Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Fachrul Razi: Saya Menteri Agama Indonesia

Fachrul Razi: Saya Menteri Agama Indonesia Menteri Agama Baru, Fachrul Razi (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi'an)

Dream - Jenderal Purnawirawan TNI Fachrul Razi baru saja dilantik sebagai Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo. Dia bertekad menjadikan masyarakat Indonesia lebih toleran.

"Saya bukan Menteri Agama Islam, tapi Menteri agama Indonesia," ujar Fachrul di Kementerian Agama, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019.

Meski demikian, Fachrul Razi tidak menampik akan selalu menggunakan pendekatan agama Islam setiap kali turun ke lapangan.

"Kalau saya menggunakan pendekatan agama Islam wajar saja, karena mayoritas masyarakat Indoensia beragama Islam," ucap dia.

Lebih lanjut, Fachrul mengatakan seluruh menteri yang ada di Kabinet Indonesia Maju tidak memiliki visi dan misi. Seluruh kinerja menteri ditujukan untuk kemajuan Indonesia.

"Dengan demikian nggak usah berpikir mencapai jangka pendek dulu, nanti malah menyebabkan visi misi bangsa nggak tercapai," kata dia.

Lebih lanjut, Fachrul segera berkoordinasi dengan sekretaris jenderal dan jajaran direktur jenderal di Kementerian Agama untuk menyusun program kerja.

Ditunjuk Jadi Menag, Fachrul Razi: Mungkin Jokowi Dengar Omongan Saya

Dream - Latar belakang profesi Fachrul Razi memang berbeda dengan jabatan menteri yang kini diemban. Purnawirawan jenderal TNI itu kini menduduki kursi Menteri Agama.

Fachrul Razi Menteri Tertua yang Pernah Pecat Prabowo Subianto

Mantan Wakil Panglima TNI itu menduga Presiden Joko Widodo memberinya amanah sebagai Menteri Agama karena kerap mendengar pendapat-pendapatnya selama melakoni kunjungan bersama ke sejumlah daerah.

" Setiap kali kalau ke daerah saya selalu bicara Islam adalah agama yang damai, agama penuh toleransi, jadi kalau ketemu orang Islam yang suka kekerasan berarti ada yang salah," kata Fachrul usai pelantikan menteri di Istana Negara, Rabu 23 Oktober 2019.

Fachrul mengatakan, Islam penuh damai selalu menjadi tema yang dia sampaikan setiap kali menjadi pembicara di daerah-daerah. Selain itu, sejak kecil dia sangat suka membaca buku-buku agama.

Selain alasan tersebut, Fachrul mengatakan Jokowi menaruh perhatian besar terhadap pemberantasan radikalisme. Menurut dia, radikalisme memang menjadi isu yang santer belakangan ini.

" Beliau membayangkan juga potensi-potensi radikalisme cukup kuat dalam beberapa tahun belakangan," kata dia.

Fachrul segera bekerja. Dia akan berdiskusi lebih dulu dengan staf di lingkungan Kemenag terkait banyak hal terutama radikalisme.

" Saya akan balik dulu ke kantor saya, mungkin tanya dulu ke teman-teman, mungkin bisa kita dalami terapi apa yang tepat," kata dia.

Sosok Fachrul Razi, Menteri Tertua yang Pernah Pecat Prabowo Subianto

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Fachrul Razi sebagai pengganti Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Sosok kelahiran 26 Juli 1947 ini disebut menjadi salah satu menteri tertua di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Fachrul Razi Bakal Berkabung di Kabinet

Fachrul pernah menjabat sebagai Wakil Panglima TNI selama periode 1999-2000. Perannya saat pemecatan Prabowo Subianto dari TNI kembali mencuat beberapa waktu ini.

Dilaporkan , Fachrul mengaku hubungannya dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto baik-baik saja.

" Saya dengan Pak Prabowo biasa-biasa saja, kalau ketemu ya peluk-pelukan makan sama-sama enggak ada yang aneh dalam sistem yang terbangun," kata Fachrul, diakses Rabu, 23 Oktober 2019.

Fachrul mengatakan, tak ada masalah dengan Prabowo di masa kedinasan militer maupun pribadi.

Setelah pensiun dari kemiliter, Fachrul Razi memimpin sejumlah perusahaan diantara Komisaris Holding Company pada PT Toba Sejahtera (sejak 2005) dan Komisaris Utama CP Prima (2010).

Dia merupakan Komisaris Utama PT Aneka Tambang Tbk.

Fachrul Razi Mantan Ketua Tim Bravo 5

Dream - Bagi sebagian masyarakat tentu belum terlalu mengenal nama Facrul Razi, yang dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon menteri Kabinet Kerja jilid II siang ini, Selasa 22 Oktober 2019.

Fachrul Razi Menteri Tertua yang Pernah Pecat Prabowo Subianto

Fachrul Razi merupakan pensiunan jenderal dengan jabatan terakhirnya Wakil Panglima TNI pada 1999-2000.

Pria kelahiran Banda Aceh pada 26 Juli 1947 itu juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan pada 1999.

Selain memiliki jabatan militer, Fachrul juga diketahui sebagai Ketua Tim Bravo 5, tim sukses yang mendukung Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Tim Bravo 5 juga diketahui ikut mendukung pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014.

Tim Bravo 5 berisi pensiunan jenderal yang ingin ikut mendukung Jokowi dalam gelaran pemilihan Presiden dua periode yakni 2014 dan 2019.

Berikut beberapa jabatan yang pernah diemban oleh Fachrul Razi: 
1. Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad
2. Wakil Asisten Operasi KASAD
3. Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana
4. Gubernur Akademi Militer (1996-1997)
5. Asisten Operasi KASUM ABRI (1997-1998)
6. Kepala Staf Umum ABRI (1998-1999)[2]
7. Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan (1999)
8. Wakil Panglima TNI (1999-2000)

Bila Ketua Umum Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan, apakah berarti Fachrul Razi menjadi Menko Polhukam? Kita lihat pengumuman Rabu besok 23 Oktober 2019. (ism) 

 

 

Fachrul Razi Satu-satunya Menag dari Militer?

Dream - Presiden Joko Widodo memilih Fachrul Razi untuk duduk sebagai Menteri Agama. Pria yang sebelumnya dipercaya sebagai Ketua Tim Relawan Bravo-5 ini menggantikan Lukman Hakim Saifuddin.

Fachrul Razi: Saya Menteri Agama Indonesia

Jokowi memberikan tugas utama kepada Fachrul tidak hanya mengurusi haji dan masalah keumatan. Lebih dari itu, Fachrul harus menangani isu radikalisme yang kini tengah marak.

Keputusan Jokowi ini bisa dianggap sebagai sejarah. Sebab, Jokowi mengisi posisi Menag bukan dari kalangan ormas Islam maupun partai politik Islam, melainkan militer.

Fachrul Razi merupakan purnawirawan TNI AD dengan pangkat Jenderal dan posisi terakhir sebagai Wakil Panglima TNI. Fachrul juga merupakan petinggi TNI terakhir yang mengampu jabatan tersebut sebab dihapus oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Tetapi, apakah Fachrul Razi adalah satu-satunya Menag berlatar belakang militer? Jawabannya, Fachrul ternyata menag ketiga dari lingkungan TNI.

Berikut dua Menteri Agama sebelumnya yang juga berlatar belakang militer:

Alamsyah Ratu Perwiranegara

Indonesia pernah punya menag yang berasal dari kalangan militer. Meski sebenarnya tugas menag tidak berkaitan langsung dengan pertahanan negara.

Menag pertama yang berasal dari kalangan militer yaitu Alamsyah Ratu Perwiranegara. Dia menjabat dalam Kabinet Pembangunan IV era Presiden Soeharto.

Alamsyah cukup lama mengampu jabatan Menag yaitu pada 29 Maret 1978 hingga 19 Maret 1983. Tetapi dia tidak terkenal sebagai tokoh agama melainkan tokoh militer.

Pangkat terakhirnya yaitu Letnan Jenderal dan menduduki jabatan Deputi Khusus Menteri/Panglima Angkatan Darat. Setelah itu, kariernya berlanjut di lingkungan pemerintahan dengan jabatan pertama sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

Dia juga pernah menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda. Setelah itu, dia pensiun dari TNI dan kembali ke pemerintahan sebagai Dewan Pertimbangan Agung, lalu Menteri Agama dan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Tarmizi Taher

Menag yang juga berasal dari lingkungan militer yaitu Tarmizi Taher. Pangkat terakhirnya adalah Laksamana Muda dan bertugas sebagai dokter di lingkungan TNI AL.

Masa jabatan Tarmizi sebagai menag tergolong lama, yaitu pada 17 Maret 1993-14 Maret 1998 dalam masa Kabinet Pembangunan VI. Meski seorang tentara dan dokter, pengetahuan Tarmizi di bidang agama sangat luas sehingga dia juga dikenal sebagai salah satu cendekiawan Muslim Indonesia.

Selama menjabat menag, Tarmizi melakukan sejumlah terobosan. Dua yang paling menonjol yaitu pengembangan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang masih digunakan hingga saat ini serta pembentukan Dana Abadi Umat (DAU).

Usai menjabat menag, Tarmizi ditugaskan sebagai Duta Besar RI untuk Norwegia dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia serta Rektor Universitas Islam Az Zahra.

Dia juga mendapat anugerah Doktor Honoris Causa bidang Dakwah oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Berbagai sumber.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ciri-Ciri Pemimpin Zalim Menurut Islam, Akibat dan Ancaman bagi Orang yang Mengikutinya

Ciri-Ciri Pemimpin Zalim Menurut Islam, Akibat dan Ancaman bagi Orang yang Mengikutinya

Ciri-ciri pemimpin zalim menurut Islam ialah bahwa mereka memiliki sikap yang buruk di mata masyarakat.

Baca Selengkapnya
Non Muslim Bisa Jawab Pertanyaan Agama Islam, Warganet 'Nggak Sekalian Log In?'

Non Muslim Bisa Jawab Pertanyaan Agama Islam, Warganet 'Nggak Sekalian Log In?'

Non muslim yang sedang mencari takjil menjawab dengan lancar ketika ditanya seputar agama Islam. Penanya pun kaget karena jawabannya tepat.

Baca Selengkapnya
Munculnya Orang Hina dan Zalim Jadi Pemimpin, Tanda-Tanda Kiamat?

Munculnya Orang Hina dan Zalim Jadi Pemimpin, Tanda-Tanda Kiamat?

Rasulullah mengingatkan bahwa pemimpin yang tidak amanah tidak akan mencium surga dan akan menerima siksaan yang berat di akhirat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ingatlah Nasihat Rasulullah, Inilah 3 Perkara yang Harus Dijauhi Umat Islam

Ingatlah Nasihat Rasulullah, Inilah 3 Perkara yang Harus Dijauhi Umat Islam

Islam mengajarkan hal-hal baik melalui firman Allah SWT dan juga sunah nabi.

Baca Selengkapnya
5 Tradisi Malam Takbir Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

5 Tradisi Malam Takbir Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

Dengan segala kekayaan suku, daerah, dan budaya, tradisi malam takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri menjadi bagian penting dari perayaan hari kemenangan.

Baca Selengkapnya
Islam Perintahkan Tutup Rapat-Rapat, Inilah Doa Menjaga Aib Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Islam Perintahkan Tutup Rapat-Rapat, Inilah Doa Menjaga Aib Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Dalam Islam, aib adalah sesuatu hal yang harus dijaga dan tidak boleh disebarluaskan.

Baca Selengkapnya
Pentingnya Berzikir dalam Kehidupan Sehari-hari, Ini Bacaan Dzikir yang Bisa Bentengi Diri

Pentingnya Berzikir dalam Kehidupan Sehari-hari, Ini Bacaan Dzikir yang Bisa Bentengi Diri

Berdzikir adalah cara seorang Muslim untuk selalu dekat dengan Allah SWT dan melindungi dari godaan setan yang setiap waktu mengganggu.

Baca Selengkapnya
Sebentar Lagi Usai, Inilah 6 Doa Akhir Ramadan yang Sebaiknya Diamalkan Umat Islam

Sebentar Lagi Usai, Inilah 6 Doa Akhir Ramadan yang Sebaiknya Diamalkan Umat Islam

Sebagai umat Islam tentu memiliki harapan besar agar dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan di tahun mendatang.

Baca Selengkapnya
5 Doa Dizalimi Orang Lain, Supaya Tidak Terjebak pada Dendam Kesumat

5 Doa Dizalimi Orang Lain, Supaya Tidak Terjebak pada Dendam Kesumat

Nabi Muhammad SAWt dengan sangat mulia memberikan teladan kepada umatnya untuk tidak membalas kezaliman dengan kezaliman pula.

Baca Selengkapnya