Resmi, Inilah Logo dan Tema HUT RI ke-75

News | Selasa, 21 Januari 2020 18:00
Resmi, Inilah Logo dan Tema HUT RI ke-75

Reporter : Maulana Kautsar

Ada sejumlah alasan logo itu dibuat.

Dream - Pemerintah resmi memperkenalkan tema dan logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75. Aturan mengenai tema dan logo tersebut sudah diatur dalam surat edaran Menteri Sekretaris Negara bernomor B-27/M.Sesneg/Set/TU.00.04/01/2020.

Dalam surat yang diterbitkan pada 15 Januari 2020 itu Pratikno meminta para pimpinan lembaga negara, menteri, gubernur Bank Indonesia, panglima TNI, kapolri, dan pejabat kementerian untuk menyosialisasikan tema dan logo tersebut.

Pratikno juga meminta pimpinan lembaga non struktural, gubernur, bupati dan wali kota di seluruh Indonesia.

" Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kiranya Bapak/Ibu berkenan memperbanyak dan mensosialisasikannya di lingkungan kerja Bapa/Ibu serta membantu menyebarluaskan kepada masyarakat umum," tulis Pratikno.


2 dari 5 halaman

Ini Maknanya

 Contoh format pemasangan logo di spanduk© Istimewa

Contoh format pemasangan logo di spanduk

Pratikno juga menyediakan tautan soft file tema dan logo Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020.

Dalam pedoman yang diberikan, tema Indonesia Maju dipilih karena merepresentasikan Pancasila, yang tidak hanya pedoman, namun juga dorongan agar mempererat persatuan.

" Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia."

 Makna logo© Istimewa

Sementara itu mengenai logo, Sekretariat Kabinet terinspirasi dari simbol perisai lambang Garuda Pancasila. Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan, dan kesatuan Indonesia.

3 dari 5 halaman

Jokowi Nilai Industri Keuangan Perlu Direformasi

Dream - Industri asuransi saat ini menjadi sorotan akibat kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui ada reformasi di bidang lembaga keuangan, termasuk asuransi. 

“ Ini penting dan inilah saatnya kita melakukan reformasi,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam “ Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020”, dikutip dari setkab.go.id, Kamis 16 Januari 2020.

Dia mengatakan, tahun 2000-2005 perbankan Indonesia telah bereformasi dan hasilnya stabilitas keuangan membaik. Publik juga percaya dengan perbankan Indonesia.

“ Jadi, ada apa-apa semuanya tenang tidak tergoda untuk rush, tergoda untuk yang lain-lain,” kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Industri keuangan nonbank, tambah mantan walikota Solo itu, perlu direformasi, baik dari sisi pengaturan, pengawasan, dan permodalan.

“ Penting sekali kita lakukan. Inilah saatnya di pengaturan sisi prudential, sisi transparansi, dan laporan, dan risk management-nya, semuanya. Jangan sampai ada distrust di situ sehingga mengganggu ekonomi secara umum,” kata dia.

4 dari 5 halaman

Jokowi Izinkan Kepala BKPM Catut Namanya, Asalkan....

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perlakuan istimewa kepada Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia. Pejabat setingkat menteri ini diizinkan untuk mencatut nama presiden jika ada investor yang bermasalah tentang perizinan di suatu daerah. 

“ Contoh investor sudah masuk urusan kecil tanah tidak bisa diselesaikan, sehingga investor tidak bisa memulai usahanya," ujar Jokowi di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu 15 Januari 2020.

Jokowi mengatakan, apabila ada kepala daerah yang menghalangi suatu usaha yang akan dilakukan investor. Bahlil diizinkan untuk menyelesaikan masalah tersebut menggunakan namanya.

 Jokowi Izinkan Kepala BKPM Catut Namanya, Asalkan....© Dream

" Misalnya di Banten selesai, meskipun ancamannya bawa nama presiden, kalau ancam gubernur, bupati, walikota bawa nama saya tapi masalahnya selesai, buat saya tidak ada masalah, akhirnya rampung dua minggu," kata dia.

Berkaca dari pengalaman tersebut, presiden mengingatkan semua pihak untuk mendukung kelancaran investasi di Tanah Air. Dengan banyaknya investasi, Jokowi yakni ekonomi Indonesia akan cepat maju.

Untuk memudahkan regulasi bagi investor, Jokowi juga sedang mengajukan omnibus law untuk merevisi 74 Undang-Undang.

" Kalau kita ajukan satu-satu, 50 tahun tidak akan selesai, 1 Undang-undang menyelesaikan 74 Undang-Undang,” kata dia.

5 dari 5 halaman

Di Depan Pengusaha HIPMI, Jokowi Titip Satu Pesan Ini ke Erick Thohir

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan satu pesan khusus untuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Titipan itu disampaikan disela pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Jokowi meminta agar Kementerian BUMN yang berada di bawah komando Erick untuk bisa bekerja sama dengan para pengusaha.

“ Saya sudah titip ke Kang Erick Thohir jangan sampai pekerjaan di BUMN itu dikerjakan oleh BUMN sendiri,” kata Jokowi di Jakarta, Rabu 15 Januari 2020.1.15

Dalam pidatonya, Jokowi juga berpesan agar masyarakat senantiasa memberi peluang bagi para pengusaha muda untuk maju. Sehingga, perekonomian Indonesia dapat segera maju.

“ Beri peluang besar bagi anak muda,” kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berpesan agar para pengusaha Indonesia diberi akses kepada investor. Ini bertujuan agar usaha mereka dapat tumbuh dengan baik.

" Saya titip dimitrakan dengan pengusaha lokal, nasional kita. Jangan sampai mereka berjalan sendiri," kata dia.

Jokowi berujar, saat ini Kementerian BUMN mengelola dana lebih dari Rp2 ribu triliun. Dana tersebut bisa digunakan untuk membantu para pengusaha.

" Seinget saya setahun di BUMN itu ada Rp2.400 triliun yang bisa dikerjakan," kata dia.

Terkait
Join Dream.co.id