Kepala BNPB Doni Monardo Susul Ridwan Kamil Daftar Relawan Uji Klinis Vaksin

News | Jumat, 14 Agustus 2020 13:01
Kepala BNPB Doni Monardo Susul Ridwan Kamil Daftar Relawan Uji Klinis Vaksin

Reporter : Ahmad Baiquni

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 akan menjalani pemeriksaan di Bandung.

Dream - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, tercatat sebagai relawan uji klinis vaksin buatan Sinovac Biotech. Proses pendaftaran dilakukan oleh tim Satgas atas permintaan Doni.

Sebelumnya pejabat negara yang memastikan mendaftar sebagai relawan uji vaksin Covid-19 adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.  

" Ini adalah bentuk komitmen pemerintah, mendukung, bahwa kita berupaya keras memberikan perlindungan, mendukung perlindungan maksimal kepada seluruh rakyat Indonesia melalui program vaksinasi," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, dikutip dari Setkab.go.id.

Wiku mengatakan Presiden Joko Widodo telah meninjau langsung fasilitas produksi vaksin milik PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 11 Agustus 2020.

" Pemerintah sangat optimis mendukung pengembangan produksi vaksin," kata dia. 

2 dari 6 halaman

Kehadiran vaksin Covid-19, kata Wiku, saat ini sedang dinantikan oleh masyarakat dunia. Pemerintah juga telah berupaya melakukan terobosan dalam penelitian vaksin.

Saat ini, seluruh calon vaksin yang ada di dunia sudah memasuki fase uji klinis tahap 3.

" Kita semua berharap dengan penemuan vaksin dapat melindungi seluruh masyarakat," kata dia.

3 dari 6 halaman

Daftar Relawan Uji Vaksin, Ridwan Kamil: Tak Ada Istilah Rakyat Dikorbankan

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengakui sudah mendaftar sebagai relawan uji klinis tahap 3 calon vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech. Hingga saat ini gubernur yang biasa disapa Kang Emil itu masih menunggu hasil dari tim riset terkait permohonannya tersebut.

Ridwan mengatakan proses pendaftaran dilakukan secara online oleh tim kesehatan. Bukti pendaftaran online pun sudah ada.

" Bahwa iya mendaftarnya sudah, bahwa diterimanya masih belum karena menunggu pengumuman dari sisi kesehatan dan lain-lain bahwa saya layak dan siap jadi relawan," ujar Ridwan, dikutip dari Liputan6.com.

Uji klinis calon vaksin asal China yang dijalankan PT Bio Farma ini membutuhkan relawan sebanyak 1.600-an orang. Relawan diutamakan berdomisili di kawasan Bandung Raya.

" Mudah-mudahan lancar, kalaupun iya (lolos), saya laksanakan sesuai prosedur tidak ada keistimewaan, kalaupun tidak (lolos) ya saya permaklumkan, mungkin ada faktor-faktor kesehatan yang diperhatikan," kata Ridwan.

 

4 dari 6 halaman

Dia mengatakan keikutsertaannya dalam uji klinis ini bertujuan meyakinkan masyarakat mengenai prosesnya berjalan benar-benar ilmiah. Sehingga tidak ada yang pihak dikorbankan.

" Sehingga tidak ada istilah rakyat dikorbankan, pemimpinnya saja enggak yakin masa rakyatnya harus ikutan," kata dia.

Lebih lanjut, Ridwan meminta masyarakat untuk percaya pada proses yang dijalankan lembaga kredibel dalam menangani pandemi Covid-19. Terutama kepada Satuan Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat yang dia pimpin.

" Jangan terlalu terbawa dalam diskusi, dalam narasi yang kurang produktif, yakin bahwa pemerintah memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui proses yang kita tunggu-tunggu yaitu adanya vaksin," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Rinaldo

5 dari 6 halaman

Ridwan Kamil Daftar Relawan Uji Vaksin, Tim Riset: `Tak Ada Perlakuan Istimewa`

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, masuk dalam daftar relawan uji klinis tahap 3 vaksin Covid-19 buatan perusahaan bioteknologi China, Sinovac. Ridwan akan terlibat dalam rangkaian pengujian sebelum vaksin siap diproduksi massal.

" Iya (terdaftar sebagai relawan). (Ridwan Kamil) sudah mendaftarkan diri ke petugas," ujar Ketua Tim Riset Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19, Kusnandi Rusmil, dikutip dari Merdeka.com.

Kusnandi menjelaskan pihaknya harus menjalankan verifikasi terlebih dulu kepada seluruh relawan yang terdaftar. Relawan juga diharuskan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Beberapa syarat tersebut seperti melakukan tes usap (swab test), pemeriksaan kesehatan, berdomisili di Kota Bandung untuk memudahkan penelitian. Ini karena relawan diharuskan datang sebanyak lima kali selama masa uji coba agar petugas dapat memantau kondisi tubuhnya usai disuntik vaksin.

 

6 dari 6 halaman

Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Eddy Fadlyana memastikan tidak akan ada perlakuan istimewa terhadap Ridwan Kamil. Seluruh relawan akan diperlakukan sama.

Eddy belum dapat memberikan keterangan di mana Ridwan mendaftarkan diri sebagai relawan. Seluruh data relawan baru bisa diketahui setelah dimasukkan ke dalam sistem.

" Nanti baru ketahuan di mana tempatnya (jika data sudah masuk sistem)," kata Eddy.

Sebelumnya, Ridwan sempat menyatakan siap menjadi relawan uji klinis. Demikian pula dengan para pimpinan daerah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar.

" Jika tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi, maka saya dan Forkopimda akan menjadi relawan untuk pengetesan vaksin," kata Ridwan.

Inisiatif ini diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat. Sekaligus menambah keyakinan uji vaksin yang dijalankan PT Bio Farma berjalan aman.

" Kalau pimpinannya juga melakukan (jadi relawan), insya Alah rakyatnya juga meyakini proses (uji klinis) vaksin ini berjalan dengan lancar," kata Ridwan.

Sumber: Merdeka.com/Aksara Bebey.

Join Dream.co.id