Foto Viral 6 Satpol PP Berpose Dengan Sepeda Brompton

News | Kamis, 9 Juli 2020 11:00
Foto Viral 6 Satpol PP Berpose Dengan Sepeda Brompton

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Dia pastikan instansinya tidak akan mungkin membuang anggaran membeli sepeda itu apalagi saat ini semua daerah sedang fokus menangani Covid-19.

Dream - Foto enam petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar berpose dengan sepeda impor merek Brompton menjadi viral di sosial media. Publik heran dengan pilihan sepeda yang digunakan mengingat harganya mencapai Rp90 juta per unit.

Brompton merupakan merek sepeda yang dibuat di sebuah pabrik di London, Inggris. Ada tiga jenis sepeda Brompton, yaitu Brompton, Brompton Electric, dan Superlight. Untuk Brompton bisa dilipat ke ukuran portabel, dengan tinggi 585mm x panjang 565mm x lebar 270mm. Jadi, memudahkan untuk dibawa ke transportasi umum dan kendaraan pribadi.

Warganet mempertanyakan anggaran pengadaan enam sepeda tersebut. Mengingat harganya yang cukup tinggi.

2 dari 6 halaman

`Mending Beli Motor`

Saat dikonfirmasi, Kepala Satpol PP Pemkot Makassar, Iman Hud, membenarkan enam orang yang ada di foto itu adalah anak buahnya, anggota Satpol PP Pemkot Makassar. Menurutnya, foto itu diambil tahun lalu.

" Foto itu kejadian tahun lalu dan muncul di medsos saat ini. Benar itu anggota saya. Tapi itu bukan inventaris Satpol PP Makassar. Tidak mungkin Satpol PP beli sepeda semahal itu. Mending dibelikan beberapa unit motor atau mobil operasional," kata Iman Hud, Rabu 8 Juli 2020.

Iman sudah mengonfirmasi foto itu pada anak buahnya.

3 dari 6 halaman

" Jadi saat itu ada komunitas sepeda berkumpul. Lalu Pak Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar saat itu, Iqbal Suhaeb bilang, berfoto-foto dengan sepeda itu. Sama warna bajumu, bagus dilihat. Jadi iseng saja," kata Iman Hud.

Dia pastikan instansinya tidak akan mungkin membuang anggaran membeli sepeda itu apalagi saat ini semua daerah sedang fokus menangani Covid-19.

(Sah, Merdeka.com)

4 dari 6 halaman

Mau Jastip Sepeda Brompton yang Sah? Begini Caranya

Dream - Kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson menyorot perhatian publik. Kasus “ jasa titip/jastip” ini berujung kepada pemecatan dirut PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero).

Sebenarnya, kasus penyelundupan barang tak hanya terjadi kali ini. Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pernah menggagalkan jastip iPhone dalam koper. Ada juga kasus penggagalan penyelundupan sepeda lipat Brompton.

Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa kebutuhan jastip barang dari luar negeri terbilang tinggi. Lalu, bagaimana caranya agar bisa jastip tanpa menemui kendala?

Cofounder titipbeliin.com, Sutrisno, mengatakan pihaknya menawarkan jastip legal, titipbeliin.com. Ada pembayaran pajak yang dimasukkan ke dalam jasa jastip yang ditawarkan oleh platform tersebut sesuai dengan nilai barang. Misalnya, pembelian barang dengan harga US$7,5-US$1.500 (Rp104.907-Rp20,98 juta) akan dikenakan pajak bea masuk 7,5 persen, PPN 10 persen, dan PPh 10 persen.

“ Titipbeliin.com bisa jadi solusi titip barang dari luar negeri secara legal, kami bantu beliin, kirim dan bayarin pajak sesuai nilai barang lalu kirim ke rumah penitip, sekali bayar semuanya diurus oleh titipbeliin.com,” kata Sutrisno, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis 5 Desember 2019.

Sutrisno mengatakan pajak turut dimasukkan ke dalam jasa titip barang. Dikatakan bahwa pihaknya telah mencatat ada 5.500 barang yang dibeli melalui jastip.

Dia mengatakan perusahaan ini membuka layanan titipan dari lima negara, yaitu Amerika, Inggris, Tiongkok, Korea, dan Singapura.

5 dari 6 halaman

Cara Beli Sepeda Brompton yang Sah

Untuk membeli Brompton secara legal, penitip bisa mengakses website resmi brompton.com. Kemudian, kamu bisa memilih produk yang diinginkan, lalu menyalin dan menempel tautan barang ke situs titipbeliin.com.

Selanjutnya, pembeli mengisi detail barang seperti dimensi, berat, dan harga. Yang terpenting, mengunggah Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP).

Setelah diisi, akan muncul harga total yang meliputi harga barang, pajak, dan pengiriman internasional dan lokal. Pembeli diminta membayar pesanannya melalui beberapa metode pembayaran.

“ Penitip akan menerima barang dalam waktu 3 sampai 21 hari, berbagai urusan pajak dan pengiriman telah diurus oleh titipbeliin.com,” kata Sutrisno.

6 dari 6 halaman

Terkait
Join Dream.co.id