Gubernur Anies Copot Wali Kota Jakarta Pusat Karena Abaikan Instruksi

News | Sabtu, 28 November 2020 17:22
Gubernur Anies Copot Wali Kota Jakarta Pusat Karena Abaikan Instruksi

Reporter : Syahid Latif

Sebagai pelaksana harian, Anies Baswedan mengangkat wakil wali kota Jakarta Pusar

Dream - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara dari jabatannya. Posisi lowong tersebut sementara akan diisi oleh Wakil Wali Kota, Irwandi.

Penunjukan Irwandi sebagai pelaksana harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat tersebut tertuang dalam surat perintah tugas bernomor 8557/-082.74 berkop surat Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Merujuk pada surat tersebut, Irwandi resmi menjalankan tugas sebagai Plt Wali Kota Jakarta Pusat mulai 25 November 2020.

Kabar pencopotan Wali Kota dan penunjukan Irwandi sebagai Plt dibenarkan oleh Pj Sekda Pemprov DKI Jakarta, Sri Haryati. " Iya benar," jawabnya singkat seperti dikutip Dream dari laman Liputan6.com, Sabtu, 28 November 2020.

Selain Bayu Meghantara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya juga mencopot Andono Warih yang menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

 

 

2 dari 2 halaman

Hasil Audit Inspektorat

Dalam keterangan tertulis Sekda, pencopotan ini berdasar dari hasil audit Inspektorat DKI Jakarta yang menilai keduanya telah lalai dan abai dengan tidak mematuhi arahan dan instruksi dari Gubernur.

Dalam rilis itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Chaidir, mengatakan, keduanya telah dicopot dari jabatannya terhitung tanggal 24 November 2020.

Seusai dicopot, keduanya langsung dimutasi sebagai anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) sampai ada penugasan lebih jauh. Pencopotan ini berdasar dari hasil audit inspektorat.

Dalam auditnya, Inspektorat juga memeriksa Camat Tanah Abang Muhammad Yassin, Lurah Petamburan Setiyanto, Kepala Bidang Pengelola Kebersihan Dinas LH Edy Mulyanto, Kepala Suku Dinas LH Jakpus Marsigit, dan Kepala Seksi Pengendalian Kebersihan Dinas LH Aldi Jansen.

Pemeriksaan oleh inspektorat sendiri berdasar dari instruksi Gubernur kepada plt Inspektur Inspektorat DKI Jakarta Syaefulloh Hidayat untuk memeriksa Bayu dan Andono terkait adanya dugaan potensi pelanggaran terhadap arahan Gubernur pada jajaran wilayah.

(sah, Sumber: Liputan6.com)

Join Dream.co.id