Buronan Tertangkap Akibat Kentut Kelewat Keras

News | Jumat, 12 Juli 2019 06:12
Buronan Tertangkap Akibat Kentut Kelewat Keras

Reporter : Maulana Kautsar

Bunyi yang keras membuat lokasi persembunyian terkuak.

Dream - Sepandai-pandainya bangkai disimpan, baunya akan terendus juga. Pepatah itu mungkin akan cocok untuk buronan di Liberty, Missouri, Amerika Serikat (AS).

Pria yang menjadi buronan polisi Kepolisian Liberty, Missouri ini terkuak keberadaannya karena bau kentut yang dikeluarkannya. Dilaporkan World of Buzz, gara-gara kentut itu para petugas menyadarai lokasi buronan tersebut.

Kisah unik ini diunggah Kantor Polisi Clay County di Facebook resmi miliknya. Kantor Polisi Clay County membantu penangkapan buronan tersebut.

" Jika Anda berurusan dengan hukum, polisi akan mencarimu dan kamu mengeluarkan kentut yang sangat keras sehingga menyerah di tempat persembunyianmu. Anda pasti mengalami hari (emoji kotoran)," tulis Kantor Polisi Sherrif Clay County.

Polisi menjelaskan, buronan itu ditangkap akhir pekan lalu berdasar surat perintah Clay County karena tindak kejahatan yang dia lakukan.

" Kami memberi bantuan ke Kepolisian Liberty dan mengendus keberadaannya," kata mereka.

Akun Twitter resmi, Kota Liberty memberikan komentar saat aksi penangkapan berlangsung. " Kepolisian Liberty terkejut melihat insiden tersebut akibat bau kentut. Beruntung, tidak ada yang terluka saat proses penangkapan," kata Liberty.

Warganet Libery juga mengapreasi penangkapan sampah masyarakat. Mereka mendukung tindakan polisi sebagai cara membersihkan lingkungan.

2 dari 6 halaman

Alasan Kentut Tak Boleh Ditahan Menurut Ahli Nutrisi

Dream - Salah satu panggilan alam, selain pipis, yang tak bisa ditahan setiap orang adalah kentut. Saat tak tertahankan, apalagi sampai mengeluarkan bau tak sedap, kita biasanya harus menutup muka karena tak tahan menanggung malu.

Tapi mulai sekarang sebaiknya kamu tak perlu menutup muka atau kabur dari ruangan karena menanggung malu. 

Sseorang ahli gizi justru merekomendasikan agar kita tidak 'malu-malu' untuk kentut. Sebab menahan kentut justru berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Dan yang menjijikkan, jika kentut ditahan-tahan, gasnya akan keluar lewat mulut!

Berikut penjelasan singkat tentang dampak menahan kentut dari ahli nutrisi Inggris, Profesor Clare Collins.

3 dari 6 halaman

Akibat Berbahaya Menahan Kentut

Menurut Profesor Clare Collins, ahli nutrisi dan dietetika di University of Newcastle, Inggris, menahan kentut bisa menyebabkan kondisi distensi abdomen. Ini adalah istilah medis untuk menggambarkan ketika ada zat (gas atau cairan) yang menumpuk di dalam perut.

Jika tak segera keluar lewat jalur yang benar, maka gas atau cairan itu bisa diserap kembali ke dalam sirkulasi tubuh dan dikeluarkan melalui mulut.

Dalam makalah yang diterbitkan di The Conversation, Profesor Collins memperingatkan tentang 'kerugian' menahan kentut.

" Terlalu lama menahan kentut justru akan lebih mempermalukan Anda. Sebab gas yang terkumpul dan mencapai puncaknya akan keluar melalui kentut yang tak terkontrol," katanya.

Tidak hanya itu, kentut yang ditahan-tahan bisa berujung pada kondisi yang disebut divertikulitis.

Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi yang terjadi pada divertikula, yaitu kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran percernaan, terutama di usus besar (kolon).

4 dari 6 halaman

Tidak Perlu Menahan Kentut

Yang perlu diingat bahwa kentut adalah kondisi yang normal dan alami. Pemicu kentut ini juga berasal dari berbagai sumber. Kentut bahkan bisa tercipta karena kita 'menelan' udara.

" Dari karbon dioksida yang dihasilkan ketika asam lambung bercampur dengan bikarbonat di usus kecil. Atau gas yang diproduksi oleh bakteri yang hidup di dalam usus besar," jelas Profesor Collins.

Profesor Collins menyarankan jika memang terasa ingin kentut saat berada di tempat umum, jangan menunda untuk segera pergi ke toilet.

" Namun jika kondisi tak memungkinkan untuk pergi ke toilet, Anda bisa melepaskannya di tempat Anda berada saat itu juga," pungkas Profesor Collins.

(Sah, Sumber: Mirror Online)

5 dari 6 halaman

Ahli Teliti Penyebab Suara Kentut Tiap Orang Berbeda, Ini Hasilnya

Dream - Meski terkadang bikin malu, kentut pada dasarnya bagian dari proses metabolisme tubuh. Sebaiknya, jangan sampai menahan keluarnya kentut.

Kentut sebenarnya adalah gas sisa pencernaan makanan seperti karbon dioksida, metana dan hidrogen. Bisa dikatakan, kentut gas sampah dari dalam tubuh setelah selesainya proses pencernaan makanan.

Gas yang muncul harus keluar dari dalam tubuh. Jika tidak, justru gas tersebut bisa berbahaya. 

Tetapi, suara kentut yang keluar dari tubuh tiap orang rupanya berbeda. Mengapa bisa terjadi demikian?

6 dari 6 halaman

Kecepatan Keluarnya Gas

Ketika kentut keluar, terkadang menimbulkan suara. Ini terjadi karena pengaruh dari kecepatan keluarnya gas.

Pakar kesehatan pencernaan di Klinik Gastroenterologi Kedokteran University of Michigan, Michael Rice, MD, suara kentut setiap orang bervariasi. Ini bergantung kecepatan impuls gas-gas saat keluar.

Selain itu, ukuran dan bentuk anus juga berpengaruh terhadap variasi suara kentut. Sederhananya, Rice membandingkan lubang anus dengan alat musik tiup.

Semakin kecil lubang pada instrumen, nada yang dihasilkan semakin tinggi. Dengan begitu, nada yang terdengar semakin kencang.

Sebaliknya, semakin besar lubang di ujungnya, semakin rendah suara yang dihasilkan. Ini juga berlaku untuk berbagai suara kentut.

Nah, Sahabat Dream, sekarang pengetahuanmu bertambah satu lagi tentang alasan suara kentut bisa berbeda pada setiap orang.

en.netralnews.com

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id