Geger Penemuan Ikan Lele Aneh Tanpa Mata

News | Senin, 4 Juli 2016 08:06
Geger Penemuan Ikan Lele Aneh Tanpa Mata

Reporter : Sandy Mahaputra

Lele biasanya berwarna abu-abu kehitaman. Ikan pemakan segala ini umumnya memiliki mata. Namun yang ini justru...

Dream - Ikan lele biasanya berwarna abu-abu kehitaman. Ikan pemakan segala ini umumnya memiliki mata. Namun dua ikan lele yang ditemukan di sebuah gua kapur di Amistad National Recreation Area di dekat Del Rio, Texas, Amerika Serikat ini, pada 2015 lalu ini sungguh unik.

Warna kulit lele itu putih khas albino. Lele albino juga tak memiliki mata alias buta. Lele langka tersebut kemudian diidentifikasi sebagai Mexican Blindcat dengan nama Latin, Prietella phreatophila.

Menurut penemunya, Jack Johnson, yang menjadi petugas taman nasional sekaligus penjelajah gua, lele albino ini sebagai binatang yang terancam punah.

Kini lele albino berukuran 7,6 sentimeter ini ditempatkan di sebuah kolam di Kebun Binatang San Antonio. Kolam itu didesain sesuai habitat asli lele albino, yakni gua yang gelap dan lembab.

Para ilmuwan berpendapat, gua bawah tanah yang diduga terhubung dengan daratan Meksiko tersebut merupakan lokasi baru untuk menemukan spesies langka itu.

" Sejak 1960 tersebar rumor tentang lele putih yang tak memiliki mata. Ikan tanpa mata itu dikabarkan hanya hidup di utara Rio Grande. Penemuan ini mengonfirmasi rumor tersebut," kata Dean Hendrickson, ahli ikhtiologi - ilmu yang mempelajari tentang ikan.

Penemuan ikan unik tersebut berawal pada April 2015. Saat itu, Johnson melihat beberapa ikan aneh dan bergerak lamban di gua Amistad.

Ikan lele itu berkulit transparan sehingga aliran darahnya dapat terlihat. Kemudian Johnson dan ahli biologi Peter Sprouse dari Zara Environmental menangkap ikan lele albino unik dan langka itu.

" Ikan gua sangat menarik karena telah kehilangan banyak karakteristik ikan permukaan yang kita kenal, seperti mata, pigmentasi untuk kamuflase, sisik, dan kecepatan," kata Sprouse.

" Mereka telah menemukan sebuah lingkungan khusus yang membuat karakteristik-karakteristik tersebut tak lagi diperlukan. Mereka telah berevolusi dengan kemampuan ekstra-sensorik untuk bertahan hidup di dalam kegelapan total," tambahnya.

Mexican Blindcat pertama kali didokumentasikan pada tahun 1954 setelah ilmuwan melihat ikan ini di sebuah sumur gelap dan dalam di Coahuila, Meksiko Utara.

Pemerintah Meksiko memasukkannya dalam daftar sebagai spesies yang terancam punah, sementara Fish and Wildlife Service AS menjadikannya sebagai spesies asing yang terancam punah.

Penemuan ini menambah jumlah spesies ikan lele buta di AS menjadi tiga yang semuanya hidup di Texas. Dua spesies lainnya adalah ikan tanpa gigi (Trogloglanis pattersoni) dan ikan bermulut besar (Satan eurystomus), yang hidup di Akuifer Edwards yang berada di bawah kota San Antonio.

(Ism, Sumber: treehugger.com)

Join Dream.co.id