Joe Biden Larang WNA dari 30 Negara Masuk AS demi Cegah Covid-19

News | Selasa, 26 Januari 2021 08:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Larangan ini sempat dicabut Trump namun akhirnya diberlakukan kembali.

Dream - Presiden Amerika Serikat melarang warga negara asing untuk masuk ke wilayahnya. Upaya ini dijalankan untuk menekan peningkatan kasus Covid-19, khususnya dari kasus impor.

Larangan ini sebelumnya berlaku sepanjang 2020 di mana AS masih dipimpin Donald Trump. Pada tahun lalu, warga negara non-AS yang baru dari Brasil, Irlandia, Inggris, dan sebagian besar Eropa tidak dibolehkan masuk AS.

Trump sempat mencabut larangan tersebut pada 18 Januari 2021. Mengingat situasi semakin tidak menentu, Gedung Putih akhirnya kembali menjalankan pelarangan tersebut.

" Atas saran tim medis kami, Pemerintah tidak bermaksud untuk mencabut pembatasan ini pada 26 Januari. Faktanya, kami berencana untuk memperkuat langkah-langkah kesehatan masyarakat seputar perjalanan internasional untuk lebih mengurangi penyebaran Covid-19," ujar Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, dikutip dari USA Today.

 

 

Joe Biden Larang WNA dari 30 Negara Masuk AS demi Cegah Covid-19
Presiden Amerika Serikat Joe Biden
2 dari 3 halaman

Cegah Varian Baru dari Afrika Selatan

Tak hanya itu, Pemerintahan Biden juga memasukkan Afrika Selatan dalam daftar larangan tersebut. Pertimbangannya, ditemukan adanya varian baru yang lebih kuat.

" Kami menambahkan Afrika Selatan ke dalam daftar terbatas karena varian yang mengkhawatirkan yang telah menyebar ke luar Afrika Selatan," kata Wakil Direktur Tuama CDC, Anne Schuchat.

Varian virus corona baru yang muncul di Afrika Selatan belum ditemukan di AS. Tetapi, varian dari Inggris telah terdeteksi.

Pekan lalu, Biden mengeluarkan perintah eksekutif ditujukan kepada agen federal untuk mewajibkan para traveler jalur udara melakukan karantina ketika tiba di AS. Perintah ini juga mewajibkan semua penumpang usia di atas 2 tahun memiliki hasil tes Covid-19 dalam waktu tiga hari sebelum keberangkatan.

 

3 dari 3 halaman

Ini Daftarnya

Berikut daftar negara asal terkena larangan masuk AS.

1. Afrika Selatan 
2. Brasil 
3. Inggris 
4. Irlandia 
5. Austria 
6. Belgia 
7. Republik Ceko 
8. Denmark 
9. Estonia 
10. Finlandia 
11. Prancis 
12. Jerman 
13. Yunani 
14. Hungaria 
15. Islandia 
16. Italia 
17. Latvia 
18. Liechtenstein 
19. Lithuania 
20. Luxemburg 
21. Malta 
22. Belanda 
23. Norwegia 
24. Polandia 
25. Portugal 
26. Slovakia 
27. Slovenia 
28. Spanyol 
29. Swedia 
30. Switzerland

© Dream
Join Dream.co.id