Titik Genangan Air di Wilayah Jakarta, Underpass Kemayoran Terendam 5 Meter

News | Sabtu, 8 Februari 2020 09:57
Titik Genangan Air di Wilayah Jakarta, Underpass Kemayoran Terendam 5 Meter

Reporter : Maulana Kautsar

Banjir mulai menggenangi sejumlah titik.

Dream - Hujan deras yang berlangsung sejak Jumat, 7 Februari 2020 hingga pagi ini membuat sejumlah wilayah mengalami banjir. Pantauan dari akun TMC Polda Metro Jaya banjir terpantau di beberapa wilayah di Jakarta dan Bekasi.

Dari unggahan warganet, banjir terpantau di wilayah Cipinang Indah, Jakarta Timur. Selain itu, banjir juga menggenangi area Pasar Baru, Jakarta Pusat. 

Di wilayah Jalan Bungur Raya, pengendara tampak harus menuntun kendaraannya karena air yang tergenang sudah mencapai ketinggian 40 hingga 50 centimeter. TMC Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat agar tak melintasi kawasan ini.

Banjir juga terpantau di wilayah Jalan Rama Yana, Kelapa Gading, Jakarta Utara.  Dari unggahan warganet, air sudah mulai memasuki rumah.

Sementara itu, genangan air juga menutupi underpass Tol Cawang Jakarta Timur (Tol Halim arah ke Rawamangun). TMC Polda Metro Jaya menyebut ketinggian air mencapai 30 centimeter.

"(Pengendara) yang melintas agar hati-hati," tulis TMC Polda Metro Jaya.

Banjir setinggi 60 centimeter juga terpantau di Jalan Kayu Mas Timur Raya, Jakarta Timur.

 

Di kawasan Jakarta Pusat lainny, TMC Polda Metro Jaya melaporkan underpass Kemayoran sekitar sejam yang lalu belum bisa dilalui pengendara kendaraan bermotor. Di lokasi tersebut, ketinggian air dilaporkan mencapai 5 meter.

Tak hanya di Jakarta, banjir juga mulai terpantau di wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.  

Banjir terpantau di wilayah Kelurahan Harapan Mulya hingga Jatimulya. 

 

2 dari 6 halaman

Cara Jitu Hilangkan Bau Apek Mobil Usai Banjir

Dream - Ada cukup banyak pemilik kendaraan yang mobilnya terendam. Tak hanya harus mengecek dan memperbaiki mesin, bagian interior pun harus segera ditangani. 

Biasanya bagian ini akan tercium apek setelah terendam banjir. Dikutip dari Suzuki, Kamis Februari 2020, ada lima langkah untuk membersihkan kabin dari bau tak sedap.

Pertama, lepas semua komponen yang ada di kabin, seperti jok dan karpet mobil. Komponen-komponen itu harus segera dibersihkan, lalu dikeringkan. 

Kedua, pastikan jok benar-benar kering. Untuk itu, lepaskan busa jok mobil beserta kain pelapis, lalu diperas terlebih dahulu.

Untuk mengeringkan jok, kamu perlu kesabaran ekstra. Biasanya, ini akan makan waktu sekitar dua minggu dengan dijemur di bawah sinar matahari langsung. 

Tidak ada cara yang lebih cepat? Tidak ada karena dalam mengeringkan jok mobil, tidak disarankan menggunakan alat pengering apapun, termasuk hair dryer.

Ketiga, jemur kedua sisi karpet mobil supaya kering maksimal. Lepaslah terlebih dahulu lembaran-lembaran peredam pada karpet dasar, bersihkan, lalu keringkanlah. 

Bersihkan karpet sebaiknya dengan semprotan khusus dan untuk beberapa jenis karpet yang lebih padat, umumnya harus memakai sikat untuk membersihkannya.

3 dari 6 halaman

Ganti Plafon dengan yang Baru

Keempat. Ganti plafon dengan yang baru. Kalau bagian plafon juga terendam banjir, ada dua pilihan untuk solusinya. Pertama, langsung ganti dengan yang baru. Kedua, pertahankan. Namun, hasil yang kedua akan kurang maksimal. 

Biasanya, lem plafon mobil cuma sekali pakai dan sekali tempel. Jika memakai jenis lem yang beredar di pasaran, biasanya hasilnya akan kurang kuat, terutama jangka panjang. 

Kelima, bongkar AC. Bau tak sedap di interior disebabkan oleh saluran AC yang terkena banjir. Umumnya , air banjir mengenai saluran distribusi AC mobil untuk bagian bawah dan ke belakang. 

Komponen saluran AC menempel di dek mobil jadi mudah terkena banjir. Untuk hasil maksimal, bongkar dan bersihkan semua komponen AC mobil.

 

4 dari 6 halaman

Mobil Terendam Banjir, Mohon Jangan Pernah Lakukan Ini!

Dream - Banjir yang merendam Jakarta dan sekitarnya tak hanya merusak rumah, tetapi juga kendaraan. Saat mobil kebanjiran, langkah pertama yang harus dilakukan adalah langsung memperbaikinya ke bengkel.

Sahabat Dream, apalagi yang menjadi peserta asuransi kendaraan all risk, jangan coba-coba memperbaikinya sendiri. 

Mengutip keterangan tertulis Daihatsu yang diterima Dream, Rabu 8 Januari 2020, bagian mobil yang pertama harus diperhatikan pasca banjir adalah komponen kelistrikan, misalnya ECU, relay, dan junction block.

Komponen kelistrikan jadi perhatian karena biasanya menjadi bagian yang terendam banjir.

Hal pertama yang harus dihindari oleh pemilik kendaraan adalah menyalakan mobil setelah terendam banjir. Tindakan ini hanya akan memicu terjadinya kosleting atau kerusakan serius pada komponen elektrikal mobil. Kamu harus memastikan keadaan komponen elektrikal kering seluruhnya saat ingin menyalakan mobil.

Jika komponen kelistrikan dipastikan aman, langkah selanjutnya adalah memperhatikan bagian interior seperti karpet dasar, jok kursi, door trim, dan head lining. Bersihkan secara menyeluruh mulai dari ruang mesin, kabin, bagasi, sampai saringan udara AC.

Pembersihan ini dilakukan untuk mencegah penumpukan kotoran, jamur, aroma tak sedap, dan terhindar dari serangga yang masuk ke dalam kabin.

 

 Mobil Terendam Banjir, Mohon Jangan Pernah Lakukan Ini!© Dream

 

Jangan lupa untuk memperbaiki komponen eksterior seperti dent atau baret pada panel bodi. Bagian ini terkena pengaruh tingginya air banjir. Bisa saja banjir merusak estetika mobil.

Kalau memerlukan evakuasi kendaraan, kamu harus memastikan jenis transmisi pada mobil untuk menekan kerusakan. Mobil transmisi manual dan otomatis memerlukan perlakuan yang berbeda.

Untuk transmisi kendaraan manual bisa dibawa dengan cara ditarik atau pun towing. Sedangkan, khusus transmisi kendaraan otomatis, mobil harus digendong untuk menghindari kerusakan karena tidak adanya pelumasan.

5 dari 6 halaman

Hore! Pemilik Daihatsu Korban Banjir Bisa Cek Mobil Gratis di Bengkel ADM

Dream - Para pemilik kendaraan bermotor yang menjadi korban banjir awal tahun 2020 tentu saat ini pusing tujuh keliling dengan kondisi mobil atau sepeda motor mereka yang terendam air. Terbayang biaya hingga ratusan ribu atau jutaan rupiah untuk membuat kendaraan kembali normal seperti sedia kala.

Melihat banyak pemilik kendaraan yang menjadi korban banjir, Daihatsu menawarkan promo perawatan dan perbaikan kendaraan melalui “ Daihatsu Peduli Banjir”.

“ Semoga program ini bisa meringankan beban pelanggan yang terdampak banjir, sehingga kendaraannya bisa kembali prima dan beraktivitas seperti sedia kala,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 7 Januari 2020.

 

 Hore! Pemilik Daihatsu Korban Banjir Bisa Cek Mobil Gratis di Bengkel ADM© Dream

 

Promo yang berlaku selama dua bulan mulai 2 Januari-29 Februari 2020 ini berlaku di semua bengkel Daihatsu di Jabodetabek. Pemilik kendaraan Daihatsu bisa memeriksakan kendaraannya secara gratis.

Ada juga manfaat-manfaat yang diberikan, yaitu diskon 15 persen untuk layanan jasa, spare part, dan oli, diskon 20 persen untuk pembersihan kabin, dan diskon 20 persen untuk layanan salon mobil.

Pelanggan yang tak bisa datang langsung, bisa menghubungi bengkel Daihatsu terdekat. ADM juga mehyiapkan fasilitas layanan panggilan darurat 24 jam melalui call center Astra World 1500898. Pemilik Daihatsu pemegang polis Asuransi Astra bisa menghubungi 1500112.

“ Kami siap membantu pelanggan yang membantu perbaikan kendaraan pasca banjir,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Cara Klaim Asuransi Mobil yang Terendam Banjir

Dream – Banjir besar yang melanda Jabodetabek tak hanya membuat rumah terendam dan memicu arus pengungsian. Warga yang memiliki kendaraan juga harus pusing dua kali karena mobil atau sepeda motor mereka terendam air banjir. 

Air yang merendam sampai ke bagian mesin bisa membuat mobil menjadi soak. Mereka yang terdaftar sebagai peserta asuransi kendaraan tentu bisa sedikit lega. Namun apakah peserta polis ini bisa langsung mendapatkan klaim asuransi?

Chief Executive Officer PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), Julian Noor, mengatakan pelanggan bisa mengalihkan risiko banjir kepada pihak asuransi. Asalkan, pelanggan memperluas manfaat asuransi dengan jaminan perluasan banjir.

“ Berkaitan dengan musibah kali ini, Adira Insurance memiliki produk yang dapat dilindungi dari risiko banjir seperti asuransi kendaraan baik mobil (Autocillin) maupun motor (Motopro), lalu asuransi properti seperti rumah tinggal (Home Insurance) maupun ruko (Arthacillin),” kata Julian di Jakarta dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 3 Januari 2020.

Dia mengatakan pelanggan bisa mengajukan klaim mobil yang kebanjiran dengan mudah. Untuk pelanggan Autocilin, klaim bisa dilakukan melalui Autocilin Mobile Claim Application.

Pelanggan cukup memotret kerusakan kendaraan dan melaporkan kerusakan mobilnya melalui aplikasi di mana saja dan kapan saja.

“ Sementara untuk produk lain, bisa menghubungi contact center Adira Care 1500 456,” kata dia.

Terkait
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair
Join Dream.co.id