Indonesia-Malaysia Sepakati Buka Koridor Perjalanan Pulihkan Ekonomi

News | Kamis, 11 November 2021 19:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Kesepakatan ini didapat saat Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yakoob.

Dream - Indonesia dan Malaysia menyepakati pembukaan koridor perjalanan antar negara di tengah pandemi Covid-19. Kesepakatan yang dikenal dengan istilah Travel Corridor Arrangement (TCA) ini dijalankan untuk memulihkan kondisi perekonomian di dua negara yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

Kesepakatan ini dicapai saat pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yakoob di Istana Kepresidenan Bogor. Pertemuan ini merupakan kunjungan pertama Ismail ke luar negeri setelah dilantik pada Agustus lalu.

" Guna mendukung pemulihan ekonomi tadi kita sudah sepakat dibuat travel corridor arrangement yang secara bertahap kita buka satu per satu," ujar Jokowi, dikutip dari

Pada kesempatan yang sama, Ismail membenarkan hal tersebut. Dua negara akan menjalankan kebijakan pembukaan perjalanan di tengah pandemi.

" Hari ini saya dan Bapak Presiden telah mencapai persetujuan supaya Malaysia dan Indonesia dapat melaksanakan suatu koridor perjalanan antara kedua-dua negara melalui aturan Travel Corridor Arrangement (TCA) atau Vaccinated Travel Lane (VTL)," kata Ismail.

Kesepakatan lain yang juga dicapai dalam pertemuan ini yaitu perlindungan terhadap Warga Negara Indonesia di Malaysia. Juga soal negosiasi batas negara baik darat maupun laut.

" Karena ini sudah agak lama progresnya, kita berharap dalam waktu yang sesingkat-singkatnya masalah ini bisa segera diselesaikan," kata Jokowi.

Indonesia-Malaysia Sepakati Buka Koridor Perjalanan Pulihkan Ekonomi
Presiden Joko Widodo Dan Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yakoob (Setkab)
2 dari 6 halaman

Jokowi Akhiri Masa Karantina Mandiri Hari Ini

Dream - Presiden Joko Widodo telah menjalankan karantina mandiri di Istana Bogor. Mulai hari ini, Jokowi dapat kembali beraktivitas.

" Hari ini, masa karantina tiga hari seusai perjalanan ke luar negeri saya berakhir," ujar Jokowi lewat Instagram @jokowi.

Jokowi juga menyampaikan sapaan kepada masyarakat Indonesia. Dia berharap masyarakat selalu sehat.

" Semoga senantiasa sehat dan bersemangat menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

Jokowi menjalani karantina mandiri terhitung mulai Jumat, 5 November 2021, usai kembali dari lawatan ke tiga negara. Setelah mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jokowi langsung menuju Istana Kepresiden Bogor untuk menjalani masa karantina.

 

3 dari 6 halaman

Indonesia Berkontribusi Pada Vaksinasi Hampir Setengah Penduduk Dunia

Selanjutnya, Jokowi mengungkapkan vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai babak baru. Pekan lalu, Indonesia telah berhasil menyuntikkan lebih dari 200 juta dosis vaksin untuk dosis pertama dan kedua.

"Jumlah ini telah mencapai sekitar 40 persen dari sasaran vaksinasi nasional untuk kategori lengkap dan 60 persen untuk dosis pertama," kata Jokowi.

Capaian tersebut, terang Jokowi, menempatkan Indonesia dalam posisi lima negara dengan jumlah suntikan tertinggi di dunia bersama India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang. Capaian tersebut juga berkontribusi pada vaksinasi terhadap hampir setengah penduduk dunia.

"Terima kasih atas peran Anda semua dalam upaya panjang untuk bersama-sama menghentikan laju pandemi ini," ucap Jokowi.

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Covid19.go.id tercatat per 7 November 2021, total vaksin Covid-19 yang telah disuntikkan mencapai 204.100.126 dosis. Rinciannya, 125.105.963 dosis untuk vaksin pertama dan 78.994.163 dosis untuk suntikan kedua.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

4 dari 6 halaman

Tiba di Tanah Air, Presiden Joko Widodo Langsung Jalani Karantina Mandiri

Dream - Presiden Joko Widodo telah kembali ke Indonesia usai menggelar lawatan ke tiga negara. Usai mendarat tadi pagi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, Banten, Jokowi langsung menuju Istana Bogor untuk menjalani karantina selama tiga hari.

Kepala Staf Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan prosedur penjemputan ditiadakan sesuai permintaan Jokowi. Sementara karantina yang dijalani Jokowi sesuai dengan ketentuan bagi pelaku perjalanan internasional selama masa pandemi.

" Bapak Presiden meminta kepada kami agar tidak perlu ada penjemputan, karena setinya di Tanah Air, Bapak Presiden akan langsung melaksanakan karantina mandiri di Istana Kepresidenan Bogor dengan perangkat melekat," ujar Heru, dikutip dari 

Selama menjalani karantina, Jokowi tinggal di Wisma Bayurini di Kompleks Istana Bogor. Jokowi akan terpisah dari keluarga sesuai dengan prosedur karantina yang berlaku.

 

5 dari 6 halaman

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito, membenarkan Jokowi menjalani karantina. Pihaknya telah memberikan diskresi kepada seluruh pejabat untuk menjalani karantina mandiri usai dinas dari luar negeri.

" Kami, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memberikan diskresi kepada pejabat setingkat menteri ke atas untuk melaksanakan karantina mandiri," kata dia.

Menurut Ganip, Jokowi juga menjalani prosedur yang berlaku bagi semua pelaku perjalanan internasional yang tiba di Indonesia. Seperti tes PCR ketika tiba di lokasi karantina, tetap memakai masker dan menjalani kembali tes PCR di hari terakhir karantina.

 

6 dari 6 halaman

Terkait dengan masa karantina Jokowi, Ganip menerangkan hal itu sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 20 Tahun 2021. Dalam SE tersebut, masa karantina untuk pelaku perjalanan yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dengan dosis penuh ditetapkan 3x24 jam.

Menurut Ganip, Jokowi sudah menerima vaksinasi dosis penuh. Sehingga cukup menjalankan karantina selama tiga hari.

" Setelah menjalani karantina selama tiga hari dan mendapatkan hasil negatif di kedua tes PCR, Bapak Presiden bisa beraktivitas kembali," kata dia.

 

Join Dream.co.id