A post shared by Hanung Bramantyo (@hanungbramantyo) on 

5 dari 6 halaman

Puji Stabilitas, Putra Mahkota Saudi Nilai Indonesia Beruntung

Dream - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin yang maju. Pujian itu disampaikan Mohammad ketika menjamu Jokowi di Istana Putra Mahkota, Riyadh.

 Putra Mahkota Saudi: Jokowi Pemimpin yang Maju

" Putra Mahkota menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik. Indonesia dinilai beruntung memiliki pemimpin yang jelas dan maju," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dilaporkan , Senin, 15 April 2019.

Retno menyebut pertemuan itu berlangsung cair dan penuh kehangatan.

Dalam pertemuan tersebut, Mohammad menyampaikan lagi keputusan penambahan kuota haji Indonesia.

Selain menggelar pertemuan bilateral, Mohammad juga menjamu Jokowi dengan makan malam bersama.

Dilaporkan Setkab, Retno menyebut pertemuan bilateral itu juga menyepakati mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan pertemuan setahun sekali Indonesia dan Arab Saudi.

Jokowi juga menyampaikan, Indonesia ingin menjadi bagian dari pelaksanaan Vision 2030 Arab Saudi.

6 dari 6 halaman

Selain Keluarga, Jokowi Juga Ajak Umroh Guru Ngajinya

Dream - Jokowi tak hanya mengajak keluarga dan sejumlah menteri ke Tanah Suci. Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu juga mengajak guru ngajinya, KH Abdul Karim Ahmad atau Gus Karim.

 Selain Kerabat dan Kolega, Jokowi Ajak Umroh Guru Ngajinya

Dalam foto yang diunggah ke Twitter oleh akun @MurtadhaOne, sosok Gus Karim menyita perhatian warganet. Dia terlihat mengenakan sabuk babe berwarna hijau.

Saat tawaf maupun doa, pengasuh Pondok Pesantren Al Quraniy Azzayadiy terlihat selalu terlihat mendampingi Jokowi.

"  Ada sosok yang sangat spesial dalam umroh Presiden Joko Widodo kali ini. Pengasuh pondok Pesantren Al Quraniy Azzayadiy, KH Abdul Karim Ahmad (Gus Karim) guru ngaji Pak Jokowi mengikuti umroh kali ini. Masya Allah," tulis akun tersebut.

Sosok Gus Karim memang telah lekat dengan keluarga Jokowi. Saat pernikahan Gibran dengan Selvi Ananda, Gus Karim didapuk memberikan nasihat pernikahan.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id