Dulu Model Cantik, Kini Jadi Buruh Pemetik Sayur di Ladang Gegara Corona

News | Selasa, 2 Juni 2020 09:00
Dulu Model Cantik, Kini Jadi Buruh Pemetik Sayur di Ladang Gegara Corona

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Kini hanya digaji Rp140 ribu. Upah sebulan sebagai pemetik sayur sama dengan pendapatan sehari saat masih jadi model.

Dream - Banyak orang yang kehilangan pekerjaan gara-gara pandemi virus corona. Tak sedikit pula yang harus beralih profesi agar tetap mendapat pemasukan, termasuk para model.

Dunia modeling memang tak luput dari dampak pandemi Covid-19. Banyak show ditunda, bahkan dibatalkan. Brand-brand juga menahan biaya promosi. Para model pun tak punya pekerjaan. Mereka harus menganggur maupun ganti usaha.

Dengarlah kisah Aniko Michnyaova. Model cantik itu kini banting setir jadi petani. Bukan sebagai juragan, melainkan menjadi buruh pemetik sayuran. Ladang dan kebun kini menjadi catwalk baru untuk Aniko.

Sejak Covid-19 melanda Bumi, kehidupan Aniko memang semakin susah. Pemasukan kian seret. Dia bahkan harus berpindah rumah dari London Barat ke pedesaan di daerah Cobrey Farm.

2 dari 3 halaman

London memang kota mahal. Sehingga pindah rumah jadi pilihan rasional. Di desa sekitar Cobrey Farm itu Aniko bisa hidup ngirit. Untuk mengepulkan dapur, dia bekerja sebagai pemetik sayur dengan upah minimum 8 poundsterling perjam. Sekitar Rp140 ribu.

Aniko diharuskan bekerja selama sepuluh jam sehari agar mendapatkan dua ribu poundsterling, sekitar Rp 36 juta, dalam sebulan. Sebelumnya, model cantik berusia 32 tahun tersebut bisa mendapatkan upah yang sama hanya dalam waktu sehari.

" Dalam pekerjaan normalku, aku bisa mendapatkan uang segitu dalam waktu sehari. Namun aku tetap harus beradaptasi dengan new normal dan menelan harga diriku untuk melanjutkan hidup," ucapnya dikutip dari Metro.co.uk.

3 dari 3 halaman

Aniko yang awalnya memiliki rumah mewah kini harus tidur di kasur dengan lima orang pekerja pemetik sayur lainnya.

Model yang kini bekerja sebagai pemetik asparagus itu harus cepat belajar mengenal tanaman. " Jika aku telat datang ke kebun, semua akan menjadi sampah," ujarnya.

Saat menjadi model, Aniko pun tampil hit dengan pakaian-pakain modis. Namun kini keadaan berbeda 180 derajat.

Aniko sebelumnya pernah menjadi model untuk brand-brand besar seperti La Sennza, Boux Avenue, M&S and Debenhams.

Join Dream.co.id