Innalillahi, Ustaz Yusuf Mansur Berduka Kehilangan Orang Tercinta

News | Senin, 4 Januari 2021 20:14
Innalillahi, Ustaz Yusuf Mansur Berduka Kehilangan Orang Tercinta

Reporter : Ahmad Baiquni

"Nangis nih saya. Yaaa Rabb, Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji'uun," tulis Ustaz Yusuf Mansur.

Dream - Kabar duka datang dari dunia pesantren. Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Yogyakarta, KH Najib Abdul Qodir meninggal dunia dalam usia 67 tahun.

Kabar ini dibenarkan oleh pengasuh Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Sleman, Gus Muhammad Nahdi. Gus Nahdi masih memiliki hubungan keluarga dengan Kiai Najib.

"Iya, betul," ujar Gus Nahdi, dikutip dari NU Online.

Gus Nahdi mengatakan Kiai Najib sempat akan dibawa ke rumah sakit. Tetapi, Kiai Najib tidak berkenan.

KH Najib
© nu.or.id

Kiai Najib merupakan putra dari KH Abdul Qodir dan cucu dari KH Munawwir, yang merupakan pendiri dari Pondok Pesantren Al Munawwir atau lebih dikenal dengan Pondok Krapyak.

Kiai Najib juga menjabat sebagai Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Kabar duka ini juga disampaikan oleh Ustaz Yusuf Mansur. Melalui Instagram, Ustaz Yusuf Mansur menuliskan rasa kesedihannya.

"Nangis nih saya. Yaaa Rabb, Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji'uun," tulis Ustaz Yusuf Mansur.

Dia memohon doa untuk kiai yang merupakan gurunya tersebut. "Mohon doa ya untuk guru kami semua, untuk kyai semua. Ii wafat bukan Covid. doain ya, doain, doain," tulis Ustaz Yusuf Mansur.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Yusuf Mansur (@yusufmansurnew)

2 dari 6 halaman

Innalillahi, Pengasuh Ponpes Ashiddiqiyah KH Noer Muhammad Iskandar Meninggal

Dream - Kabar duka datang dari lingkungan pesantren. Pengasuh Pondok Pesantren Ashiddiqiyah Jakarta, KH Noer Muhammad Iskandar, meninggal dunia pada Minggu, 13 Desember 2020.

Kabar ini dibenarkan Ketua PWNU Jawa Barat, KH Hasan Nuri Hidayatullah. Kiai Hasan merupakan salah satu menantu Kiai Noer.

" Leres (benar), mohon doanya," ujar Kiai Hasan, dikutip dari NU Online.

Sebelumnya, kabar meninggalnya Kiai Noer tersebar melalui aplikasi percakapan.

" Mohon maaf segala kesalahan murabbi ruhina abah KH Noer Muhammad Iskandar SQ telah kembali kepada Allah SWT pukul 13:41 siang ini beliau ahli surga husnul khatimah insya Allah," demikian bunyi pesan tersebut.

Kiai Noer merupakan ulama terkenal kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur pada 5 Juli 1955. Ulama ini adalah pendiri sekaligus pengasuh Ponpes Ashiddiqiyah yang telah berkembang dan membuka cabang di sejumlah daerah.

3 dari 6 halaman

Masya Allah, Ustaz Yusuf Mansur Duduk Bersila dan Setor Hafalan ke Kiai Krapyak

Dream - Gelar ulama tak seketika membuat orang yang menyandangnya tinggi hati. Mereka justru menunjukkan sikap rendah hati dan menjaga adab, terutama ketika bertemu dengan ulama yang lebih senior.

Seperti dicontohkan Ustaz Yusuf Mansur ketika berkunjung ke kediaman ulama sekaligus Rais Syuriah PBNU, KH Najib Abdul Qodir, di Krapyak, Yogyakarta. Ustaz Yusuf pun duduk lebih rendah dan menyetor hafalan Alquran kepada Kiai Najib.

Ustaz Yusuf mengunggah momen tersebut dalam Instagramnya, @yusufmansurnew. Ustaz Yusuf datang bersama dua putranya.

Ustaz Yusuf kemudian diminta menunggu sejenak di ruang tamu. Saat itu, Kiai Najib sedang menyimak setoran hafalan Alquran dari dua santri putri dari balik tirai.

4 dari 6 halaman

Cium Tangan Kiai Najib Bolak Balik

Kiai Najib merupakan pengasuh Madrasah Huffadz Putri komplek Pondok Pesantren Munawwir Krapyak. Usai menyimak hafalan, dua santri putri undur diri dan Kiai Najib muncul dari balik tirai.

Ustaz Yusuf langsung meraih tangan Kiai Najib, bersalaman, lalu mencium punggung, telapak, dan punggung tangan tersebut. Dia lalu memperkenalkan dua putranya dan meminta mereka mencium tangan Kiai Najib.

5 dari 6 halaman

Duduk Bersila Lalu Setor Hafalan

Beberapa saat kemudian, Ustaz Yusuf meminta izin kepada cucu dari ulama besar KH Munawwir itu untuk membaca Alquran yang telah dihafalkan. Setelah mendapat izin, Ustaz Yusuf lalu menggeser meja dan duduk bersila di lantai di hadapan Kiai Najib.

Melihat hal itu, Kiai Najib hendak ikut duduk di lantai. Tetapi, Ustaz Yusuf menahannya dengan menyentuhkan dua tangannya ke lutut Kiai Najib.

Sembari duduk bersila, Ustaz Yusuf membaca Surat Al Fath hingga selesai. Kiai Najib menyimak bacaan Ustaz Yusuf dengan seksama.

Selesai membaca Surat Al Fath, Ustaz Yusuf kembali mencium tangan Kiai Najib. Sejenak kemudian, Kiai Najib mempersilakan Ustaz Yusuf bersama dua putranya menikmati makan siang di kediamannya.

6 dari 6 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by Yusuf Mansur (@yusufmansurnew)

Join Dream.co.id