Jarang Diketahui! Penerus Trah Militer Keluarga Sarwo Edhi Tak Berhenti di AHY

News | Sabtu, 6 Maret 2021 14:48
Jarang Diketahui! Penerus Trah Militer Keluarga Sarwo Edhi Tak Berhenti di AHY

Reporter : Putu Monik Arindasari

Berikut jejak penerus karir militer Sarwo Edhie.

Dream - Sarwo Edhie Wibowo, mertua dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono memiliki karir militer yang sangat cemerlang.

Mencetak banyak prestasi sepanjang karirnya, karir militernya pun diteruskan secara turun-temurun oleh anak cucunya.

Dilansir dari  Liputan6.com, berikut jejak penerus karir militer Sarwo Edhie.

Karier Militer Awal Sarwo Edhie

Letnan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo memulai karier militernya dengan bergabung dalam infanteri Angkatan Darat Tentara Nasional Indonesia. Sarwo Edhie juga menduduki jabatan sebagai Komandan Pasukan Khusus Baret Merah yang dikenal sebagai RPKAD.

Ia juga pernah menduduki jabatan diplomatik sebagai Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, menjabat sebagai Ketua BP-7 Pusat, serta pernah memiliki peran penting dalam pemberantasan gerakan G30S/PKI.

2 dari 4 halaman

Pramono Edhie Meneruskan Karir Kemiliteran

Pramono Edhie Wibowo menjadi satu-satunya anak Sarwo Edhie yang melanjutkan karir kemiliteran ayahnya. Saat ayahnya menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Pramono Edhie memutuskan bergabung menjadi Taruna Akmil pada tahun 1977 sampai 1980.

 Pramono Edhie
© KLY

Korps Baret Merah yang telah dikenal sebagai Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha) menjadi tempat Pramono memulai karier kemiliteran setelah lulus dari Akmil.

Tahun 2011 menjadi puncak karier Pramono setelah dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat menggantikan Jenderal TNI George Toisutta. Namun pada Mei 2013, Pramono mengumumkan pensiun secara resmi dari dunia militer.

3 dari 4 halaman

Dilanjutkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Anak Pertama dari Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Kristiani Herawati, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono menjadi keturunan selanjutnya yang meneruskan karir kemiliteran Sarwo Edhie. Agus Harimurti Yudhoyono, atau akrab disapa AHY ini merupakan cucu dari Sarwo Edhie.

 Agus Harimurti Yudhoyono
© KLY

AHY pernah bergabung dalam Angkatan Darat Tentara Nasional Indonesia. Selama bergabung dalam Angkatan Darat, Ia mengemban tugas operasi pemulihan keamanan di Aceh pada 2002, serta operasi perdamaian PBB di Lebanon pada 2006.

Secara mengejutkan, pada 2016 AHY memilih mengundurkan diri dari dunia militer dan terjun ke dunia politik. Ia mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrat. Gagal memperoleh kursi Gubernur, AHY kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

4 dari 4 halaman

Tetap Dipertahankan oleh Letkol Danang

Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo menjadi cucu Sarwo Edhie yang masih bertahan dalam dunia militer. Menjabat sebagai Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi, Letkol Danang merupakan putra dari Letjen Purn erwin Sudjono yang menjadi menantu Sarwo Edhie.

 Lektol Dadang
© KLY

Letkol Danang pernah menjabat sebagai Danyon Raider 900 Udayana, Bali sebelum akhirnya diangkat sebagai Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi.

Terkait
Join Dream.co.id