Masjidil Haram Siap Sambut Jemaah Haji

News | Selasa, 28 Juli 2020 15:02
Masjidil Haram Siap Sambut Jemaah Haji

Reporter : Ahmad Baiquni

Jemaah tinggal datang, semua sudah disiapkan.

Dream - Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, telah siap menyambut kedatangan jemaah haji. Seluruh fasilitas penyelenggaraan haji yang sesuai protokol kesehatan Covid-19 sudah lengkap dan siap digunakan.

Kepresidenan Jenderal Dua Masjid Suci telah merancang dan memasang tanda jalur untuk mengarahkan arus jemaah di dalam Masjidil Haram. Juga memastikan aturan jaga jarak dijalankan para jemaah.

Klinik bergerak, botol air Zamzam sekali pakai, serta fasilitas lainnya sudah disiapkan. Demikian pula, kontrol pergerakan telah dipasang oleh otoritas Saudi.

Jalur masuk dan keluar juga telah dibuat terpisah untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan. Sedangkan pergerakan jemaah akan dibuat pelan.

Rencana keselamatan jemaah disusun bersama antara Kepresidenan, Kementerian Haji dan Umroh serta otoritas keamanan Saudi.

Kepresidenan juga meningkatkan kapasitas produksi botol air Zamzam yang akan didistribusikan kepada jemaah. Botol-botol tersebut telah dibersihkan, diamankan dan diproduksi untuk sekali pakai.

 

2 dari 3 halaman

Pendingin air dan botol minum yang dapat digunakan kembali dilarang dipakai jemaah di Masjidil Haram dengan alasan kesehatan. Sebagai gantinya, Kepresidenan akan membagikan air Zamzam dalam kemasan kepada para jemaah.

Untuk memastikan musim haji tahun ini berjalan aman, Kementerian Kesehatan Saudi menyediakan klinik berjalan dengan bus. Klinik disiagakan untuk menemani para jemaah dalam perjalanan dari dan menuju situs-situs suci di tiap-tiap tahapan ritual haji.

Akan ada lima klinik berjalan dengan peralatan medis yang lengkap. Tim kesehatan yang terkualifikasi ditempatkan pada setiap klinik, terdiri dari dokter umum, dokter gigi, dan laboratorium.

 

3 dari 3 halaman

Tim medis akan mengambil sampel dari jemaah dan mengujinya. Melakukan rontgen dan memberikan obat kepada pasien.

Mohammed Jamal menjadi salah satu jemaah yang beruntung bisa menjalankan haji tahun ini bersama istrinya, Heba. Jamal adalah jemaah asal Eritrea, negara di kawasan Benua Afrika,

" Saya merasa sangat senang bisa terpilih melaksanakan haji tahun ini. Semuanya telah difasilitasi sejak kami tiba di Mekah," kata Jamal.

Sumber: Arab News.

Join Dream.co.id