Ikut Kegiatan Berkemah Saat Liburan, 200 Anak Tertular Covid-19

News | Senin, 3 Agustus 2020 15:01
Ikut Kegiatan Berkemah Saat Liburan, 200 Anak Tertular Covid-19

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Pihak berwenang AS mengatakan jumlah yang terinfeksi corona Covid-19 sekitar 260 orang yang terdiri dari anak peserta kemah dan para staf.

Dream – Kewaspadaan masyarakat khususnya orang tua terhadap penularan virus Covid-19 pada anak-anak sebaiknya ditingkatkan. Meski memiliki kemampuan imunitas yang membantu kekebalan tubuhnya,  anak-anak masih mungkin terpapar Covid-19. 

Kabar mengejutkan ini datang dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang menerima laporan penularan pada lebih dari 200 anak yang menghadiri kegiatan perkemahan musim panas pada 21-27 Juni 2020 lalu.

Dalam kegiatan tersebut terdapat lebih dari 500 tenda yang didirikan untuk menampung para peserta. Sejumlah anak di bawah 17 tahun diperiksa dan dinyatakan positif mengidap virus corona Covid-19.

Indikasi penularan virus dimulai sejak 23 Juni ketika seorang peserta kemah mengalami gejala Covid-19. Setelah kembali ke rumah keesokan harinya, anak tersebut dinyatakan positif tertular.

Mendengar kondisi tersebut, para staf yang bertugas segera memulangkan para peserta dan mengakhiri acara perkemahan bersama.

2 dari 3 halaman

Abaikan Protokol Kesehatan

Anak-anak berisiko tertular Covid-19© Pexels.com

Menurut penuturan para petugas di lokasi perkemahan, anak-anak sudah diminta untuk menggunakan masker, namun tak digubris. Bahkan mereka juga mengabaikan aturan untuk menjaga jarak.

CDC mencatat bahwa berkemah (termasuk berbagai kegiatan di dalam dan luar ruangan, bernyanyi dan bersorak setiap hari) adalah kegiatan yang membawa risiko tinggi penularan virus corona Covid-19.

Total ada 597 orang yang hadir dalam kemah tersebut. Dan sudah dilakukan tes pada 344 peserta (58 persen), 260 anak (76 persen) diantaranya positif.

“ Tingkat penularan kemungkinan masih rendah, karena masih banyak yang tidak diuji atau yang hasilnya tidak dilaporkan,” jelas CDC.

3 dari 3 halaman

Anak dari Segala Usia Rentan

Data tersebut memperlihatkan bahwa anak-anak di segala rentang usia memiliki risiko yang sama untuk tertular virus Corona Covid-19. Hal ini semakin rentan jika berada di tempat yang ramai dan banyak orang.

Anak-anak antara usia 6 hingga 10 tahun bahkan memiliki tingkat infeksi tertinggi.

Sebelumnya, Gubernur Negara Bagian Brian Kemp telah mengeluarkan perintah eksekutif pada tanggal 11 Juni yang memperbolehkan untuk menghadiri kemah selama mereka dinyatakan negatif Covid-19 sebelumnya. 

Georgia mencatat sudah terjadi 3.825 kematian akibat Covid-19, dan merupakan negara terdampak paling buruk kelima menurut CDC dengan 186.352 kasus positif. 

(Sah, Sumber Daily Star)

 

Join Dream.co.id