Video Merinding Letusan Gunung Semeru dari Hamparan Sawah: `Ya Allah`

News | Sabtu, 4 Desember 2021 19:21

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Pengunggah video merekam detik-detik debu berhamburan dari Gunung Semeru.

Dream - Gunung Semeru meletus pada sore tadi sekitar pukul 15 WIB. Gunung yang melintang di kawasan Malang dan Lumajang, Jawa Timur itu memuntahkan debu serta dilaporkan menghembuskan awan panas guguran (APG). 

Berbagai foto serta video saat letusan terjadi banyak beredar di sosial media. Kepanikan tertangkap jelas dari unggahan para netizen. 

Salah satu pemandangan yang cukup membuat merinding adalah foto saat debu dan abu berhembus dari Gunung Semeru yang diunggah akun Twitter @bichnanim.

 Twitter @bichanim© Twitter @bichanim

Pemilik akun menjelaskan jika foto tersebut diambil dari lokasi yang cukup jauh dari tempat tinggalnya. Namun dia mengaku cemas dengan kondisi teman-temannya yang berada di dekat gunung tertinggi di Jawa tersebut.

" Jauh tik, cm ada saudara temen juga dkt sna," jawab pemilik akun menjawab pertanyaan salah satu temannya.  

Pada postingannya, pemilik akun Twitter @bichnanim juga memperlihatkan asap pekat abu-abu terlihat keluar dari gunung dan memenuhi langit di sekitarnya.

 Twitter @DoregamaViral© Twitter @DoregamaViral

Asap pekat ini masih terus keluar hingga membuat warga berusaha menyelamatkan diri. Pada video yang dibagikan akun Twitter @DoregamaViral, terlihat para warga berlarian menyelamatkan diri.

Video Merinding Letusan Gunung Semeru dari Hamparan Sawah: `Ya Allah`
Foto Letusan Gunung Semeru (Foto: Twitter @bichnanim)
2 dari 8 halaman

Video Mencekam dari Pematang Sawah

Pada bagian lain, pengelola akun tersebut juga mengunggah sebuah rekaman singkat penampakan abu Gunung Semeru yang terlihat dari pematang sawah. 

Suara pengunggah video terdengar tak henti mengucapkan kalimat istigfar melihat pemandangan mencekam tersebut. 

 

3 dari 8 halaman

Kata Kabid Humas Polda Jatim

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Rapli Handoko membenarkan adanya sebuah video yang ramai di media sosial tentang warga yang berlarian akibat dampak erupsi Gunung Semeru.

" Iya benar, kondisi Gunung Semeru seperti yang ada di dalam video di media sosial," jelas Gatot yang dikutip dari Liputan6.com, Rabu, 4 Desember 2021.

Gatot menambahkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, kejadian tersebut sekitar pukul 14.49 WIB. Akibat peristiwa itu, Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya informasi getaran banjir Pukul 14:47 WIB, mengarah ke Curah Kobokan.

" Pukul 14.54 wib, Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya Awan Panas Guguran (APG) yang turun mengarah Curah Kobokan," tambahnya.

4 dari 8 halaman

Lihat Videonya

 

5 dari 8 halaman

Video-Video Momen Mencekam Gunung Semeru Erupsi

Dream - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi sore tadi sekitar pukul 15.00 WIB. Letusan gunung membuat banyak warga berhamburan dari rumah untuk menghindari debu dan awas panas yang meluncur.

" Terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi, disertai APG. Pemantauan dan menyiagakan personel BPBD KAB. LUMAJANG," jelas Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari dikutip dari Merdeka.com.

Kabar mengenai Gunung Semeru meletus segera meramaikan lini Twitter. Tanda pagar atau hastag Semeru langsung menjadi trending topic setelah netizen mengetahui bencana alam yang sedang terjadi di Lumajang tersebut.

Salah satu netizen yang mengunggah kondisi Gunung Semeru yang meletus adalah Daryono, seorang peneliti dari BMKG. Dia mengunggah beberapa video yang memperlihatkan kondisi kepanikan masyarakat sesaat ketika Gunung Semeru memuntahkan awan panas.

 

6 dari 8 halaman

Video Detik-Detik Awal Gunung Semeru Meletus

Salah satu unggahan Daryono memperlihatkan sebuah rekaman amatir Gunung Semeru yang baru memuntahkan abu dan awan panas. Video tersebut dengan jelas memperlihatkan kepanikan warga yang berhamburan menjauh dari lokasi.

Tampak beberapa anak-anak berlarian di sebuah jalan beraspal dengan layar belakang Gunung Semeru yang memuntahkan debu tebal.

 

 

7 dari 8 halaman

Video Gunung Semeru Membuat Gelap Dua Kecamatan

Di video lain, Daryono juga mengunggah ulang rekaman masyarakat yang memperlihatkan kondisi wilayahnya yang langsung gelap gulita. Debu yang sangat tebal membuat kondisi jalanan yang masih sore hari itu tampak gelap gulita seperti sudah malam hari.

" Beredar video keadaan pasca erupsi Semeru di Desa Sumberwuluh, Pronojiwo, Lumajang...," tulis Daryono dalam unggahannya.

 

 

8 dari 8 halaman

Video Gunung Semeru Buat Jembatan Runtuh

Sementara di unggahan berbeda, Daryono juga memposting ulang video dari masyarakat yang terkena dampak letusan Gunung Semeru.

Warga tersebut memperlihatkan sebuah jembatan yang runtuh akibat fenomena alam tersebut.

 

Terkait
Join Dream.co.id