Indonesia Kembali Terima 1,2 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Donasi dari Australia

News | Jumat, 12 November 2021 14:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Donasi Australia datang secara bertahap.

Dream - Indonesia kembali menerima vaksin AstraZeneca yang merupakan donasi dari Pemerintah Australia. Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin jadi telah tiba di Tanah Air pada Jumat, 12 November 2021.

" Pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Australia atas kedatangan vaksin ini," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, melalui keterangan tertulis.

Donasi vaksin dari Australia didatangkan secara bertahap. Sebelumnya pada Rabu, 20 Oktober 2021, Indonesia juga menerima 1,2 juta dosis vaksin AstraZeneca dalam bentuk jadi dari Australia.

" Ini sekaligus menunjukkan dekat dan eratnya hubungan kedua negara tetangga ini, termasuk dalam upaya penanganan pandemi," kata Usman.

Usman menyatakan penanganan Covid-19 membutuhkan kerja sama berbagai pihak. Bahkan kerja sama antar-negara mengingat pandemi menjadi krisis global yang melanda semua negara.

Indonesia Kembali Terima 1,2 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Donasi dari Australia
Vaksin AstraZeneca (Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Peran Aktif Indonesia

Indonesia, kata dia, memiliki peranan sangat aktif dalam penanganan pandemi secara global. Indonesia terus mendorong terwujudnya keadilan dalam akses vaksin, terutama bagi negara-negara miskin di kawasan Asia Pasifik.

" Indonesia berperan aktif dalam upaya memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi negara-negara di dunia," ucap.

Sementara di dalam negeri, Pemerintah terus melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi demi segera tercapainya kekebalan komunal. Kondisi geografis dan jumlah penduduk yang banyak menjadi tantangan tersendiri namun tak menyurutkan niat Pemerintah untuk menggenjot vaksinasi.

Selanjutnya, Usman memastikan upaya vaksinasi semakin digenjot jelang akhir tahun agar target herd immunity dapat segera tercapai. Dibutuhkan kerja sama dan peran serta semua elemen, terutama partisipasi masyarakat agar tujuan itu bisa terwujud.

" Bersamaan dengan itu, pemerintah tak lupa mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," kata dia.

3 dari 5 halaman

RI Terima 450 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca dari Belanda Lewat Skema Bilateral

Dream - Indonesia masih terus mendatangkan vaksin Covid-19 berbagai merek dari negara produsen. Harapannya bantuan atau pembelian vaksin ini bisa menambah stok yang sudah dimiliki dalam program vaksinasi nasional yang menyasar semua masyarakat di Tanah Air. 

Pemerintah berupaya menargetkan kekebalan tubuh kelompok atau herd immunity bisa segera tercapai. Apalagi virus corona terus bermutasi menjadi varian baru yang lebih berbahaya. 

Terbaru, Indonesia kembali kedatangan 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca dari pemerintah Belanda pada Kamis (19/8/2021) malam. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kedatangan vaksin semalam merupakan pemberian tahap pertama dari Belanda dari komitmen bantuan sebanyak 3 juta dosis vaksin.

" Kedatangan Astrazeneca merupakan tahap pertama dari komitmen pemerintah Belanda untuk memberikan dukungan 3 juta dosis vaksin bagi Indonesia melalui mekanisme kerja bilateral, dose sharing mechanism," kata Retno dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden.

4 dari 5 halaman

Kerjasama Erat dengan Belanda

 Ilustrasi© Kementerian Komunikasi dan Informatika RI

Retno menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Belanda yang telah memberikan dukungan terhadap program vaksinasi di Indonesia. Ia berharap bisa terjalin kerja sama lebih erat ke depannya.

" Saya ucapkan terima kasih,serta kerja sama yang lebih erat kedepannya," ujar Retno.

Selain AstraZeneca Retno juga memaparkan pemerintah telah melakukan pembelian 1.560.780 dosis Vaksin Pfizer hasil beli langsung atau direct purchase yang juga tiba di hari yang sama. Kemudian terdapat 567.500 dosis Vaksin AstraZeneca dan 5 juta dosis vaksin yang akan diterima hari ini, Jumat (20/8/2021).

" Pemerintah akan terus meningkatkan ikhtiar untuk kebutuhan rakyat Indonesia. Mari kita dukung agar kita keluar dari pandemi ini, patuhi prokes," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Kemitraan Strategis

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Belanda melalui Duta Besar Belanda untuk Republik Indonesia.

Pengiriman vaksin AstraZeneca yang dilakukan Pemerintah Belanda akan sangat bermanfaat bagi akselerasi program vaksinasi di Indonesia.

" Sekaligus memberi contoh, bahwa untuk bisa menyelesaikan pandemi semua bangsa harus memeroleh akses vaksinasi," kata Budi Gunadi saat menyambut kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-38, 39, dan 40 pada Kamis, (19/8/2021) kemarin.

Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns mengatakan, melalui donasi vaksin COVID-19, pihaknya ingin menunjukkan solidaritas dengan Pemerintah RI dan menjadikan momentum wujud hubungan antar negara dalam kemitraan strategis.

" Seperti Indonesia, Belanda juga mendorong akses vaksin COVID-19 untuk semua orang di dunia," imbuhnya.

Join Dream.co.id