Heboh Fenomena Langka Pelangi Api, Seperti Gerbang di Angkasa

News | Selasa, 15 Oktober 2019 17:00
Heboh Fenomena Langka Pelangi Api, Seperti Gerbang di Angkasa

Reporter : Maulana Kautsar

Perlu posisi penting agar fenomena alam ini muncul.

Dream - Fenomena langit yang unik terjadi di Kuantan, Malaysia, Sabtu 13 Oktober 2019. Seorang warga setempat, Carl Min Yuen, merekam fenomena langka tersebut.

Dilaporkan World of Buzz, fenomena itu tampak menyerupai gerbang berwarna-warni di angkasa. Fenomena pelangi ini disebut sebagai Fire Rainbow atau pelangi api. Carl Min Yuen mengunggah fenomena itu ke Facebook.

 Fenomena pelangi api (Foto: World of Buzz/Carl Min Yuen)

Fenomena pelangi api (Foto: World of Buzz/Carl Min Yuen)

Dalam bahasa ilmiah, pelangi api dikenal sebagai Circumhorizontal Arc (CHA). Fenomena CHA merupakan fenomena langka.

Fenomena ini muncul karena efek optik atau halo. Dia muncul di sekitar bulan atau matahari.

2 dari 7 halaman

Fenomena Langka

 Fenomena pelangi api (Foto: World of Buzz/Carl Min Yuen)

Fenomena pelangi api (Foto: World of Buzz/Carl Min Yuen)

Menurut ZME Science, CHA merupakan fenomena optik karena sinar matahari yang dibiaskan kristal es dalam awan cirrus. 

Tidak masalah seberapa besar atau kecilnya kristal-kristal tersebut. Cahaya matahari akan melalui kristal yang sangat spesifik di awan yang pada sudut yang sangat spesifik akan muncul fenomena optik tersebut.

Untuk tercipta fenomena ini, posisi matahari harus berada pada 50 derajat di atas cakrawala. Keselaran antara cahaya dan kristal itu menjadi kunci selanjutnya terjadinya fenomena ini.

3 dari 7 halaman

Badai Terbangkan Narkotika Senilai Rp422,6 Juta

Dream - Badai Dorian yang bergerak di barat Amerika Serikat (AS) membawa sejumlah barang. Diantara yang terbang yaitu satu bungkusan kokain yang dengan total nilai sebesar Rp422,6 juta.

Dilaporkan NBC, 15 bungkus narkotika itu terhanyut hingga Cocoa Beach, di Florida. Zat adiktif berbahaya itu, salah satunya, ditemukan petugas kepolisian Melbourne di Paradise Beach Park.

Awalnya pengunjung memperingatkan polisi mengenai bungkusan menyerupai bata yang telah tersapu ke pantai. Ketika petugas memeriksanya, dia menemukan sebuah paket kokain.

" Dibungkus menyerupai wardah narkotika," kata seorang juru bicara kepolisian Melbourne.

Bungkusan itu diuji dan dipastikan berisi satu kilogram kokain. Satu kilogram kokain itu diperkirakan bernilai US$20 ribu hingga US$30 ribu, setara Rp422 juta.

 

4 dari 7 halaman

DIAMANT

Di bagian bungkusan bernama, " D-I-A-M-A-N-T." Polisi Melbourne menolak mengomentari apa yang tertulis di bungkusan tersebut.

Sementara itu di sekitar 20 mil sebelah utara Cocoa Beach, polisi disiagakan. Terdapat tas ransel yang telah terdampar dan menemukan 15 bungkusan kokain di dalamnya.

Di wilayah Orlando, satu kilo kokain juga ditemukan. Kokain yang terdapat di dalam tas itu telah diserahkan ke Bea dan Cukai AS.

Badai Dorian, memasuki kategori 2, mulai memukul pantai timur Florida tengah Selasa malam, memicu peringatan badai di wilayah Florida pesisir, serta peringatan di Georgia, Carolina Selatan dan Carolina Utara.

5 dari 7 halaman

Takut Tersapu Badai, Mobil Dimasukkan di Dapur

Dream – Pemilik kendaraan di negara empat musim mungkin lebih repot dalam hal mengurus mobilnya. Selain harus dirawat sesuai musim yang sedang berlangsung, mereka juga harus mewaspadai ancaman badai yang bisa meluluh lantakan benda apapun yang ada di hadapannya. 

Inilah yang terjadi saat Badai Dorian yang menerjang Bahama beberapa waktu lalu. Badai itu terus bergerak dan menerjang pantai timur Florida, Amerika Serikat, pada Selasa 3 September 201.

Perdana Menteri Bahama, Hubert Minnis, mengatakan badai durian ini kuat dan bisa menghancurkan negeri. Angin topan ini memiliki kecepatan 115 km per jam

Cemas dengan ancaman badai mengerikan tersebut, seorang pemilik mobil punya cara tak lazim untuk menyelamatkan kendaraan istrinya. 

Dikutip dari Motor1, Jumat 6 September 2019, seorang warganet bernama Jess Ica mengunggah foto suami yang tengah berusaha mengamankan mobil Smart compact miliknya.

Sang suami berusaha memasukkan mobilnya ke dapur rumah. Dengan ukurannya yang memang sangat mini, mobil dua pintu pintu memang muat saat dimasukkan ke dalam rumah.

Di foto tersebut, dua ekor anjing yang terlihat senang karena mobil tuannya aman.

“ Suami saya khawatir mobilnya tertiup angin,” tulis Jess Ica.  

6 dari 7 halaman

Skill Balita Memundurkan Mobil Mainan Ini Bikin Netizen Takjub

Dream – Salah satu teknik mengendarai mobil yang paling sulit dikuasai adalah melaju mundur. Sering kali saat memarkirkan mobil, kita harus menengok berulang kali untuk memastikan mobil tak menabrak benda di belakang atau mobil di samping kala.

Jika kamu termasuk pengemudi pemula, sepertinya harus belajar memundurkan kendaraan para balita berusia 4 tahun ini. 

 Skill Balita Memundurkan Mobil Mainan Ini Bikin Netizen Takjub

Dia memang tak mengendarai mobil betulan, namun keahlianya bocah laki-laki dari China ini memundurkan mobil mainnya sudah mirip orang dewasa

Dikutip dari Zing, Kamis 5 September 2019, anak bernama Lin Lin ini dengan santainya memundurkan mobil sesuai dengan pembatas yang telah dipasang. Dia sangat tenang dan seperti sudah terlatih dengan kemampuannya.

7 dari 7 halaman

Doyan Mobil Sejak Kecil

Ibu Lin Lin mengatakan putra itu memang sudah sejak lama menggemari mengendarai mobil. Di rumahnya, Lin Lin mengoleksi 10 mobil-mobilan serupa .

Keterampilan mengendarai Lin Lin ini diacungi jempol oleh warganet. Malah, ada yang malu karena kalah tangkas dengan sang anak.

Warganet menebak Lin Lin akan menjadi pembalap professional jika dia terus menjaga kualitas mengemudinya. 

Kamu bisa melihat videonya di sini.

Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal
Join Dream.co.id