Jalani Sidang Offline, Begini Kondisi Habib Rizieq

News | Jumat, 26 Maret 2021 10:30
Jalani Sidang Offline, Begini Kondisi Habib Rizieq

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Sidang HRS digelar tatap muka hari ini dengan agenda pembacaan eksepi didampingi 7 kuasa hukum

Dream - Mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab, akan menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat 26 Maret 2021.

Sidang yang digelar secara tatap muka ini mengagendakan pembacaan eksepsi. Sebelumnya Habib Rizieq didakwa atas tiga perkara, yaitu perkara Nomor 221/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim terkait kasus kerumunan di Petamburan.

Selanjutnya perkara dengan nomor 225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim terkait tes usap di RS Ummi, dan perkara Nomor 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim terkait kasus kerumunan di Megamendung.

2 dari 5 halaman

Didampingin 7 Kuasa Hukum

Kuasa Hukum Rizieq, Aziz Yanuar, mengatakan, jika kliennya dalam kondisi sehat dan siap untuk mengikuti persidangan secara offline atau tatap muka.

" (MRS) Alhamdulillah sehat dan baik, siap. Kami maupun beliau bacakan eksepsi dan jalani sidang offline," kata Aziz.

Nantinya, Rizieq akan didampingi oleh tujuh orang kuasa hukum saat menjalani proses persidangan. Mengingat, majelis hakim yang mememimpin jalannya sidang hanya memberikan batasan jumlah pendamping hukum sebanyak tujuh orang.

 

 

3 dari 5 halaman

Siapa Saja?

Tujuh orang yang bakal mendampingi Rizieq Shihab nanti selain Aziz, ada juga Munarman yang memang dari awal selalu hadir dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

" Sugito Atmopawiro, Achmad Michdan, Alamsyah Hanafiah, Ali Alatas dan Dede Agung," tutupnya.

4 dari 5 halaman

Sempat Berdebat

Sebelumnya, Majelis hakim mengabulkan permohonan Rizieq Shihab beserta tim penasihat hukumnya yang meminta dihadirkan ke dalam ruang persidangan atau melaksanakan sidang secara offline.

Keputusan ini ditetapkan setelah melalui perdebatan yang panjang. Rizieq Shihab juga telah berkali-kali memohon kepada majelis hakim agar bisa mengikuti sidang secara offline.

" Saya minta sekali dengan sangat, saya hanya akan membacakan eksepsi saya di ruang sidang. Karena itu saya mohon dengan majelis hakim yang mulia mengabulkan permohonan kami agar bisa menetapkan sidang offline dalam sidang yang akan datang sekaligus membacakan eksepsi saya," ujar Rizieq, sesaat sebelum permintaannya ini dikabulkan oleh majelis hakim di PN Jakarta Timur, Selasa 23 Maret 2021.

5 dari 5 halaman

Sidang Offline Dikabulkan

Majelis hakim pun pada akhirnya mencabut penetapan sidang online Rizieq Shihab. Dengan begitu, sidang Rizieq Shihab selanjutnya diselenggarakan secara offline. Keputusan tersebut tertuang dalam penetapan nomor 221/Pidsus/2021.

Keputusan tersebut diungkapkan oleh Hakim Ketua Suparman Nyompa, setelah sidang dengan agenda awal pembacaan eksepsi oleh terdakwa ini diskors selama 3 jam.

" PN Jaktim telah membaca berkas perkara nomor 221 atas nama terdakwa Habib Rizieq Shihab atau HRS, kami menimbang dan memerintahkan penuntut umum untuk menghadirkan terdakwa dalam persidangan, pada setiap hari sidang," kata Suparman di PN Jaktim, Selasa 23 Maret 2021.

Sumber: liputan6.com

Join Dream.co.id