#DreamNgaji: Merayakan Syaban, Meraih Keberkahan Jelang Ramadan

News | Jumat, 26 Maret 2021 14:02
#DreamNgaji: Merayakan Syaban, Meraih Keberkahan Jelang Ramadan

Reporter :

Syaban, bulan istimewa tempat diangkatnya catatan amal umat Rasulullah Muhammad SAW.

Dream - Syaban, bulan yang dimuliakan dalam Islam. Terdapat keutamaan di bulan ini. Di bulan ini pula, terdapat momen yang begitu istimewa yaitu malam Nisfu Syaban.

Keutamaan dari Syaban serta momen Nisfu Syaban diulas secara jernih dan bermakna oleh KH Muhammad Nur Hayid saat berbincang dalam program #DreamNgaji yang tayang secara live streaming pada akun Instagram @dreamcoid, Kamis 25 Maret 2021.

" Bulan Syaban ini adalah bulan di antara dua bulan mulia, yang pertama bulan Rajab, bulan yang merupakan bagian dari bulan haram, bulan istimewa," ujar dai muda yang akrab disapa Gus Hayid ini.

 Dream Ngaji
© Dream.co.id

Dalam satu tahun, kata Gus Hayid, ada empat bulan haram yaitu Zulqa'dah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab. Empat bulan ini dimuliakan oleh Allah.

" Sehingga perang pun harus berhenti di bulan itu," kata dai yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini.

 

2 dari 3 halaman

Menyambut Ramadan, Bulan Pesta Pahala dan Kebaikan

Setelah bertemu bulan Rajab yang mulia, umat Islam akan menyambut Ramadan. Bulan tersebut, terang Pengasuh Pondok Pesantren Skill Jakarta dan Lumajang ini, merupakan bulan pesta pahala untuk umat Rasulullah Muhammad SAW.

" Bulan pesta kebaikan, di mana kebaikan akan dilipatgandakan bahkan tidurnya orang yang berpuasa saja itu juga dinilai ibadah," ungkap Gus Hayid.

Sedangkan Syaban adalah bulan di antara Ramadan dan Rajab. Karena itulah, Syaban juga memiliki kemuliaan.

 Dream Ngaji
© Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Bulan Diangkatnya Catatan Amal

"Bulan Syaban ini oleh Allah dijadikan momentum diangkatnya amal-amal kebaikan dan keburukan kita," tutur Gus Hayid.

Karena keistimewaan itulah, Rasulullah Muhammad SAW kerap memanfaatkan bulan Syaban untuk memperbanyak puasa. Rasulullah ingin catatan amal dalam satu tahun diangkat ketika Rasulullah sedang berpuasa.

Masih banyak keutamaan dalam Syaban yang dibahas oleh Gus Hayid. Kamu dapat ikuti lewat unggahan ini.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dream.co.id (@dreamcoid)

Join Dream.co.id