Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

H-1 Larangan Mudik, Bandara dan Stasiun di Jakarta Diserbu Penumpang

H-1 Larangan Mudik, Bandara dan Stasiun di Jakarta Diserbu Penumpang Stasiun Pasar Senen (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Dream - Larangan mudik mulai berlaku tengah malam nanti mulai pukul 00.00 WIB. Seluruh moda transportasi akan dilarang bergerak saat larangan terjadi kecuali kendaraan-kendaraan tertentu.

Meski demikian, satu hari jelang berlakunya larangan mudik, kepadatan calon penumpang justru terjadi. Bahkan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta menunjukkan peningkatan.

Seperti pada Terminal 2 Bandara Soetta, terjadi kepadatan calon penumpang di area keberangkatan. Mereka sedang mengantre untuk validasi dokumen kesehatan dan proses check in.

"Hari ini sedikit ada kenaikan dibandingkan dengan hari kemarin tapi masih dalam batas range yang kita hitung untuk bisa diamankan secara operasi dan secara pelayanan," ujar Executive General Manager Bandara Soetta, Agus Haryadi, dikutip dari Liputan6.com.

 

80 Ribu Penumpang di Bandara Soetta

Pergerakan penumpang di Terminal 2 dan 3 Bandara Soetta diprediksi mencapai 80 ribu orang untuk keberangkatan maupun kedatangan. Sebelumnya, pergerakan penumpang rata-rata di angka 40-60 ribu orang.

Untuk mengurai kepadatan, kata Agus, pihaknya membuka Sub Terminal 2F pada jam-jam tertentu. Ini agar kerumunan yang bisa memicu penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir.

"Kita siap untuk dioperasikan bahkan beberapa hari kemarin secara berkala di jam- jam tertentu kita operasikan. Sehingga kemudian kita pastikan pelayanan terutama protokol kesehatan bisa kita jaga dengan baik," kata Agus.

 

Puluhan Ribu Penumpang Kereta

Kepadatan juga terjadi di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Tercatat ribuan penumpang meninggalkan Jakarta sehari sebelum larangan mudik berlaku.

Kepala Humas KAI Daerah Operasi I, Eva Chairunnisa, mengatakan sekitar 10 ribu penumpang dijadwalkan berangkat dari Jakarta di H-1 larangan mudik.

"Dari Stasiun Pasar Senen 5.000 dan 5.000 dari Stasiun Gambir. Jumlah kuota penumpang berangkat sudah melalui pembatasan kapasitas maksimal 70 persen," kata Eva.

Eva menjelaskan pihaknya mengoperasikan antara 17 hingga 20 rangkaian kereta. Selama masa pengetatan, para penumpang diharuskan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

"Pada masa pengetatan perjalanan juga diwajibkan memiliki surat pemeriksaan Covid dengan hasil negatif dengan masa berlaku 1x24 jam," ucap Eva.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Diduga Masuk Lubang Hitam, MH370 yang Hilang 10 Tahun Lalu Disebut Bawa Pemeran Pengganti Jet Li dan Pria dengan Paspor Palsu

Diduga Masuk Lubang Hitam, MH370 yang Hilang 10 Tahun Lalu Disebut Bawa Pemeran Pengganti Jet Li dan Pria dengan Paspor Palsu

Hingga 10 tahun berlalu, misteri masih menyelimuti hilangnya pesawat yang membawa 239 penumpang itu.

Baca Selengkapnya
2 Pesawat Kembali Tabrakan di Bandara Jepang

2 Pesawat Kembali Tabrakan di Bandara Jepang

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat itu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

Sahabat Dream, kira-kira kalian pada bisa jawab gak nih teka-teki buah ini? yuk komen dibawah.

Baca Selengkapnya