Fatwa MUI: Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac Suci dan Halal

News | Jumat, 8 Januari 2021 18:08
Fatwa MUI: Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac Suci dan Halal

Reporter : Cynthia Amanda Male

Walaupun vaksin tersebut halal dan suci, terkait kegunaan menunggu hasil izin dari BPOM.

Dream - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac halal digunakan

" Setelah dilakukan diskusi panjang, rapat komisi fatwa sepakat bahwa vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang diajukan proses sertifikasi oleh Bio Farma hukumnya suci dan halal," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam dalam keterangan telekonference, Jumat 8 Januari 2021.

Walaupun vaksin tersebut halal dan suci, kata Asrorun, terkait kegunaan menunggu hasil izin dari BPOM. Nantinya fatwa MUI tersebut juga akan menunggu dari hasil BPOM.

" Fatwa MUI terkait produk vaksin sinovac akan menunggu hasil final mengenai aspek ketoyibannya, fatwa utuhnya menunggu hasil BPOM aspek kegunaan apakah aman atau tidak, maka fatwa aman atau tidak," tuturnya.

 

2 dari 2 halaman

Pemerintah menjadwalkan vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan pada Rabu 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin. Selain Jokowi, vaksin juga bakal disuntikkan ke para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Pada hari berikutnya, proses vaksinasi akan dilanjutkan secara serentak bagi tenaga kesehatan.

Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan vaksinasi baru akan berlangsung jika Sinovac mengantongi izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM dan kajian halal MUI.

Join Dream.co.id