Ini Desain Ibu Kota Baru

News | Senin, 26 Agustus 2019 14:00
Ini Desain Ibu Kota Baru

Reporter : Maulana Kautsar

Ada banyak ruang terbuka hijau.

Dream - Jokowi telah mengumumkan Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta, Senin 26 Agustus 2019.

Menurut presiden bernama lengkap Joko Widodo ini, pusat pemerintahan mendatang terletak di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Rencana ini, kata Jokowi, telah direncanakan jauh-jauh hari. Sudah bertahun-tahun melakukan kajian untuk memastikan kelayakan wilayah itu sebagai pengganti Jakarta.

Meski begitun desain awal bentuk ibu kota baru telah dipublikasikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Berikut keunikan yang tampak dalam desain ibu kota baru:

2 dari 5 halaman

Monumen Pancasila

 Desain ibukota baru (Foto: Kemen PUPR)

Desain ibukota baru (Foto: Kemen PUPR)

Salah satu kesan mencolok dari desain tersebut yaitu berdirinya monumen di tenah kota. Monumen itu konon akan dinamai Monumen Pancasila. Monumen itu akan menjadi simbol ibu kota yang baru.

 

3 dari 5 halaman

Ruang Terbuka Hijau

 Ruang Terbuka Hijau (Foto: Kemen PUPR)

Ruang Terbuka Hijau (Foto: Kemen PUPR)

Desain ibu kota negara baru memberikan kesan indah dan sejuk. Dalam desain itu, akan banyak ruang-ruang hijau serta biru mengelilingi ibu kota.

Ibu kota baru akan ada publik dan ruang komunitas. Terdapat pula ruang yang mendorong kreativitas dan produktivitas masyarakat.

4 dari 5 halaman

Istana Presiden

 Desain ibukota baru (Foto: Kemen PUPR)

Desain ibu kota baru (Foto: Kemen PUPR)

Tak jauh dari Monumen Pancasila akan berdiri Istana Presiden. Mirip desain Istana Presiden di Bogor, desain `kantor` presiden ini akan dikelilingi pepohonan rindang.

Arah kanan dari Istana Presiden bakal dibangun perumahan menteri. Sementara arah kirinya, terdapat TNI dan Polri.

Ruang Budaya

Ibu kota negara yang baru akan dibangun ruang-ruang budaya, galeri nasional, museum gedung pertunjukan dan taman-taman kesenian.

5 dari 5 halaman

Moda Transportasi Terintegrasi

 Desain ibukota baru (Foto: Kemen PUPR)

Desain Ibu Kota Baru (Foto: Kemen PUPR)

Dalam desain Ibu Kota Baru, terdapat integrasi moda transpotasi publik. Model ini menunjukkan terwujudnya kota yang cerdas modern dan berstandar internasional.

Terkait
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id