Kapal Perang 3 Negara Asing Berlabuh di Jakarta, Ada Apa?

News | Senin, 20 Mei 2019 14:02
Kapal Perang 3 Negara Asing Berlabuh di Jakarta, Ada Apa?

Reporter : Ahmad Baiquni

Selain 3 kapal perang, sebanyak 7 unit pesawat tempur dari Angkatan Laut Perancis mendarat di Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda Aceh.

Dream - Dari awal hingga pertengahan Mei, Indonesia kedatangan alat tempur dari empat negara, Australia, Jepang, Amerika Serikat dan Perancis. Mereka datang menggunakan kapal perang dan pesawat tempur teknologi canggih.

Sabtu kemarin, 18 Mei 2019, kapal perang HMAS Canberra (LHD-02) Royal Australian Navy atau Angkatan Laut Australia berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Di hari yang sama, 7 pesawat tempur milik Angkatan Laut Perancis mendarat Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda Aceh. Pesawat ini berangkat menyusuri udara dari kapal induk Charles De Gaule.

Selang beberapa hari sebelumnya, tepatnya Rabu, 8 Mei 2019, armada perang Angkatan Laut Jepang atau Dai-Nippon Teikoku Kaigun, JS Samidare juga berjangkar di Tanjung Priok.

Sementara pada Kamis, 2 Mei 2019, US Navy juga berlabuh di Jakarta dengan USS Blue Ridge. Kapal perang ini dilengkapi alat tempur seperti helikopter dan lain sebagainya.

Kedatangan sejumlah armada tempur ini jadi momen istimewa. Misi apa yang dibawa masing-masing armada tempur ini sehingga berlabuh di Indonesia?

 

2 dari 5 halaman
Jokowi Ulang Tahun, Relawan Potong Tumpeng
Join Dream.co.id