Jelang Keberangkatan Haji, Paspor dan Visa Jemaah Belum Beres

News | Rabu, 19 Agustus 2015 17:16
Jelang Keberangkatan Haji, Paspor dan Visa Jemaah Belum Beres

Reporter : Maulana Kautsar

Dirjen PHU Abdul Djamil berjanji akan segera menyelesaikan pengurusan paspor dan visa tepat waktu.

Dream - Masa keberangkatan jemaah haji gelombang pertama tahun 2015 tinggal dua hari lagi. Tetapi, terdapat beberapa persoalan yang masih belum tuntas, salah satunya terkait kepengurusan paspor dan visa jemaah.

Permasalahan ini menjadi sorotan Komisi VIII DPR RI. Bahkan, Komisi bidang Agama itu mendapat sejumlah keluhan terkait praktik pungutan pengurusan paspor dan visa calon jemaah haji.

" Karena mendapat laporan itu dari masyarakat, maka kita tanyakan ke Kemenag," ujar Anggota Komisi VIII Shodik Mujahid, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kemenag di Komplek Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 19 Agustus 2015.

Terkait hal itu, Dirjen Penyelengaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil akan segera melakukan tindak lanjut dengan pemeriksaan ke sejumlah panitia PHU. Jika kedapatan ada panitia yang menjalankankan praktik pungutan tersebut, maka Djamil siap memberikan sanksi tegas.

" Kita akan tindak tegas pejabat PNS yang bersangkutan," terang dia.

Sementara terkait pengurusan paspor dan visa calon jemaah haji yang belum selesai, Djamil mengatakan pihaknya akan berusaha menyelesaikan hal ini sesuai waktu yang ditetapkan.

" Rencananya setelah ini saya akan bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk membahas ini," katanya.

Terkait
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair
Join Dream.co.id