Ini Sakit yang Diderita BJ Habibie, Pembesuk Dibatasi

News | Rabu, 11 September 2019 11:03
Ini Sakit yang Diderita BJ Habibie, Pembesuk Dibatasi

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Putra Habibie meminta semua pihak tak memaksakan menjenguk.

Dream - Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie sejak 1 September 2019 menjalani perawatan di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat karena mengalami kelelahan.

Putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie mengatakan, pihak keluarga sengaja memasukkan Habibie ke ruang CICU agar bisa beristirahat dengan baik tanpa ada gangguan.

" Bapak saya memang dari semenjak muda punya masalah dengan jantung. Otomatis karena menua, jantungnya sangat melemah. Dengan dikasih aktivitas tinggi tidak dikasih istirahat, badan memberontak," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, kemarin. 

Thareq menuturkan, saat dibawa ke rumah sakit, BJ Habibie mengalami kelelahan dan merasa letih. Ini karena kondisi jantungnya sudah tidak berfungsi secara maksimal.

" Karena menua, memang akhirnya nggak bisa renang kayak dulu lagi. Walaupun jantungnya dulu jantung sport, tapi sekarang adalah proses alamiah bahwa semua hal, semua organ di badan melemah sesuai umur," kata dia.

Untuk itu, dia meminta kepada semua pihak untuk tidak memaksa untuk menjenguk Habibie.

Apabila sudah diizinkan pulang, pihak keluarga nantinya juga akan membatasi orang-orang yang akan menjenguk Habibie di kediamannya di daerah Patra, Kuningan, Jakarta Selatan.

" Ya memang berikutnya di rumah di Kuningan harus dibatasi siapa yang menjenguk," kata dia.

2 dari 6 halaman

Thareq Habibie: Kami Sengaja Masukkan Bapak ke ICU

Dream - Putra bungsu Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Thareq Kemal Habibie mengatakan, keluarga sengaja membawa ayahnya untuk dirawat di Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Keputusan itu dibuat agar Presiden RI ke-3 bisa beristirahat.

" Kami sengaja masukkan bapak ke ICU, karena tidak ada pilihan lain (agar) beliau istirahat," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa 10 September 2019.

Thareq meminta semua pihak untuk mengerti kondisi ayahandanya dengan tidak memaksa menjenguk dan masuk ke dalam ruang perawatan.

" Di mana, di luar negeri, di Singapura saja kita taat kenapa di sini tidak. Peraturan ICU biarpun keluarga yang mengunjungi itu sangat terbatas, paling hanya satu orang, dua orang maksimal," ucap dia.

Lebih lanjut, Thareq membantah kabar kondisi Habibie sempat mengalami kritis. Habibie hanya mengalami kelelahan karena beraktivitas secara berlebihan.

" Tidak ada kritis, jangan percaya hoaks," kata dia.

Dia memastikan kondisi mantan orang nomor satu di Indonesia itu dalam keadaan baik. Menurutnya, yang dibutuhkan Habibie saat ini hanya istirahat.

" Ada menyebut bapak meninggal, belum apa-apa sudah innalilahi, saya tanya di mana sih, siapa yang meninggal," ujar dia.

3 dari 6 halaman

Sambil Cium Kening Habibie, Mantan Mendiknas M Nuh Ucap Doa Kesembuhan

Dream - Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh menjenguk Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

" Saya diberi kesempatan untuk menjenguk beliau dan surprise beliau merespon dengan mata terbuka," ujar Nuh, Selasa, 10 September 2019.

Dalam kesempatan itu, pria yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pers ini turut mendoakan kesembuhan Habibie.

" Sambil manggut-manggut begini, dan saya sempat cium kening beliau untuk memberikan doa kepada beliau," ucap dia.

Nuh mengatakan, kondisi suami mendiang ibu negara Ainun Habibie itu berangsur membaik dan menuju ke arah positif.

" Tadi didampingi oleh mas Ilham dan (kondisi) profesor (Habibie) bagus. Melihat dari monitor yang terpasang bagus," kata dia.

Tak lupa, dia turut meminta doa dari masyarakat Indonesia untuk kesembuhan pakar penerbangan itu.

" Kita tetap doakan beliau mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan kesembuhan yang terbaik," ujar dia.(Sah)

4 dari 6 halaman

Doa Ma`ruf Amin untuk BJ Habibie

Dream - Ma`ruf Amin membesuk Presiden ke-3 Republik Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie, yang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Wakil presiden terpilih itu datang pada Selasa pagi, 10 September 2019.

Menurut putri Ma'ruf Amin, Siti Ma'rifah, sang ayah mendoakan agar BJ Habibie bisa kembali sehat dan beraktivitas. Menurut dia, negara masih memerlukan sumbangsih Habibie.

" Semoga beliau sehat kembali dan bisa kembali aktivitas dan bisa aktif memberikan kontribusi terbaik untuk negara," ujar Siti, dikutip dari .

Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, mengatakan bahwa pria yang lama tinggal di Jerman itu telah membaik. Dia membantah kabar meninggalnya Habibie yang beredar di media sosial. " Aman terkendali, terima kasih," kata Rubijanto.

5 dari 6 halaman

Respon Sang Adik Saat BJ Habibie Sering Kena Hoax Kabar Duka

Dream - Adik kandung Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Sri Soedarsono menyesalkan adanya kabar palsu (hoax) mengenai kabar meninggalnya sang kakak. Dia menganggap kabar bohong itu sebagai doa agar Habibie berumur panjang.

" Kok ada orang iseng seperti itu ya. Kalau banyak berita bohong, ini artinya kita umur panjang, ya bapak ya. Doakan saja, kita doain Bapak," ucap Sri di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa, 10 September 2019.

 Sri Soedarsono adik kandung BJ Habibie. ©2019Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Sri Soedarsono adik kandung BJ Habibie. ©2019Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Sri menyebut kondisi BJ Habibie telah membaik. " Kondisi bapak membaik, Alhamdulillah," tuturnya.

Sang kakak belum bisa banyak berbincang. Habibie, kata dia, merespon obrolan dengan mengangguk dan menggelengkan kepala.

" Beliau tidak bisa terima tamu banyak-banyak. Didodakan sajalah," kata dia.

6 dari 6 halaman

Lewati Masa Kritis, BJ Habibie Sudah Bisa Sholat

Dream - Kondisi kesehatan Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie mengalami peningkatan. BJ Habibie bahkan dikabarkan telah melewati masa kritis.

Kondisi tersebut diungkapkan oleh mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia pada era Kabinet Reformasi Pembangunan, Theo L. Sambuaga.

" Katanya dokter bilang begitu (sudah lewat masa kritis)," ujar Theo di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa 10 September 2019.

Habibie, tambah Theo, sudah dapat menunaikan Sholat Zuhur, meski sambil berbaring di atas ranjang perawatan. " Saya sempat melihat dan kita melihat dari kaca. Pak Habibie sempat sholat, sholat sambil baring," ucap dia.

Theo mengatakan, pihak keluarga juga sudah bisa berkomunikasi dengan Habibie. Namun begitu, setiap tamu yang datang belum diizinkan masuk ke dalam ruang perawatan.

Seperti diketahui, kondisi kesehatan Habibie sempat menurun, Dia harus menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto sejak 2 September 2019.

Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah
Join Dream.co.id