Anies Baswedan: Sholat Idul Fitri di Rumah Saja

News | Selasa, 11 Mei 2021 15:00
Anies Baswedan: Sholat Idul Fitri di Rumah Saja

Reporter : Ahmad Baiquni

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta masyarakat di kawasan aglomerasi untuk di rumah selama perayaan Idul Fitri.

Dream - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan terdapat kesepakatan antarpimpinan daerah di Jabodetabek untuk menganjurkan masyarakat melaksanakan sholat Id di Hari Raya Idul Fitri di rumah saja. Ini mengingat potensi penyebaran Covid-19 masih tinggi.

" Terkait dengan kegiatan Idul Fitri, sholat Idul Fitri dianjurkan di rumah masing-masing," ujar Anies, dikutip dari Merdeka.com.

Masyarakat yang ingin melaksanakan sholat Id di luar rumah tetap dibolehkan. Syaratnya, sholat dijalankan di lapangan atau masjid terdekat dari lokasi kediaman untuk mencegah penularan.

" Baik itu di lapangan ataupun dilakukan di masjid, dan bisa dilakukan di masjid maka kapasitasnya 50 persen," kata Anies.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan kegiatan saling mengunjungi hingga lintas wilayah. Baik itu antar kampung, kecamatan, kota, kabupaten, maupun provinsi.

" Saling mengunjungi antar kecamatan, kelurahan, kampung, tidak dianjurkan," terang Anies.

2 dari 2 halaman

Kantor Dilarang Gelar Halal Bihalal

Tak hanya itu, tokoh masyarakat juga dilarang menggelar acara open house. Anies menganjurkan silaturahmi dilakukan secara virtual.

" Terkait kegiatan halal bihalal, open house dan mendatangi tokoh masyarakat, keluarga, teman, kerabat, dianjurkan menggunakan media virtual," ucap dia.

Sementara terkait aktivitas perkantoran yang akan dimulai pada Senin, 17 Mei 2021, Anies meminta tidak diawali dengan halal bihalal. Dia juga meminta agar tidak ada salam-salaman di antara para pekerja kantor.

" Karena itu mengurangi ikhtiar kita memutus mata rantai Covid-19," kata dia.

Join Dream.co.id