Darah Ridwan Kamil Dicek, Uji Klinis Vaksin Covid-19 Tinggal Setahap Lagi!

News | Kamis, 1 Oktober 2020 08:01
Darah Ridwan Kamil Dicek, Uji Klinis Vaksin Covid-19 Tinggal Setahap Lagi!

Reporter : Ahmad Baiquni

Pengambilan darah untuk mengukur efek vaksin yang sudah disuntikkan sebanyak dua kali.

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kembali menjalani uji klinis vaksin Covid-19 yang ketiga pada Rabu, 30 September. Di tahap ini, pria yang karib disapa Kang Emil itu harus menjalani pengambilan darah untuk sampel.

" Siang di jadwal V3 tadi, sebagai relawan tes vaksin, saya diambil darah untuk dilihat apakah terjadi reaksi yang diharapkan yaitu munculnya antibodi yang imun terhadap virus Covid-19," tulis Ridwan di Instagram.

Ridwan tercatat sebagai salah satu relawan uji vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal China. Pengambilan darah ini merupakan tahapan setelah relawan disuntik bakal vaksin.

Ridwan masih harus menjalani pengambilan darah lagi pada Desember nanti. Tahap ini perlu dilakukan sebelum diputuskan vaksin layak digunakan atau tidak.

" Pengambilan darah kedua akan dilakukan di bulan Desember 2020 untuk akhirnya disimpulkan apakah vaksin ini layak diproduksi atau tidak. Doakan sukses ya," tulis Ridwan.

2 dari 2 halaman

Ajak Masyarakat Disiplin 3M

Lebih lanjut, Ridwan mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan dengan sabun.

"Mari disiplin sambil menunggu vaksin. Hanya itu yang bisa dilakukan orang sehat dalam melawan Covid-19," kata dia.

Ridwan juga mengunggah beberapa foto saat dirinya menjalani pengambilan sampel darah. Dia didampingi sang istri, Atalya Praratya. 

Join Dream.co.id