2 Tenaga Medis DKI Jakarta yang Positif Virus Corona Tengah Hamil

News | Rabu, 1 April 2020 19:46
2 Tenaga Medis DKI Jakarta yang Positif Virus Corona Tengah Hamil

Reporter : Ahmad Baiquni

Total ada 84 tenaga medis DKI yang terpapar Covid-19.

Dream - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, menyatakan sebanyak 84 tenaga medis positif tertular virus corona. Dua orang di antaranya sedang dalam masa kehamilan.

" Tenaga kesehatan yang positif terinfeksi Covid-19 sampai 84 orang, satu orang di antaranya meninggal dan dua orang dalam kondisi hamil," jelas Dwi, dikutip dari Liputan6.com.

Dwi mengatakan para tenaga medis tersebut tersebar di 30 rumah sakit dan satu klinik di seluruh DKI. Selain itu, dia juga mengatakan ada dua orang dokter spesialis meninggal dunia akibat covid-19.

Menurut data dari corona.jakarta.go.id, jumlah kasus positif virus corona di DKI Jakarta per 1 April mencapai 794 kasus. Jumlah pasien dinyatakan sembuh sebanyak 51 orang, meninggal 87 orang, dalam perawatan 449 dan isolasi mandiri 166 orang.

Selain jumlah tersebut, terdapat 704 kasus yang masih menunggu hasil. Kemudian 511 kasus telah diketahui titik penyebarannya berdasarkan kelurahan dan 283 kasus sisanya belum diketahui.

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

2 dari 7 halaman

Kasus Positif Virus Corona Jakarta Tertinggi, Ini Penyebarannya

Dream - DKI Jakarta menjadi wilayah dengan kasus infeksi virus corona paling banyak di Indonesia. Hingga Selasa 31 Maret 2020, tercatat 727 orang positif terinfeksi Covid-19.

Menurut data corona.jakarta.go.id, terdapat 477 kasus yang telah terdeteksi titik persebarannya. Sementara 250 kasus, belum diketahui.

Sebanyak 477 kasus tersebut tersebar di lima wilayah administratif. Jakarta Selatan menjadi titik persebaran kasus positif corona tertinggi di antara wilayah DKI lainnya, dengan 157 kasus.

Kemudian diikuti oleh Jakarta Barat dengan 128 kasus, Jakarta Timur 101 kasus, Jakarta Utara 57 kasus, dan Jakarta Pusat 34 kasus.

3 dari 7 halaman

Kalideres dan Kebon Jeruk

Sedangkan jika diperinci, terdapat 6 kecamatan dengan kasus positif tertinggi di seluruh Jakarta. Berikut data persebaran virus corona, dikutip dari liputan6.com.

1. Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat

Di kecamatan ini terdapat 33 kasus kasus positif corona. Kasus terbanyak berada di Keluarahan Pegadungan dengan 18 kasus, lalu Kelurahan Kalideres dengan 11 kasus, dilanjut Kelurahan Tegal Alur 8 kasus dan Kelurahan Kamal 4 kasus.

2. Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Kebon Jeruk dinyatakn sebagai kecamatan kedua terbesar kasus positif corona dengan 30 kasus. Rinciannya Kelurahan Kebon Jeruk mendapati 12 kasus positif corona, diikuti Kelurahan Duri Kepa dengan 7 kasus, Kelurahan Sukabumi Utara 5 kasus, Kelurahan Kedoya Selatan terdapat 4 kasus, Kelurahan Sukabumi Selatan dan Kedoya Utara menangani 3 kasus, sedangkan Kelurahan Kelapa Dua menangani 2 kasus.

4 dari 7 halaman

Kebayoran Baru dan Grogol Petamburan

3. Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Kecamatan Kebayoran Baru menangani 30 kasus. Kasus tertinggi berada di Kelurahan Senayan dengan 17 kasus, diikuti Kelurahan Gandaria Utara dengan 9 kasus, Kelurahan Rawa Barat 5 kasus, Kelurahan Gunung, Kramat Pela, Melawai, Petogogan, Pulo dan Selong menangani masing-masing 1 kasus.

4. Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Kecamatan Grogol Petamburan terkonfirmasi ada 25 kasus positif corona. Sebarannya, Kelurahan Tomang menangani kasus tertinggi sebanyak 13 kasus, Kelurahan Jelambar 5 kasus, Kelurahan Jelambar Baru dan Tanjung Duren Selatan masing-masing 2 kasus, Kelurahan Grogol, Wijaya Kusuma dan Tanjung Duren Utara masing-masing 1 kasus positif.

 

5 dari 7 halaman

Kelapa Gading dan Kebayoran Lama

5. Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara

Kecamatan Kelapa Gading menangani 25 kasus Covid-19, tersebar di tiga kelurahan. Kelurahan Kelapa Gading Timur menangani 15 kasus positif corona, kemudian Kelurahan Kelapa Gading Barat 6 kasus dan Kelurahan Pegangsaan Dua 4 orang.

6. Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Kecamatan Kebayoran Lama menangani 22 kasus Covid-19 dengan persebaran di enam kelurahan. Pondok Pinang menjadi kelurahan dengan kasus terbanyak mencapai 9 kasus, Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama Utara dan Kebayoran Lama Selatan masing-masing 3 kasus, dan Kelurahan Grogol Utara serta Cipulir masing-masing dua kasus.

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

6 dari 7 halaman

Update Corona Indonesia: Kasus Positif 1.677, Provinsi Pasien Covid-19 Terbesar

Dream - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengumumkan penambahan pasien positif Covid-19 sejak 31 Maret 2020 hingga 1 April 2020 pukul 12.00 WIB. Terdapat penambahan 149 orang pasien positif Covid-19.

" Sehingga total 1677 orang," ujar Achmad Yurianto, Rabu, 1 April 2020.

Selain kasus positif terdapat 22 pasien yang dinyatakan pulih. Dengan penambahan itu, total ada 103 pasien yang dinyatakan pulih.

Sementara itu, kasus kematian bertambah 21 orang. Penambahan itu membuat total kematian akibat Covid-19 yaitu berjumlah 157.

Dari total jumlah tersebut, lima provinsi di Pulau Jawa menjadi area merah. DKI Jakarta, tercatat memiliki 808 pasien positif Covid-19. Di bawah DKI Jakarta, jumlah pasien terbesar terdapat di Jawa Barat dengan total 220 orang.

7 dari 7 halaman

Banten mencatatkan pasien Covid-19 sebanyak 152 pasien positif. Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur masing-masing terdapat 104 orang yang positif Covid-19.

Sementara itu, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatatkan angka 28 orang pasien Covid-19.

Saat ini, menurut data yang dibagikan Gugus Pusat Penanganan Covid-19 terdapat 28 pasien yang masih menjalani verifikasi di lapangan.

Yuri berharap, penambahan ini tak terjadi. Dia meminta masyarakat untuk memastikan orang tua dan keluarganya tak terluar.

" Kita harus tetap sehat, jaga jarak aman kita, dalam berkomunikasi sosial setidak-tidaknya dua meter, cuci tangan

tetap aman dan produktif di rumah," ucap dia.

Join Dream.co.id