Heboh Status di Medsos Sebut Wanita Mandul Karena Digauli Jin

News | Sabtu, 27 Januari 2018 11:01
Heboh Status di Medsos Sebut Wanita Mandul Karena Digauli Jin

Reporter : Sugiono

Pernyataan aneh itu seketika memicu kemarahan dan keresahan di kalangan masyarakat.

Dream - Baru-baru ini viral di media sosial sebuah status kontroversial yang menyatakan bahwa perempuan mandul karena dilaknat oleh Allah SWT.
 
Dalam pernyataan tersebut, seorang warga Malaysia yang tidak diketahui identitasnya mengklaim bahwa perempuan yang tidak mampu melahirkan ibarat rahimnya sudah dicabuli oleh jin kafir.
 
Pernyataan aneh itu seketika memicu kemarahan di kalangan masyarakat. Terutama kaum perempuan  yang masih belum juga dikaruniai Allah keturunan selama mereka berumah tangga.
 
Khawatir dengan pernyataan yang tidak bertanggung jawab itu, seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG) dari Kementerian Kesehatan Malaysia memberikan penjelasan masalah mandul dari sudut ilmu kesehatan.
 
Penjelasan tersebut mencoba untuk mengungkapkan penyebab seorang perempuan tidak bisa hamil yang tidak ada hubungannya dengan unsur mistis.

2 dari 3 halaman

Ini Penyebab Perempuan Bisa Mandul

Dream - " Fenomena perempuan mandul dikenal sebagai Mayer-Rokitansky-Küster-Hauser Syndrome (MRKH) yang mengacu pada empat dokter yang pertama kali menemukan penyakit langka itu," kata  Dr. Muhammad Izzat Abdul Razak.
 
Menurut Razak, MRKH adalah kongenital atau kelainan bawaan yang sudah terjadi sebelum kelahiran. Cacat lahir ini sering menyerang kaum perempuan dengan mengganggu sistem reproduksinya.
 
Kondisi ini menyebabkan vagina dan rahim tidak berkembang sempurna meski penampilan luarnya terlihat seperti perempuan normal.
 
Perempuan  yang menderita penyakit ini biasanya memiliki genetika seperti perempuan biasa yaitu kromosom (46, XX) dan sepasang ovarium yang berfungsi normal.
 
Namun, kata Dr. Abdul Razak, mereka yang terkena penyakit ini akan sering mengalami masalah siklus haid pertama meski sudah mencapai usia 16 tahun.
 
Selain itu, mereka yang menderita masalah ini juga akan dihadapkan pada masalah sulit hamil.
 
Meski mereka masih bisa mendapatkan bantuan melalui metode bantuan reproduksi seperti transplantasi.

3 dari 3 halaman

Imbauan Rasulullah

Dream - Terkadang perempuan dengan sindrom MRKH ini akan mengalami kelainan pada sistem tubuh lainnya.
 
Ini termasuk pembentukan ginjal yang abnormal, mengalami masalah sumsum tulang belakang, masalah pendengaran dan juga masalah jantung.
 
Namun, sindrom ini belum diketahui penyebabnya. Bahkan seorang SpOG pun kadang gagal mendeteksi penyakit ini sampai perempuan tersebut mencapai usia pubertas.
 
Intinya, ada berbagai masalah kesehatan yang bisa menjelaskan mengapa seorang perempuan tidak bisa hamil. Ini semua tidak ada kaitannya dengan jin kafir atau unsur mistis lainnya.
 
Rasulullah SAW menyarankan bagi para perempuan yang mandul untuk bersabar dan bertawakal karena kelak akan mendapatkan seorang anak di surga.
 
Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Seorang mukmin itu apabila sangat menginginkan anak (namun tidak mendapatkannya), di surga dia akan mengandungnya, menyusuinya dan tumbuh besar, sebagaimana dia menginginkannya.” (Hadis Riwayat Tirmidzi, No. 2563; Ibnu Majah, No. 4338)
 
Karena itu jangan sembarangan melampiaskan kata-kata nista tanpa memperhitungkan perasaan orang lain.
 
Sesungguhnya, diam itu lebih baik daripada mengatakan sesuatu yang menyakitkan.
 
(Sumber: mynewshub.cc)

Join Dream.co.id