Jokowi Lantik Anggota Dewan Pertimbangan Presiden

News | Jumat, 13 Desember 2019 17:14
Jokowi Lantik Anggota Dewan Pertimbangan Presiden

Reporter : Maulana Kautsar

Wiranto didapuk menjadi ketua.

Dream - Presiden Joko Widodo melantik sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Istana Negara Jakarta. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 137/P/2019 tentang pengangkatan Keanggotaan Dewan Pertimbangan Presiden.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM era Kabinet Kerja, Wiranto ditunjuk sebagai ketua merangkap anggota Wantimpres. Delapan anggota diantaranya, Sidarto Danusubroto (politisi senior PDIP), Agung Laksono (politisi senior Partai Golkar), Dato Sri Tahir (pemilik Mayapada Group), Putri Kuswisnu Wardani (pemimpin Mustika Ratu).

Kemudian, Mardiono (politisi PPP), Arifin Panigoro (pemilik Medco Energi), Soekarwo (mantan Gubernur Jawa Timur), dan Habib Luthfi bin Yahya (ulama Nahdlatul Ulama).

Jokowi memimpin sumpah jabatan para anggota Wantimpres. Mereka berjanji akan menjalankan tugas sesuai UUD 1945.

" Bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya, kepada bangsa dan negara," kata Jokowi, Jumat, 13 Desember 2019.

Usai diambil sumbahnya, Jokowi memberi ucapan selamat. Hadir dalam kesempatan ini Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri serta para menteri kabinet Indonesia Maju.

Sumber:

2 dari 5 halaman

Habib Lutfi Jadi Wantimpres Jokowi

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik sembilan orang Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Istana Merdeka Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.

Salah seorang yang ditunjuk Jokowi yaitu politikus senior PDIP Sidharto Danusubroto. " Iya sudah dapat undangan (pelantikan)," kata Sidharto, dilaporkan Liputan6.com.

Sidharto mengatakan beberapa nama anggota Wantimpres, diantaranya, mantan Menkopolhukam Wiranto, Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono, pengusaha Arifin Panigoro, dan Dato Sri Tahir.

" Ada Pak Wiranto, Agung Laksono, lalu Arifin Panigoro," kata Sidharto.

Selain nama-nama tersebut, Jokowi disebut juga menunjuk ulama Habib Luthfi bin Yahya dan pengusaha, Putri Wardhani.

Sementara itu, Ketua Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) dikabarkan menolak menjadi Wantimpres. Dia mengaku ingin fokus mengurusi partai yang dipimpinnya.

OSO menyebut Jokowi sudah menunjuk nama lain untuk menggantikannya.

" Ada, itu Pak Presiden yang tahu, saya tak mau andai-andai," kata OSO.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

3 dari 5 halaman

Dituding Bangun Dinasti karena Gibran-Bobby Ikut Pilkada, Ini Kata Jokowi

Dream - Jokowi membantah telah membangun dinasti politik dengan majunya sang putra, Gibran Rakabuming Raka, dan sang menantu, Bobby Nasution, pada Pilkada 2020.

" Siapapun punya hak pilih dan dipilih. Ya kalau rakyat enggak memilih gimana. Ini kompetisi bukan penunjukan. Beda. Tolong dibedakan," kata Jokowi, Kamis 12 Desember 2019.

Dia memastikan tidak akan ikut campur pada pencalonan Gibran dalam pemilihan Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, dan Bobby yang maju dalam pemilihan Wali Kota Medan, Sumatera Utara.

Presiden bernama lengkap Joko Widodo ini mengatakan, Gibran dan Bobby akan mengikuti kompetisi yang dipilih secara langsung. Semua keputusan ada di tangan rakyat dalam menggunakan suaranya.

" Itu kan sebuah kompetisi. Kompetisi itu bisa menang bisa kalah. Terserah rakyat yang memiliki hak pilih," ucap dia.

Jokowi enggan berkomentar mengenai Gibran karena keputusan itu murni diambil sang anak. " Kan sudah saya sampaikan bolak-balik. Bahwa itu sudah menjadi keputusan. Tanyakan langsung ke anaknya," tegas Jokowi.

4 dari 5 halaman

Usai Gibran, Mantu Jokowi `Nyalon` Wali Kota Medan

Dream - Bobby Nasution, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), ikut mendaftar seleksi bakal calon Wali Kota Medan yang digelar Partai PDI Perjuangan.

Formulir pendaftaran sudah diserahkan suami dari Kahiyang Ayu tersebut ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Utara.

Untuk diketahui, Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Kota Medan rencananya akan digelar pada 2020 mendatang. 

Ayah satu anak ini berharap partai berlogo Banteng Moncong Putih itu akan mendukungnya untuk maju sebagai orang nomor satu di Medan.

" Formulir pendaftaran ini saya kembalikan lengkap dengan sejumlah persyaratan. Ini pertama kali saya mendaftar ke partai politik untuk maju sebagai calon Wali Kota Medan," ujar Bobby, dilaporkan Liputan6.com, Selasa, 3 Desember 2019.

 Bobby Nasution mengembalikan formulir ke DPP PDIP Sumatera Utara (Foto: Liputan6.com)

Bobby Nasution mengembalikan formulir ke DPP PDIP Sumatera Utara (Foto: Liputan6.com)

Bobby mengatakan, akan mengikuti seluruh tahapan yang diatur dalam mekanisme PDIP. Misalnya, penyaringan hingga tes kelayakan dan kepatutan.

" Saya akan ikuti," ujar dia.

Menurut Booby, Presiden Jokowi yang tak lain adalah mertuanya memberikan kebebasan bagi seluruh anak-anaknya, juga menantunya.

" Beliau (Jokowi) sangat memerdekakan kita (anak dan menantu) mau jadi apa. Kita mau ke mana, terserah. Mau bisnis, birokrat, profesional, beliau tidak melarang," kata Bobby.

Proses pengembalian formulir pendaftaran Bobby Nasution diterima langsung oleh Sekretaris PDIP Sumut, Sutarto, didampingi sejumlah pengurus partai.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Reza Efendi)

5 dari 5 halaman

Dibocorkan Jokowi, Begini Cara Bobby Nasution PDKT ke Kahiyang

Dream - Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution telah lebih dari setahun menjalin rumah tangga. Dari hasil pernikahan mereka lahir seorang putri cantik bernama Sedah Mirah Nasution pada 1 Agustus 2018.

Lebih dari setahun menjalani pernikahan pada 8 November 2017, Presiden Joko Widodo membeberkan cara-cara pendekatan yang dilakukan Bobby hingga membuat Kahiyang jatuh hati. Yang terpenting adalah restu dari kedua orang tuanya.

Trik PDKT tersebut diungkapkan mertua Bobby, Joko Widodo saat menjadi bintang tamu dalam video blog #NebengBoy, milik presenter dan selebriti Boy William.

Dari cerita yang diungkapkan Jokowi, terungkap jika Bobby melakukan pendekatan lewat belajar bersama.

" Datang itu bersama teman-temannya, belajar bersama, jadi ya PDKT itu lewat belajar bersama," kenang Jokowi.

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id