Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Family Day HP | Fimela: Demi Pertumbuhan Buah Hati, Orangtua Harus Kreatif

Family Day HP | Fimela: Demi Pertumbuhan Buah Hati, Orangtua Harus Kreatif (c) Fimela

Tidak bisa dipungkiri Sahabat Dream kalau orangtua adalah pihak yang punya peran terbesar dalam hal pembentukan karakter anak dan perkembangannya di masa depan. Melihat besarnya tanggung jawab tersebut, nggak heran kalau beberapa orangtua bakal dilanda rasa cemas dan khawatir terhadap tumbuh kembang buah hati mereka di masa depan. Apakah si anak bakal menjadi anak yang pandai dan sukses atau tidak?

Itu makin diperkuat dengan sebuah studi yang menyebutkan jika ada lebih dari 85% orangtua di Indonesia yang dilanda kekhawatiran. Munculnya perasaan seperti itu disebabkan karena pemikiran jika buah hati tak bisa memiliki semua keterampilan yang diperlukan buat mempersiapkan masa depan.

Nah buat menghadapi hal tersebut Sahabat Dream, HP Inc menggelar sebuah event menarik bertajuk Family Day HP | Fimela. Acara inspiratif yang diadakan di Taman Kajoe, Jakarta Selatan pada tanggal 27 Oktober 2019 kemarin mengusung tema menarik yaitu, “Creative Family Learning Through Print”. 

Total ada 33 keluarga yang hadir dan menyimak sepenuhnya rangkaian acara. Salah satu rangkaian acara yang paling menarik adalah ketika talkshow bareng artis tenar yang juga merangkap sebagai ibu rumah tangga, yakni Mona Ratuliu. Tak sendiri, ia juga ditemani oleh seorang Psikolog Keluarga dan Anak bernama Ditha Rachman.

Selebriti cantik kelahiran 31 Januari 1982 itu mengapresiasi kepada para orangtua yang telah memberikan bekal pengetahuan pada anak tercinta. Menurutnya, di dunia serba digital ini penting bagi ayah dan bunda untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya dalam proses belajar buah hati.

“Saya berharap orangtua yang hadir ke acara ini bisa mendapatkan bekal pengetahuan untuk mendidik anak dan bisa diterapkan di rumah,” tutur Mona.

Nah dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak, Mona Ratuliu punya strategi khusus, lho. Nggak semudah yang dibayangkan sih, karena memang harus disiplin dan mesti dituntut kreatif. Contoh ketika si kecil lagi bete dan moody, ia bakal ngajak buat ngobrol, jalan-jalan, atau melakukan kegiatan  bersama.

“Salah satu cara dan strateginya ialah memadukan dunia digital dengan printing ke anak. Jadi mereka bisa bermain sembari belajar,” ujar Mona.

Demi mendukung hal tersebut, menurut Mona penting banget lho buat memilih printer yang tepat. Hal itu amat penting untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga, termasuk ketika orangtua hendak menggali kreativitas anak.  Untuk urusan ini, printer HP menyediakan beragam varian printer yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan keluarga, lho.

“Tetapi dalam penerapannya, perlu didampingi oleh orangtua,” imbuh Mona.  

Tak cuma talkshow bersama Mona Ratuliu saja, Family Day HP | Fimela juga makin meriah ketika anak-anak diajak secara langsung untuk menggali kreativitas. Caranya dengan mengajak mereka untuk membuat kalender do it yourself dan bingkai pop up bersama orangtua. Tujuan activity ini jelas untuk memberikan edukasi pada orangtua pentingnya pembelajaran cetak dan digital. Supaya anak dapat terbekali keterampilan dan kesiapan yang dibutuhkan di masa depan.

Hendry Widjaja selaku Chief Operating Officer HP Inc Indonesia mengungkapkan pentingnya penggunaan bahan ajar cetak yang dipadukan dengan pembelajaran digital. Bila dilakukan dengan maksimal, metode tersebut dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan kegiatan belajar anak dengan baik.

“Dari hal itu kami menyelenggarakan acara Family Day HP | Fimela, untuk memberikan contoh dan edukasi tentang pentingnya memadukan metode pembelajaran elektronik dan cetak demi menghasilkan pendidikan yang optimal,” tutur Hendry Widjaja.

Sedangkan Psikolog Keluarga dan Anak, Ditha Rachman menunjukkan fakta menarik: 87% orangtua mempercayai kalau kegiatan belajar menjadi waktu terbaik untuk merekatkan ikatan dengan buah hati. Apabila dilakukan dengan konsisten, keterampilan interpersonal anak-anak bakal terus mengalami peningkatan.

“Orangtua memiliki peran penting dalam pembentukan pendidikan anak. Hal ini karena pola pikir mereka memiliki dampak yang besar kepada anak-anak,” tutur Ditha Rachman.

Selain itu, Ditha juga menyoroti pentingnya pemanfaatan teknologi. Dalam proses pendidikan dan pembelajaran anak, ternyata bidang yang satu itu punya peran yang besar lho, Sahabat Dream.

“Penggunaan materi pendidikan cetak saat belajar merupakan salah satu cara bagi orangtua untuk menjalin ikatan yang kuat. Serta mendorong kreativitas anak, sambil meningkatkan daya pikir dan juga pengetahuan,” imbuh Ditha.

Jadi mulai sekarang, yuk terus gali kreativitas demi meningkatkan tumbuh kembang buah hati, Sahabat Dream!

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Berlangsung sejak November 2023, acara ini sukses bangkitkan semangat para Ibu untuk berdaya.

Baca Selengkapnya
Momen Para Seleb Buka Puasa Pertama, Menunya Bikin Ngiler

Momen Para Seleb Buka Puasa Pertama, Menunya Bikin Ngiler

Waktu berbuka puasa, biasanya jadi ajang berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Baca Selengkapnya
Bund, Yuk Asah Kreativitas Anak di Acara Coloring Competition Dream Day Ramadan Fest 2024

Bund, Yuk Asah Kreativitas Anak di Acara Coloring Competition Dream Day Ramadan Fest 2024

Kamu wajib tahu manfaat mewarnai buat si kecil biar bakat terpendamnya bisa tersalurkan dengan baik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pajak Hiburan Naik hingga 75%, Inul Daratista Terancam PHK 5.000 Karyawan Inul Vizta

Pajak Hiburan Naik hingga 75%, Inul Daratista Terancam PHK 5.000 Karyawan Inul Vizta

Pemerintah menaikkan pajak hiburan mulai dari 45% hingga 75%.

Baca Selengkapnya
Momen Ibu Peluk Pria Mirip Anaknya yang Meninggal Ini Bikin Hati Pilu, Wajahnya bak Saudara Kembar!

Momen Ibu Peluk Pria Mirip Anaknya yang Meninggal Ini Bikin Hati Pilu, Wajahnya bak Saudara Kembar!

Sambil memeluk erat sang ibu memohon agar pria tersebut tidak pergi

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

Sahabat Dream, kira-kira kalian pada bisa jawab gak nih teka-teki buah ini? yuk komen dibawah.

Baca Selengkapnya