Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Haji Kembali Untuk Jemaah Dalam Negeri Saudi, Menag Fokus Persiapan Haji 1443 H

Haji Kembali Untuk Jemaah Dalam Negeri Saudi, Menag Fokus Persiapan Haji 1443 H Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Dream - Arab Saudi telah mengumumkan ibadah haji 1442 H/2021 digelar khusus untuk jemaah domestik dan asing yang sudah berdomisili di wilayah Kerajaan. Kuota yang tersedia ditetapkan sebanyak 60 ribu jemaah, lebih banyak dibanding tahun lalu.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi keputusan Saudi yang didasarkan pada pertimbangan keselamatan dan keamanan jemaah. Dia menyatakan keputusan tersebut dapat dijadikan pedoman yang jelas bagi umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia.

"Keputusan ini menunjukkan Saudi menomorsatukan aspek keselamatan dan kesehatan jiwa jemaah," ujar Gus Yaqut melalui keterangan tertulis pada Sabtu 12 Juni 2021.

Gus Yaqut menilai pembatasan yang dilakukan Saudi memungkinkan protokol kesehatan tetap bisa dijalankan dengan baik. Selain itu, potensi penularan Covid-19 secara massif dapat diantisipasi.

Selanjutnya, Gus Yaqut mengatakan keputusan Saudi senapas dengan semangat Indonesia dalam menjaga keselamatan jemaah. Dia berharap keputusan ini dapat dipatuhi oleh umat Islam Indonesia.

"Diharapkan masyarakat untuk patuh menjaga protokol kesehatan agar Covid segera tertangani sehingga jika tahun depan haji bisa dilaksanakan lagi kita sudah siap," kata Gus Yaqut.

 

Berkomunikasi Lebih Dini dengan Otoritas Saudi

Dengan adanya keputusan dari Saudi ini, Gus Yaqut menyatakan pihaknya akan fokus mempersiapkan haji 1443 H/2022 M. Komunikasi dengan otoritas Saudi akan terus diintensifkan.

"Kita sekarang akan fokus pada persiapan penyelenggaraan haji 1443 H. Pemerintah Indonesia akan secara aktif dan lebih dini melakukan komunikasi dengan Pemerintah Saudi untuk mempersiapkan pelaksanaan haji jika tahun 2022 ibadah haji dibuka kembali," ucap dia.

Lebih lanjut, Gus Yaqut mengajak semua pihak mengambil hikmah dari keputusan ini. Dia juga berharap calon jemaah haji dapat lebih bersabar.

"Mari sama-sama berdoa semoga pandemi segera berlaku. Ibadah haji tahun depan bisa berjalan dengan normal dan tenang kembali. Innalllah ma'ana," kata dia.

Saudi Kembali Gelar Ibadah Haji Untuk Jemaah Dalam Negeri

Dream - Arab Saudi kembali menggelar ibadah haji secara terbatas. Kondisi pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda membaik menjadi alasannya.

Kementerian Kesehatan dan Kementerian Haji Saudi mengumumbkan sebanyak 60 ribu jemaah diizinkan melaksanakan haji musim 1442 H/2021 M yang akan dimulai pada pertengahan Juli nanti. Tetapi, kuota hanya bagi warga Saudi dan warga asing yang sudah mukim atau berdomisili di wilayah Saudi.

"Keputusan itu didasarkan pada keinginan terus-menerus Kerajaan untuk memungkinkan para tamu dan pengunjung di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melakukan ritual haji dan umroh. "Kerajaan mengutamakan kesehatan dan keselamatan manusia," demikian pengumuman tersebut, dikutip dari Arab News.

Dua kementerian tersebut juga menekankan mereka yang ingin melakukan haji harus bebas dari penyakit kronis apa pun dan berusia antara 18 hingga 65 tahun. Para calon jemaah juga harus sudah menjalani vaksinasi sesuai dengan langkah-langkah Kerajaan.

Ibadah haji dibolehkan bagi jemaah yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh atau mereka yang baru mendapatkan satu dosis vaksin Covid-19 setidaknya 14 hari sebelumnya. Atau mereka yang divaksinasi setelah sembuh dari infeksi virus corona.

Sementara itu, Wakil Menteri Haji mengatakan Arab Saudi memohon negara-negara Muslim dapat memahami keputusan pembatasan jemaah haji ini.

Organisasi Kerjasama Islam telah menyambut baik keputusan Arab Saudi untuk membatasi haji 2021 untuk jemaah haji dari dalam Kerajaan.

Menag Janji Bahas Haji 2022 dengan Saudi Seawal Mungkin

Dream - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, berharap tahun depan pandemi Covid-19 sudah tertangani sehingga haji bisa diselenggarakan dengan baik. Dia menyatakan bakal melakukan pembahasan persiapan haji 2022 dengan Arab Saudi seawal mungkin.

"Semoga tahun depan pandemi sudah teratasi. Kami akan sesegera mungkin membagas persiapan haji 2022 dengan Arab Saudi," ujar Gus Yaqut.

Gus Yaqut mengatakan sebenarnya untuk haji tahun ini, pemerintah sudah melalukan persiapan dini. Dia bahkan mengaku membentuk tim manajemen krisis penyelenggaraan ibadah haji sebagai keputusan pertama setelah dia dilantik Presiden Joko Widodo.

Tim tersebut sudah bertugas melakukan persiapan dan mitigasi penyelenggaraan haji. Beragam skenario keberangkatan juga sudah disusun dan tinggal menunggu kepastian pelaksanaan haji.

 

Terpaksa Batal

Sayangnya, pandemi Covid-19 masih mengancam dunia. Saudi sendiri belum memberikan kepastian mengenai penyelenggaraan ibadah haji sampai hari ini.

"Kebijakan pembatalan karena pemerintah mengedepankan keselamatan jiwa jemaah," kata dia.

Dalam kondisi pandemi saat ini, Gus Yaqut menegaskan keselamatan dan keamanan jemaah menjadi hal utama yang dikedepankan. Dia pun memohon maaf kepada jemaah yang sudah dua kali tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci.

"Saya sampaikan permohonan maaf sekaligus terima kasih atas kesabaran jemaah. Semoga tahun depan kondisi membaik dan jemaah bisa berangkat haji," kata dia, dalam keterangan tertulis. 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Tahun Ini Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji

Selain kuota haji yang semakin banyak, terdapat peningkatan layanan haji lainnya.

Baca Selengkapnya
Jemaah Indonesia Wajib Tahu, Arab Saudi Terapkan 5 Aturan Baru di Masjidil Haram, Apa Saja?

Jemaah Indonesia Wajib Tahu, Arab Saudi Terapkan 5 Aturan Baru di Masjidil Haram, Apa Saja?

Aturan baru itu ditetapkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jemaah saat melakukan tawaf dan Sa'i

Baca Selengkapnya
Arab Saudi Keluarkan Aturan Baru Visa Umroh, Simak Soal Ketentuan Masa Berlaku dan Kedaluwarsanya

Arab Saudi Keluarkan Aturan Baru Visa Umroh, Simak Soal Ketentuan Masa Berlaku dan Kedaluwarsanya

Kementerian menekankan bahwa perubahan ini bertujuan untuk mengelola arus masuk dan aktivitas jemaah haji dengan lebih baik, menjelang dan selama musim haji.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jemaah Haji Meninggal Bisa Klaim Asuransi hingga Rp135 Juta

Jemaah Haji Meninggal Bisa Klaim Asuransi hingga Rp135 Juta

Bagi jemaah yang mengalami catat karena kecelakaan akan menerima asuransi 2,6 persen hingga 100 persen BIPIH.

Baca Selengkapnya
Jokowi Ubah Nama Hari Libur Isa Al Masih jadi Yesus Kristus

Jokowi Ubah Nama Hari Libur Isa Al Masih jadi Yesus Kristus

Ada tiga pertimbangan yang melatarbelakangi keputusan tersebut.

Baca Selengkapnya
Jemaah Indonesia Tak Lagi Ditempatkan di Mina Jadid saat Puncak Haji 2024

Jemaah Indonesia Tak Lagi Ditempatkan di Mina Jadid saat Puncak Haji 2024

Pemerintah telah menemukan lokasi pengganti yaitu di sekitar tenda jemaah haji Asia Tenggara.

Baca Selengkapnya