Gunung Semeru Erupsi, Video Mencekam Rekam Awan Panas dan Kecamatan Gelap Gulita

News | Sabtu, 4 Desember 2021 17:26

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Video amatir yang diunggah netizen memperlihatkan awas panas yang muncul dari letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur ini.

Dream - Gunung Semeru mengalami erupsi pada sore hari ini (Sabtu, 4 Desember 2021). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) elaporkan aktivitas vulkanologi Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 3 sore WIB.

" Terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi, disertai APG. Pemantauan dan menyiagakan personel BPBD KAB. LUMAJANG," jelas Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari dikutip dari Merdeka.com.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) mengalami erupsi disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal. Aktivitas vulkanologi itu menyebabkan dua kecamatan terpantau gelap gulita di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dua kecamatan yang mengalami kondisi tersebut masing-masing di Pronojiwo dan Candipura.

 

Gunung Semeru Erupsi, Video Mencekam Rekam Awan Panas dan Kecamatan Gelap Gulita
Gunung Semeru Di Lumajang Meletus Sore Ini
2 dari 4 halaman

Warga Diminta Waspada

Sementara Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Syarif Hidayat memperingatkan masyarakat yang berada di jangkauan erupsi untuk waspada.

" Diinformasikan ada APG (Awan Panas Guguran) dan masyarakat yg ada di bawah diminta waspada," ujar Syarif saat dikonfirmasi.

Syarif terutama mengimbau masyarakat yang berdekatan dengan sungai untuk berhati-hati dan waspada dengan kemungkinan dampak dari erupsi Gunung Semeru tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Video Kepanikan Warga Sata Gunung Semeru Meletus

Dalam video amatir yang diunggah pemilik akun @netizen_NUjatim, warga terlihat berlarian menyusul semburan asap tebal Gunung Semeru.

Akun Twitter Daryono, peneliti dari BMKG juga memperlihatkan detik-detik kepanikan warga saat Gunung Semeru mengalami erupsi.

 

4 dari 4 halaman

Video Kecamatan Gelap Gulita karena Letusan Gunung Semeru

Sementara video dari akun yang sama juga memperlihatkan kondisi di dua kecamatan yang terlihat gelap gulita akibat luncuran debu dari erupsi Gunung Semeru. 

 

Hingga saat ini, erupsi masih berlangsung. Belum ada laporan korban jiwa atau daerah terdampak erupsi.

Join Dream.co.id