Heboh Video Detik-Detik Masjid Apung Pacitan Hanyut ke Tengah Laut

News | Kamis, 11 Februari 2021 11:00
Heboh Video Detik-Detik Masjid Apung Pacitan Hanyut ke Tengah Laut

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Masjid Apung tak kuat menahan arus laut.

Dream - Masjid Apung di Pancerdor Pacitan hanyut terbawa arus ke tengah laut. Menurut keterangan pengurus, Rian Yudianto, kejadian itu diketahuinya pada Rabu, 10 Februari 2021, sekitar pukul 02.30 WIB.

" Tahu-tahu sudah di tengah lautan sekitar jam setengah tiga pagi, karena disebabkan arus sungai di bawah masjid kan sangat deras ditambah alirannya ada sampah," katanya.

Rian mengatakan, tali pengencang Masjid Apung tak kuat menahan arus laut. Hingga detik ini, berbagai elemen berupaya mengembalikan masjid yang direncanakan akan ditarik kembali.

" Kaitan dengan ini kita masih matur ke mbah kiai dulu, tapi insyaallah kita akan tarik kembali," imbuhnya.

2 dari 6 halaman

Dievakuasi ke Pantai

Masjid Apung terseret arus kurang lebih 1 kilometer dari daratan, sementara isi masjid dari pengurus terlihat mulai diamankan berupa karpet, pengeras suara dan alat sholat.

Sebagai informasi saat ini berbagai elemen berbondong-bondong mendatangi tempat lokasi, terlihat dalam pantauan puluhan orang akan menarik Masjid Apung mengunakan tali besar. Masjid Apung saat ini berhasil dievakuasi ke pesisir Pantai Panceedor.

Sumber: liputan6.com

3 dari 6 halaman

Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid dan Doa-Doa yang Mengiringinya

Dream – Sholat Tahiyatul Masjid adalah sholat sunnah yang dikerjakan seseorang yang baru saja memasuki masjid. Sholat sunnah ini dapat dilakukan pada hari jum’at sebelum melaksanakan sholat jum’at atau sholat wajib berjamaah di hari-hari biasa.

Sholat Tahiyatul Masjid memiliki makna untuk menghormati masjid sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “ Apabila seseorang di antara kamu masuk masjid, maka janganlah hendak duduk sebelum sholat dua rakaat lebih dahulu (HR. Al-Bukhari & Muslim).

4 dari 6 halaman

Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid

1. Membaca Niat

Niat sholat tahiyatul masjid adalah:

usholli sunnatan tahiyyatal masjidi rokataini lillaahi taaalaa

Artinya : Saya niat sholat tahiyatul masjid dua rakaat karena Allah ta’ala

2. Takbiratul ihram (Allahu akbar)

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah al-Fatihah.

5. Membaca surah pendek

6. Ruku dengan tumaninah.

7. Itidal dengan tumaninah.

8. Sujud dengan tumaninah.

9. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.

10. Sujud kedua dengan tumaninah.

11. Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua.

12. Membaca surah al-Fatihah.

13. Membaca surah pendek

14. Ruku dengan tumaninah.

15. Itidal dengan tumaninah.

16. Sujud dengan tumaninah.

17. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.

18. Sujud kedua dengan tumaninah.

19. Tasyahud akhir dengan tumaninah.

20. Membaca salam menengok ke kanan dan ke kiri.

5 dari 6 halaman

Doa-Doa yang Sebaiknya di Ucapkan Saat ke Masjid

Doa Berangkat ke Masjid

Allahummajal fii qolbiy nuuron, wajal fii lisaaniy nuuron, wajal fii samiy nuuron, wajal fii bashoriy nuuron, wajal kholfiy nuuron, wa amamaamiy nuuron, wajal min fawqiy nuuron wa min tahtii nuuron. Allahumma azhim lii nuuron.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah cahaya di hatiku, lisanku, pendengaranku, penglihatanku, di belakangku, di hadapanku, di atasku dan di bawahku. Ya Allah berikanlah aku cahaya.” (HR. Abu Daud)

Doa Masuk Masjid

Hendaknya ketika memasuki masjid melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu, serta disunnahkan membaca doa, sebagai berikut: bismillah wassalaamu ala rosulillah. Allahummaghfir lii dzunuubi waftahlii abwaaba rohmatik.

Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah (bisa diganti dengan Basmlah, lalu kalimat selanjutnya), Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu.”

Doa Keluar Masjid

Saat keluar masjid sebaiknya mendahulukan sisi kiri atau kaki kiri. Adapun doa yang sebaiknya diucapkan adalah: Bismillah wassalaamu ala rosulillah. Allahummaghfir lii dzunuubi waftahlii abwabaa fadhlik

Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu karunia-Mu.”

6 dari 6 halaman

Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid

Ada beberapa keutamaan bila seseorang melaksanakan sholat Tahiyatul Masjid, yaitu:

Menyempurnakan Sholat Wajib

Oleh Mustafa al-Khin dan Musthafa al-Bugha, Al-Fiqh al-Manhaji ala Madzhab al-Imam al-Syfii: “ Pahala kesunnahan sholat Tahiyatul Masjid ini bisa dihasilkan dengan ia mengerjakan sholat fardhu atau sholat sunnah lainnya, karena tujuan utamanya ialah agar seseorang jangan tergesa-gesa duduk di dalam masjid tanpa ia melakukan sholat.”

Memuliakan Masjid

Imam Nawawi ra mengatakan,“ Sebagian mereka (ulama) mengungkapkannya dengan Tahiyyah Rabbil Masjid (menghormati Rabb-Tuhan yang disembah dalam- masjid), karena maksud dari sholat tersebut sebagai kegiatan taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah, bukan kepada masjidnya, karena orang yang memasuki rumah raja, ia akan menghormat kepada raja bukan kepada rumahnya.” (Hasyiyah Ibnu Qasim: 2/252)

Menghapus Dosa

Percakapan antara Tsauban dengan Rasulullah SAW. Beliau bersabda: “ Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu. Lalu Madan berkata, Aku pun pernah bertemu Abu Darda dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku. (HR. Muslim).

(Diambil dari berbagai sumber)

Terkait
Join Dream.co.id