IPB Kampus Terbaik di Asia Tenggara, Peringkat 62 Dunia

News | Kamis, 4 Maret 2021 09:21
IPB Kampus Terbaik di Asia Tenggara, Peringkat 62 Dunia

Reporter : Ahmad Baiquni

IPB bahkan mengalahkan sejumlah universitas mentereng di Thailand, Singapura dan Malaysia.

Dream - IPB University kembali menempati urutan teratas universitas terbaik di Asia Tenggara untuk bidang Agrikultur dan Kehutanan. Sedangkan untuk dunia, IPB menempati peringkat 62 untuk bidang yang sama.

Peringkat ini didasarkan pada daftar QS World University Ranking by Subject 2021 yang diluncurkan pada Kamis, 4 Maret 2021. Pemeringkatan ini memuat 51 bidang keilmuan yang dievaluasi dengan empat indikator yaitu academic reputation, employer reputation, citation, dan h-index.

Peringkat IPB di dunia berada di atas universitas-universitas mentereng di Asia Tenggara. Seperti Kasetsart University, Thailand di peringkat 63, Nanyang Technological Singapore di peringkat 71, dan University Putra Malaysia di peringkat 80 untuk bidang yang sama.

" Selamat, prestasi ini sungguh luar biasa. Terima kasih atas kerja keras seluruh warga IPB University sehingga kita bisa ada di posisi ini pada tahun ini," ujar Rektor IPB, Prof Arif Satria, melalui keterangan tertulis.

Dia berharap prestasi ini membuat sivitas akademika IPB terus bersemangat meningkatkan prestasi serta reputasi. Sehingga ke depan peringkat IPB terus meningkat.

" Growth mindset kita perkuat agar terus optimis untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu," kata Arif.

 

2 dari 2 halaman

Secara keseluruhan nilai yang diraih IPB di bidang Pertanian dan Kehutanan tahun ini 71,3 lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, 70.8.

Kenaikan ini terutama karena adanya peningkatan signifikan pada score employer reputation dari 81,3 menjadi 86,1 dan juga score citation dari 62,5 menjadi 72,0, memperlihatkan kinerja akademik dan lulusan IPB dinilai sangat baik.

Wakil Rektor bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni, Dodik R Nurrochmat, mengatakan, QS World University Ranking adalah salah satu sistem pemeringkatan universitas dunia. Sistem ini menjadi rujukan utama berbagai perguruan tinggi di dunia, termasuk Indonesia.

" Pada tahun ini dari sekitar 5.500 perguruan tinggi, ada 1.000 perguruan tinggi yang masuk dalam daftar pemeringkatan. Di antaranya ada delapan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari Indonesia," kata Dodik.

Prestasi lain, IPB juga mencatatkan lagi satu bidang keilmuan yang masuk dalam pemeringkatan, yaitu Ekonomi & Ekonometrika. Sehingga menjadi empat bidang keilmuan yang masuk pemeringkatan yaitu Pertanian & Kehutanan, Biologi, Ilmu Lingkungan, dan Ekonomi & Ekonometrika.

IPB menduduki peringkat ke 601-620 bidang Ilmu Biologi (Biological Science), peringkat 351-400 dalam bidang Ilmu Lingkungan (Environmental Science). Di Indonesia, IPB menjadi universitas terbaik ketiga, dengan menduduki peringkat 401-450 dalam bidang Economics and Econometrics.

Join Dream.co.id