Gempa 6,7 Magnitud Guncang Maluku

News | Rabu, 26 Februari 2020 15:48
Gempa 6,7 Magnitud Guncang Maluku

Reporter : Syahid Latif

Gempa tak menyebabkan munculnya potensi tsunami

Dream - Gempa berkekuatan cukup besar magnitudo 6,7 menguncang wilayah Maluku sekitar pukul 14.33 WIB tadi, Rabu, 26 Februari 2020.

Badan Meteorologi, Kilmatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempat berada di kedalaman 2 kilometer.

 

Dikutip dari laman BMKG, gempa cukup besar ini berlokasi pada 7,50 Lintang Selatan dan 131,11 Bujur Timur atau tepatnya 56 kilometer Barat Laut Maluku Tenggara Barat.

BMKG memastikan gempa tak berpotensi tsunami. Namun, diimbau warga berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.(Sah)

2 dari 4 halaman

Nusa Dua Bali Diguncang Gempa Magnitudo 4,4

Dream - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, wilayah Nusa Dua Bali diguncang gempa dengan magnitudo 4,4.

" #Gempa Mag:4.4, 01-Feb-20 16:20:27 WIB, Lok:9.31 LS, 114.73 BT (Pusat gempa berada di laut 79 km baratdaya Nusadua),"  tulis BMKG di akun Twitter resminya, Sabtu 1 Februari 2020.

BMKG menjelaskan, pusat gempa berada di kedalaman 31 kilometer. Gempa tersebut terasa di kasawan Denpasar, Bali.

" Dirasakan (MMI) II Denpasar, II Kuta, II Nusa Dua #BMKG,"  kata dia.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tenang. Jangan percaya informasi selain bersumber dari BMKG.

3 dari 4 halaman

Bali Diguncang Gempa Magnitudo 3,4

Dream - Gempa bumi tektonik terjadi di Karangasem, Bali sekitar pukul 06.13 WITA. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa itu bermagnitudo 3,4.  

"Episenter terletak pada koordinat -8,4 LS dan 115,69 BT," tulis akun Instagram @infobmkg seperti diakses Dream, Kamis 16 Januari 2020.  

Dari koordinatnya, pusat gempa berada di laut dengan jarak 23 kilometer tenggara Karangasem. BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.  

Menurut BMKG, gempa itu berjenis dangkal dari aktivitas sesar lokal aktif.  

Masyarakat yang berada di wilayah Karangasem juga merasakan gempa. Selain itu, barang-barang yang tergantung juga bergoyang ketika gempa terjadi.  

"Goncangan dirasakan di wilayah Karangasem II-III Modified Mercalli Intensity (MMI)," kata BMKG.    

      View this post on Instagram

**GEMPABUMI TEKTONIK M=3,4 DIRASAKAN DI KARANGASEM** *Kejadian dan Parameter Gempabumi* Kamis, 16 Januari 2020 pukul 06.13.18 WITA, wilayah Karangasem diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,4. Episenter terletak pada koordinat -8,48 LS dan 115,69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km tenggara Karangasem, Bali pada kedalaman 13 km. *Jenis dan Mekanisme Gempabumi* Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal aktif. *Dampak Gempabumi* Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem II-III MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)*. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. *Gempabumi Susulan* Hingga pukul 07.18 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas Gempabumi susulan. *Rekomendasi* Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. Denpasar, 16 Januari 2020 Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS

A post shared by BMKG (@infobmkg) on 

4 dari 4 halaman

Garut Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,1

Dream - Warga yang memulai aktivitas pagi di wilayah Garut, Jawa Barat, dikejutkan dengan gempa bumi dengan magnitudo 5,1. Gempa terjadi sekitar pukul 06.12 WIB.

Menurut laporan, gempa menyebabkan guncangan di tanah. Warga langsung keluar rumah agar terhindar dari reruntuhan bangunan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa tersebut berpusat pada jarak 120 kilometer barat daya Kabupaten Garut.

BMKG menyebut, gempa tersebut berada di kedalaman 10 kilometer. Gempat tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan waspada. Jangan percaya isu yang tidak jelas sumbernya.

Terkait
Join Dream.co.id