Harlah ke-95, NU Minta Semua Pihak Kolaborasi Hadapi Pandemi

News | Minggu, 31 Januari 2021 15:12
Harlah ke-95, NU Minta Semua Pihak Kolaborasi Hadapi Pandemi

Reporter : Amrikh Palupi

Ini kata ketum PBNU, Robikin Emhas.

Dream - Hari ini, 31 Januari 2021 merupakan harlah Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-95 tahun. Ketua PBNU Robikin Emhas mengingatkan di momen harlah NU ini, agar semua pihak bekerja sama menghadapi pandemi Covid-19 dan bencana alam yang menimpa Indonesia.

" Dalam situasi pandemi dan bencana alam yang silih berganti, kolaborasi segenap pihak mutlak diperlukan. Mari terus instrospeksi (muhasabah) dan mawas diri. Sekecil apapun kesalahan dan kekeliruan kita sebagai bangsa, mari berkomitmen agar tidak terulang kembali," ungkap Robikin dikutip dari Liputan6.com.

Ia juga mengungkap kalau NU percaya, bahwa Indonesia dapat mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

" Saya percaya Indonesia dapat mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat sebagaimana cita-cita nasioal dan memberi kontribusi signifikan bagi bangunan peradaban dunia," kata Robikin.

2 dari 7 halaman

Ini Pesan Jokowi

Perayaan Harlah NU kali ini memang sangat berbeda karena dilakukan secara virtual. Dihadiri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi 30 Januari 2021 kemarin. Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan ucapan selamat dan menyebut NU berperan besar sejak Indonesia merdeka.

" Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun, milad ke-95 Nahdlatul Ulama, semoga Allah SWT senantiasa merahmati dan memberkahi Nahdlatul Ulama serta warga Nahdiyin di seluruh dunia. Mari kita dukung terus Nahdatul Ulama bergerak dan terus berkontribusi memperkuat kehidupan bangsa Indonesia dan memajukan harapan dunia dengan spirit Islam Nusantara yang rahmatan lil alamin," katanya.

Jokowi pun menyampaikan apresiasinya atas peran NU yang terus konsisten menjaga Pancasila.

" Kita semua bersyukur Alhamdulillah dan berterima kasih kepada Nahdlatul Ulama yang senantiasa konsisten membela Pancasila membela Bhinneka Tunggal Ika, membela Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," katanya.

Selain itu, NU menurut Jokowi berperan penting dalam menyebarkan tolerasi antar umat dan menjadi islam rahmatan lil alamin. 

Sumber : liputan6.com

3 dari 7 halaman

Amalan Doa Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj Cepat Sembuh dari Covid-19

Dream - Covid-19 adalah penyakit nyata dan berbahaya. Sudah banyak korban akibat penyakit ini, bahkan sampai meninggal dunia.

Covid-19 bisa menyerang siapapun tanpa pandang bulu. Tidak peduli pejabat, orang kaya, tokoh, maupun orang biasa.

Salah satu tokoh nasional yang sempat terinfeksi Covid-19 adalah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Siradj. Kiai Said sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Tetapi, perawatan Kiai Said relatif lebih cepat, sekitar 9 hari. Kini, Kiai Said telah sembuh dari Covid-19.

Selama menjalani perawatan, Kiai Said menjalankan amalan fisik seperti patuh pada saran dokter. Tidak ketinggalan pula amalan rohani dengan membaca doa ini.

4 dari 7 halaman

Doa Kiai Said Cepat Sembuh dari Covid-19

 

 

 Doa Kiai Said Sembuh dari Covid-19
© Dream.co.id

A'udzu bi kalimatillahit tammati min syarri ma khalaqa.

Bismillahi la yadlurru ma'as mihi syai'un fil ardli wa la fis sama'i, wa huwas sam?'ul 'alim.

Artinya,

" Aku berlindung dengan kalimat-Mu yang sangat mulia dan sangat suci dari ciptaan-Mu yang negatif."

" Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Sumber: NU Online.

5 dari 7 halaman

Doa Rasulullah Saw Agar Hujan Berhenti dan Terhindar dari Banjir

Dream – Kini kita sudah memasuki musim penghujan. Akhir-akhir ini cuaca seringkali mendung dan turun hujan dengan intensitas ringan maupun berat. Bahkan tak jarang terjadi bencana akibat hujan lebat, seperti angin kencang, pohon tumbang, sampai banjir.

Sejatinya, hujan merupakan berkah dari Allah SWT bagi umat manusia. Hujan turun untuk mengatasi bencana kekeringan yang melanda suatu daerah. Hujan adalah suatu hal yang sangat dinantikan bagi kondisi semacam itu.

Akan tetapi jika hujan turun secara terus-menerus manusia akan kewalahan mengahadapinya. Air menggenang di mana-mana dan kadangkala menyebabkan banjir di daerah-daerah tertentu. Tak jarang pula di antara kita merasakan hujan sebagai hambatan untuk beraktivita

6 dari 7 halaman

Waktu yang Mustajab Saat Hujan

 Ilustrasi
© Shutterstock

Menurut Rasulullah SAW, waktu hujan turun merupakan salah satu waktu yangs angat mustajab untuk berdoa. Imam Syafi’i meriwayatkan dalam kitab Al Umm dengan sanad yang mursal, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda, ‘carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu iqamah, serta ketika turunnya hujan.’

Sehingga ketika hujan turun, dianjurkan kepada umat Muhammad SAW untuk berdoa. Karena waktu tersebut memberikan kemungkinan besar untuk dikabulkan doanya oleh Allah SWT. Jadi Sahabat Dream jangan sampai kamu sia-siakan waktu hujan tersebut untuk berdoa ya!

7 dari 7 halaman

Doa Agar Hujan Berhenti

Karena suatu sebab, seringkali hujan membawa malapetaka bagi umat manusia. Seperti adanya bencana banjir dan tanah longsor, pohon tumbang dan angin kencang. Meski kadang penyebab bencana banjir dan tanah longsor merupakan akibat ulah manusia sendiri.

Namun jika banjir datang dan hujan tak kunjung turun, atau hujan menghambat aktivitasmu, maka diperbolehkan bagi umat Islam untuk berdoa agar hujan berhenti.

Ternyata Rasulullah Saw tidak melarang umatnya untuk berdoa kepada Allah agar hujan berhenti turun. Dalam sebuah riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah Saw mengajarkan doa agar hujan berhenti. Berikut doa agar hujan berhenti:

 Ilustrasi
© dream.co.id

ALLOHUMMA HAWAALAINAA WA LAA ‘ALAINAA, ALLAHUMMA ‘ALAL AHKAAMI WADH DHIROOBI, WA BUTHUUNIL AUDIYATI, WA MANAABITSIS-SYAJARATI.

Artinya:

“ Ya Allah berilah hujan dis ekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Join Dream.co.id