Gempa Bumi Hari Ini 13 Agustus 2019: Donggala dan Melonguane

News | Selasa, 13 Agustus 2019 12:01
Gempa Bumi Hari Ini 13 Agustus 2019: Donggala dan Melonguane

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Berikut data gempa bumi yang terjadi pada 13 Agustus 2019 berdasarkan laporan dari Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dream –  Beberapa waktu belakangan, Indonesia kerap kali dilanda gempa bumi. Kekuatan dari setiap gempa bumi juga berbeda-beda di setiap wilayahnya.

Bahkan, hari ini pun 13 Agustus 2019 tercatat telah terjadi beberapa kali gempa bumi di sejumlah titik di Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang masuk ke dalam zona rawan terjadi gempa bumi.

Tidak hanya gempa bumi yang disebabkan oleh bertemunya lempengan di dasar laut, tetapi gempa bumi juga dirasakan Indonesia karena adanya aktivitas gunung berapi.

Sudah menjadi rahasia umum, Indonesia memiliki begitu banyak gunung baik itu gunung yang sudah tidak aktif maupun yang masih aktif untuk mengeluarkan isi di dalam perutnya.

Dengan fakta tersebut membuat Indonesia telah terbiasa menghadapi puluhan kali gempa bumi. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak gempa bumi mengguncang Tanah Air baik dalam kekuatan yang besar maupun kecil.

Beberapa kali gempa bumi mengguncang negeri ini membuat pemerintah dan masyarakat mampu untuk mengupayakan keselamatan diri dan meminimalisir korban.

Sejak awal bulan Agustus ini, Indonesia telah tercatat mengalami beberapa kali gempa bumi. Bahkan, hari inipun sejumlah wilayah di Indonesia telah merasakan guncangan gempa bumi tersebut.

Berikut informasi gempa bumi yang terjadi hari ini menurut data laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG): 

2 dari 6 halaman

Gempa Bumi Donggala

Pada pukul 05.33 pagi, Donggala dan sekitarnya merasakan gempa bumi dengan kekuatan 3.8 SR.

Menurut BMKG, gempa bumi ini berpusat di darat 12 km Timur Laut Toaya, Kabupaten Donggala dengan kedalaman hingga 10 km.

Salah satu wilayah yang ikut merasakan getaran dari gempa bumi ini adalah Palu. Dengan kekuatan itu, gempa bumi ini tidak menimbulkan kerusakan apapun dan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

 

 

3 dari 6 halaman

Gempa Bumi Sulawesi Utara

Beberapa jam yang lalu, tepatnya pukul 10.30 pagi gempa bumi kembali mengguncang di wilayah Sulawesi Utara dengan kekuatan sebesar 5.1 SR.

Menurut BMKG, gempa bumi ini berpusat di 208 km Barat Laut Melonguane, Sulawesi Utara dengan kedalaman hingga 10 km.

Gempa bumi tergolong cukup bisa dirasakan bagi masyarakat sekitar. Meskipun demikian, BMKG merilis informasi jika gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

 

4 dari 6 halaman

Gempa Bumi 12 Agustus 2019

Gempa Bumi Jayapura

Setelah terjadi gempa bumi di wilayah Yogyakarta, Indonesia kembali merasakan gempa bumi dengan kakuatan 3.1 SR di wilayah Jayapura pada pukul 15.13 sore.

Menurut informasi dari BMKG, gempa bumi berpusat di darat 12 km Barat Daya Jayapura dengan kedalmaan hingga 10 km.

Salah satu wilayah yang ikut merasakn goncangan gempa bumi ini yaitu Jayapura. Dengan kekuatan tersebut. Gempa bumi ini tidak menimbulkan kerusakan apapun dan tidak menimbulkan gelombang tsunami.

 

5 dari 6 halaman

Gempa Bumi Jembrana

Setelah sejak pagi diguncang oleh gempa bumi, sore hari tepatnya pukul 15.31 WIB, Jembrana kembali diguncang gempa bumi.

Kali ini gempa bumi yang mengguncang wilayah ini memiliki kekuatan sebesar 4.9 SR.

Menurut informasi dari BMKG, gempa bumi ini berpusat di laut 161 km Barat Daya Jembrana dengan kedalaman 10 km.

Jember merupakan salah satu wilayah yang dapat merasakan getaran dari gempa bumi ini. meskipun demikian, gempa bumi ini tidak menimbulkan gelombang tsunami.

 

6 dari 6 halaman

Gempa Bumi Maluku

Semalam, wilayah Maluku dan sekitarnya merasakan gempa bumi dengan kekuatan sebesar 5.0 SR tepat pada pukul 20.57 WIB.

Menurut hasil laporan dari BMKG, gempa bumi ini berpusat di 71 km Timur Laut Kepulauan Aru, Maluku. Gempa bumi ini juga dirasakan masyarakat yang tinggal di wilayah Dobo.

Meskipun gempa bumi ini terjadi di laut, BMKG talah merilis informasi bahwa gempa bumi ini tidak menimbulkan gelombang tsunami.

 

 

 

(Sumber: Twitter @infoBMKG)

Join Dream.co.id