Jokowi Bangun Rumah untuk Para Istri Prajurit KRI Nanggala-402

News | Kamis, 29 April 2021 15:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Rumah akan dibangun sesuai keinginan para istri prajurit Korps Hiu Kencana.

Dream - Presiden Joko Widodo menyatakan para isti awak KRI Nanggala-402 akan mendapatkan rumah dari pemerintah. Lokasinya pun menyesuaikan dengan keinginan para istri prajurit Korps Hiu Kencana tersebut.

" Nanti ibu-ibu sekalian akan kami juga bangunkan rumah yang tempatnya kami mengikuti ibu-ibu, terserah, bisa di Gresik dan bisa di Sidoarjo, bisa di mana saja," ujar Jokowi saat bersilaturahim dengan perwakilan keluarga prajurit awak KRI Nanggala-402, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, mekanisme pembangunan rumah nantinya diatur oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut dan Panglima TNI. Diharapkan pembangunan rumah dapat segera terealisasi.

" Kami juga meminta mekanisme ini dilakukan Pak Kasal dan Panglima bisa mengaturnya dan segera bisa dilaksanakan," kata dia.

 

Jokowi Bangun Rumah untuk Para Istri Prajurit KRI Nanggala-402
Presiden Joko Widodo (YouTube/Sekretariat Presiden)
2 dari 6 halaman

Beasiswa Penuh

Selain rumah, Jokowi juga menyatakan Pemerintah menjamin biaya pendidikan putra-putri prajurit hingga perguruan tinggi. Mekanisme juga akan diatur oleh KASAL dan Panglima TNI.

" Untuk putra-putri dari ibu sekalian akan diatur oleh Negara agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi. Saya sampaikan Panglima dan KASAL manajemennya diatur, agar rapi," ucap Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu juga menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. Dia berharap semoga arwah para prajurit diampuni oleh Allah dan diberikan tempat terbaik.

3 dari 6 halaman

Seluruh Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 Dianugerahi Bintang Jasa Jalasena

Dream - Presiden Joko Widodo mengumumkan sebanyak 53 prajurit TNI AL yang gugur akibat tenggelamnya KRI Nanggala-402 menerima penghargaan dari Pemerintah. Penghargaan tersebut berupa kenaikan pangkat dan Bintang Jasa Jalasena.

" Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi, pengabdian, serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut," ujar Jokowi, dikutip dari Setkab.

Bintang Jalasena sederajat dengan Bintang-bintang lain, di bawah Bintang Gerilya. Bintang Jalasena berarti Penguasa Lautan. Jalasena merupakan tanda kehormatan untuk anggota TNI Angkatan Laut.

Selain anugerah itu, biaya pendidikan putra-putri dari 53 prajurit tersebut dijamin pemerintah hingga jenjang S1. Jokowi juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada unsur yang terlibat dalam pencarian KRI Nanggala-402.

" Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, Bakamla, BPPT, dan KNKT, serta seluruh unsur yang tidak bisa saya sebut satu-persatu yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggala-402 ini," kata Jokowi.

4 dari 6 halaman

Apresiasi Kepada Pihak Terlibat Pencarian KRI Nanggala-402

Apresiasi juga diberikan kepada negara-negara sahabat yang terlibat dalam proses pencarian. Di antaranya Singapura, Malaysia, Australia, dan Amerika Serikat.

Tak lupa, Jokowi menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya 53 prajurit awak KRI Nanggala-402. Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa dan patriot penjaga kedaulatan negara.

" Pengabdian Saudara-saudara akan terpatri di sanubari seluruh rakyat Indonesia. Semoga arwah prajurit-prajurit Hiu Kencana tersebut mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan," kata Jokowi.

5 dari 6 halaman

Kenangan Susi Pudjiastuti Saat Berdinas Bareng Komandan KRI Nanggala-402

Dream - Tenggelamnya KRI Nanggala-402 menjadi duka bagi bangsa Indonesia. Insiden itu menyebabkan 53 prajurit terbaik TNI AL gugur.

Insiden tersebut juga menjadi kesedihan bagi Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Dia pun membagikan ucapan duka cita dan momen saat berdinas bersama Kolonel Laut (P) Harry Setiawan, sang Komandan KRI Nanggala-402.

" Duka yg mendalam atas gugurnya 53 Putera2 Bangsa Terbaik/Prajurit TNI AL KRI Nanggala 402," tulis Susi di Instagram.

Susi pernah beberapa kali berfoto bersama Harry. Keduanya pernah terlibat dalam beberapa tugas bersama.

Saat itu, Susi masih menjabat sebagai Menteri Keluatan dan Perikanan. Tidak hanya saat tugas, beberapa kali Susi juga bersantai bersama Harry seperti saat menikmati kopi dan berenang di pinggir pantai.

" Teruntuk Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E. dan keluarga, penghormatan dan terima kasih luar biasa dari saya pribadi atas semua dukungan dan kerja sama selama saya menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019," tulis Susi.

6 dari 6 halaman

NU-Muhammadiyah Imbau Sholat Gaib untuk Prajurit Syuhada KRI Nanggala-402

Dream - Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 menjadi kabar duka yang kembali melanda Indonesia. 53 prajurit terbaik TNI AL gugur dalam insiden tersebut.

Atas peristiwa ini, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menyampaikan duka cita yang mendalam. Dua ormas Islam terbesar itu menyeru umat Islam untuk menjalankan sholat gaib bagi KRI Nanggala-402.

" Kita yakin dan kita doakan agar mereka diterima di sisi Allah ditempatkan di tempat yang indah dan damai, dan mereka diampuni segala kesalahannya, diterima segala amal shalehnya," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Sirodj, dikutip dari NU Online.

Kiai Said berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran da ketabahan. Dia pun mengimbau seluruh Nahdliyin menggelar sholat gaib.

" Semuanya adalah musibah dari Allah. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,"  kata dia.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, turut menyampaikan duka cita mendalam atas musibah yang dialami KRI Nanggala-402. Dia menyatakan 53 prajurit TNI AL dalam kapal selam tersebut gugur sebagai syuhada.

" Mereka adakah para patriot bangsa yang telah berjuang dan berkorban untuk kepentingan negara. Mereka adalah para syuhada yang memberikan darma baktinya untuk Indonesia," kata Haedar, dikutip dari laman Muhammadiyah.

Karena itu, Haedar mengimbau seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah melaksanakan sholat gaib sebagai fardlu kifayah. Haedar juga berharap agar seluruh keluarga prajurit TNI AL yang gugur dalam insiden KRI Nanggala-402 diberi kekuatan iman, ikhlas, sabar, dan dapat lapang hati.

" Keluarga tentu berat dan kehilangan, tetapi kami percaya segenap anggota keluarga dapat mengikhlaskan para prajurit yang gugur itu sebagai syuhada bangsa menemui keharibaan Allah SWT dalam rengkuhan ridha-Nya," kata Haedar.

 

Join Dream.co.id