Ikon Dunia yang Musnah Akibat Gempa Nepal

News | Senin, 27 April 2015 14:01
Ikon Dunia yang Musnah Akibat Gempa Nepal

Reporter : Eko Huda S

Berbagai bangunan lawas yang rusak akibat gempa itu memiliki nilai sejarah tinggi dan dilindungi oleh UNESCO.

Dream - Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter yang mengguncang Nepal pada Sabtu 25 April 2015 tak hanya menewaskan ribuan orang. Gempa yang telah menewaskan lebih dari 2.500 orang tersebut juga merusak bangunan-bangunan di Nepal.

Di antara bangunan-bangunan yang rusak itu sudah berusia ratusan tahun, termasuk menara dan kuil. Bangunan-bangunan itu merupakan ikon dunia. Berbagai bangunan lawas yang rusak akibat gempa itu memiliki nilai sejarah tinggi dan dilindungi oleh UNESCO.

Berikut bangunan-bangunan bersejarah yang rusak akibat gempa Nepal, sebagaimana dikutip dream dari Daily Mail, Senin 27 April 2015:

2 dari 6 halaman

Menara Dharahara

Dream - Menara Dharahara dikenal juga dengan nama Menara Bhimsen. Terletak di Kathmandu, Ibukota Nepal. Menara ini runtuh akibat guncangan gempa Sabtu yang lalu. Ratusan orang ditemukan tewas di bawah reruntuhan menara.

Menara ini memang menjadi salah satu ikon Kathmandu. Saban hari banyak orang berkunjung ke sana. Lantai 8 menara itu terdapat balkon khusus pengunjung untuk melihat pemandangan Lembah Kathmandu.

Menara ini dibangun pada 1832. Tingginya sekitar 60 meter dan terdiri dari 11 tingkat. Bagian pucuk dengan tinggi 5,2 meter berlapis perunggu. Untuk mencapai puncak, harus melewati tangga spiral dengan 213 anak tangga.

Menara ini pernah rusak akibat gempa 15 Januari 1934. Menara ini kemudian dibuka kembali pada 2005. Namun, kini menara itu tinggal puing-puing saja.

3 dari 6 halaman

Durbar High School

Dream - Ini salah satu sekolah tertua di Nepal. Durbar Hihg School di Kathmandu ini dibangun pada 1857. Namun bangunan itu kini sebagian besar telah runtuh. Tinggal puing-puing batu bata yang tersisa.

4 dari 6 halaman

The Kathmandu Durbar Square

Dream - Bangunan bersejarah yang juga rusak parah adalah Lapangan Durbar. Lapangan ini terletak di luar Istana Tua di Kathmandu.

The Kathmandu Durbar Square merupakan arsitektur yang spektakuler. Lapangan ini dikelilingi kuil-kuil tua yang penuh sejarah. Namun kini rata dengan tanah.

5 dari 6 halaman

Patan dan Bhaktapur Durbar Square

Dream - Kedua lapangan ini juga punya sejarah penting bagi Nepal. Namun kini kondisinya tak kalah memprihatinkan dari The Kathmandu Durbar Saquare.

Jalanan di Bhaktapur tak bisa dilewati karena tertutup reruntuhan bangunan bersejarah ini. Begitu pula di Patan Durbar Square.

 Patan dan Bhaktapur Durbar Square© Daily Mail

Patan Durbar Square

6 dari 6 halaman

The Syambhunaath Stupa

Dream - The Syambhunaath Stupa dikenal juga dengan “ Candi Monyet”. Candi ini berdiri di atas sebuah bukit di Kathmandu.

Bangunan itu hampir seluruhnya runtuh. Namun beruntung menara emas utama kompleks itu masih utuh.

Situs Buddhis ini diperkirakan berusia 1.500 tahun. Diangap sebagai situs paling suci di dunia untuk penduduk di sekitar Tibet.

Terkait
Join Dream.co.id