Foto Sulawesi dari Luar Angkasa Bikin Astronot Terkagum-kagum

News | Kamis, 15 Agustus 2019 18:00
Foto Sulawesi dari Luar Angkasa Bikin Astronot Terkagum-kagum

Reporter : Eko Huda S

Sinar matahari pagi itu telah menerpa Sulawesi bagian utara. Terlihat pula garis terang dan gelap, batas siang dan malam.

Dream - Pemandangan indah Pulau Sulawesi dipotret oleh astronot yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Potret yang diambil pada 19 Mei 2019 itu membuat para astronot takjub.

" Stasiun Luar Angkasa Internasional melintas di atas ekuator ketika astronot melihat ke timur dan mengambil foto ini sesaat setelah matahari terbit," demikian keterangan foto pada laman Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA.

Pada foto itu terlihat awan tersebar di langit Sulawesi. Sebagian wilayah masih tampak gelap. Sebagian lagi sudah tersapu sinar mentari.

Sinar matahari pagi itu telah menerpa Sulawesi bagian utara. Terlihat pula garis terang dan gelap, batas siang dan malam. " Juga dikenal sebagai terminator," tulis NASA.

 sulawesi

Indonesia terletak pada wilayah yang banyak ditumbuhi awan. Pada foto itu terlihat awan yang membentuk bayangan panjang akibat diterpa sinar matahari.

Karena saat itu masih pagi, bayangan awan terlihat panjang. Saat matahari semakin tinggi, bayangan itu semakin pendek.

2 dari 6 halaman

Keajaiban Indonesia Terlihat dari Luar Angkasa

Dream - Keindahan rangkaian pulau-pulau di Indonesia berhasil diabadikan oleh astronot dari luar angkasa. Dalam foto itu terlihat barisan pulau dari Jawa hingga Lombok.

Dikutip Dream dari laman Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), biasanya wilayah Indonesia yang berada di ekuator diselubungi awan. Tapi saat pemotretan itu, hanya sedikit awan yang menutup.

Biasanya, asap yang menutup wilayah Indonesia berasal dari api akibat petir dan juga akibat pembakaran hutan di wilayah Indonesia dan Australia bagian utara.

Dan saat pemotretan ini, asap yang biasa bergumpal itu hanya terlihat tipis. Cuaca pun cerah. Sehingga deretan pulau itu terlihat dengan jelas, seperti dalam gambar berikut ini:

 Keajaiban Indonesia Terlihat dari Luar Angkasa

Dengan menggunakan lensa pendek, astronot menangkap wilayah Indonesia dari bagian barat hingga timur. Jawa menjadi latar terdepan dalam foto itu. Diikuti Pulau Bali dan Lombok pada bagian tengah, dan pulau-pulau kecil berada pada bagian ujung.

3 dari 6 halaman

Paling Terang

Pulau-pulau semacam Sumba dan Timor hampir tak terlihat, karena memang jarak saat pemotretan itu lumayan jauh, sekitar 1.600 kilometer dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Wilayah yang paling terang memantulkan sinar matahari adalah Surabaya, wilayah yang dihuni sekitar 2,8 juta jiwa. Kota terbesar di Indonesia, setelah Ibukota Jakarta.

Rangkaian pegunungan berapi juga terlihat dari foto itu. Asap-asap terlihat jelas meruap dari pucuk-pucuknya. Semua tergambar dengan jelas. Keajaiban alam ini mengundang decak kagum.

Kepulan asap putih menunjukkan setidaknya ada enam gunung berapi yang terlihat dari ISS. Terkadang, dari asap-asap itu juga menyembul api.

Deretan gunung seolah menjadi tulang utama rangkaian pulau ini, terbentuk oleh tabrakan lempeng tektonik Australia dengan lempeng Asia.

4 dari 6 halaman

Pujian dari Luar Angkasa untuk Indonesia

Dream - Kabar menggembirakan datang dari langit. Lebih tepatnya, datang dari satelit luar angkasa ISS.

Seorang astronot asal Jepang, Kimiya Yui tengah menjalankan misi Expedition 44 di satelit ISS sejak Juli lalu. Di tengah kesibukannya, dia memotret Indonesia dari langit.

Dia lalu memajang foto tersebut di akun twitter miliknya, @Astro_Kimiya pada 23 Agustus lalu. Tidak lupa, dia membubuhkan kalimat berisi pujian.

" Photos of Indonesia. Very big and beautiful country with many islands! I want to visit this beautiful country! (Foto-foto Indonesia. Negara sangat besar dan sangat cantik dengan banyak pulau! Saya ingin pergi ke negara cantik ini!" tulis Kimiya.

Hingga saat ini, foto itu telah di-retweet sebanyak 2.119 kali. Selain itu, sebanyak 2.071 pengguna twitter menjadikan foto tersebut sebagai foto terfavorit.

Sejumlah pengguna twitter memuji foto tersebut. Sementara pengguna Indonesia banyak mengucapkan terima kasih atas foto tersebut.

" @Astro_Kimiya thank you so much for beautiful photos of Indonesia,,,, we proud of you (Terima kasih banyak untuk foto-foto cantik Indonesia,,,, kami bangga padamu)," tulis pemilik akun @faridaimigrasi2.

5 dari 6 halaman

Kosmonot Rusia Takjub Saat Potret Mekah dari Luar Angkasa

Dream - Kosmonot Anton Shkaplerov memfoto dua kota suci umat muslim dunia, Mekah dan Madinah, Arab Saudi. Foto yang diambil pada malam hari dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) itu sungguh menakjubkan.

Kota Mekah dan Madinah terlihat benderang. Cahaya lampu berkilai bak hamparan emas. Sementara pada salah satu titik di tengah, terlihat cahaya putih yang sangat jelas.

Shkaplerov mengunggah foto-foto itu ke Twitter dan Instagram. Dia mengaku sangat kagum dengan pemandangan yang dia tangkap melalui kamera itu.

 Kosmonot Rusia Takjub Saat Potret Mekah dari Luar Angkasa

" Amazing night view of #Mecca and #Medina from the #ISS," demikian tulis Shkaplerov dalam akun Twitter@AntonAstrey, sebagaimana dikutip Dream Senin 14 April 2015. Sejak diunggah 26 Januari 2015 hinga 14 April, foto itu telah di-retweet oleh 7.200 pengguna Twitter.

Tak hanya Mekah dan Madinah, Shkaplerov juga memotret pemandangan di sejumlah tempat di Bumi dari luar angkasa. Pemandangan-pemandangan tempat-tempat itu juga mengagumkan. [crosslink_1]

6 dari 6 halaman

Begini Jadinya Jika 'Buang Angin' di Luar Angkasa

Dream - Video terbaru astronot Inggris Tim Peake memunculkan salah satu pertanyaan yang sangat penting yang selama ini membuat penasaran banyak orang, yaitu bagaimana astronot pergi ke toilet di luar angkasa.

Dalam video, Peake menjelaskan bagaimana toilet stasiun luar angkasa (International Space Station) terbagi menjadi dua bagian, toilet cair dan toilet padat.

Hal ini memberi inspirasi mengenai hal-hal kecil lain yang kita alami sehari-hari di Bumi. Salah satunya, bagaimana rasanya keluar angin atau kentut di luar angkasa.

Berikut adalah lima fakta tentang kentut di luar angkasa:

1. Tidak bergerak

" Jika Anda kentut dalam ruangan yang gravitasinya nol, Anda memiliki masalah besar," kata Derrick Pitts dari The Franklin Institute di Philadelphia. Berbicara kepada blog teknologi, Geekadelphia , Pitts menjelasan, " Jika Anda kentut gasnya tetap di sana, tidak bergerak ke mana pun. Kentut akan melayang di sekitar Anda."

2. Astronot juga kentut saat memakai pakaian astronot

Robert Frost, Instruktur dan Pengontrol Penerbangan di NASA, meyakinkan pembaca Quora bahwa " hal itu sering terjadi" .

Untungnya, ia juga menambahkan bahwa pakaian astronot dilengkapi dengan apa yang dikenal sebagai filter LiOH untuk menyedot gas beracun seperti metana dan karbon dioksida.

3. Kentut bisa juga sangat mematikan

Dua tahun lalu, sebuah makalah ilmiah yang diterbitkan pada tahun 1969 mengungkapkan bahaya kentut di luar angkasa. Studi ini menganalisis kentut dari kelompok yang menjalani diet luar angkasa dengan kelompok yang diberi makanan hambar. Apa yang mereka temukan adalah bahwa mereka yang makan diet luar angkasa menghasilkan gas yang mudah terbakar lebih daripada kelompok yang dikontrol.

Menurut Discover Magazine, " bakteri usus membentuk dua gas, hidrogen (H2) dan metana (CH4) , yang bisa berbahaya dalam ruang tertutup."

Dan ISS jelas merupakan stasiun ruang tertutup.

4. Kentut tidak bisa mendorong astronot

Pada tahun 2012, di sebuah malam penghargaan Reddit, pensiunan astronot, Chris Hadfield, mendapat pertanyaan seputar kentut bisa menjadi tenaga pendorong astronot untuk bergerak ke sana ke mari.

" Kita semua mencoba itu," katanya. " tapi itu bukan jenis nozzle pendorong yang tepat."

5. Kentut tetap bau di luar angkasa

Meski dalam ruang hampa, kentut yang dikeluarkan tetaplah bau. Hal ini diakui oleh astronot NASA, Clayton C. Anderson dalam sebuah tulisannya pada Juli tahun lalu.

Dia mengaku saat mengeluarkan kentut, awak ISS lainnya menunjukkan isyarat kepadanya tentang bau tak sedap tersebut. " Gas saya cukup bau," tulis Anderson.

(Sumber: huffingtonpost.co.uk)

[crosslink_1]

Terkait
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id