Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tak Pakai Plastik, Begini Cara Dompet Dhuafa Bagikan Daging Kurban

Tak Pakai Plastik, Begini Cara Dompet Dhuafa Bagikan Daging Kurban Dompet Dhuafa Bagikan Daging Kurban Dengan Dibungkus Bahan Alami (Istimewa)

Dream - Kantong kresek berbahan plastik masih banyak dipakai masyarakat sebagai bungkus, terutama untuk daging kurban. Tetapi, plastik ternyata menimbulkan masalah terhadap lingkungan karena sifatnya yang sulit terurai.

Hal ini menjadi pertimbangan Dompet Dhuafa untuk tidak lagi menggunakan plastik untuk bungkus daging kurban. Untuk musim kurban tahun ini, lembaga amil zakat ini berinisiatif mengganti plastik dengan bahan alami, seperti daun jati, daun pisang, besek, dan keranjang bambu.

"Ini tentunya akan turut membantu perekonomian masyarakat, mereka pengrajin daun pisang, bambu, dan lain-lain akan terangkat secara ekonomi, sehingga siklus ekonomi bisa berkutat tidak hanya di peternak," ujar Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 30 Juli 2019.

Dompet Dhuafa

Sebelum mengajak mitra untuk tidak lagi memakai plastik, Dompet Dhuafa terlebih dulu membuat sejumlah simulasi. Awalnya, bahan pembungkus yang dipakai adalah kertas koran.

Rupanya, kertas malah menempel pada daging dan sulit dilepaskan. Sementara untuk kertas nasi, masih terdapat bahan plastik di dalamnya.

"Maka itu menjadi pilihan Dompet Dhuafa dalam penggunaan besek bambu untuk mengemas daging kurban," ucap dia.

Dompet Dhuafa

Yuki mengatakan bungkus daging kurban menggunakan besek sebenarnya sudah dilakukan sejak 2018 lalu di Zona Madina, Parung, Bogor, Jawa Barat. Setidaknya, ada 50 hewan kurban yang dagingnya dibungkus menggunakan besek.

"Kurban tahunan ini dengan metode pemberdayaan ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata dia.

Menurut Yuli, dengan mengubah bungkus dari plastik akan meningkatkan pemasukan bagi para pengrajin besek, penjual daun jati, daun pisang.

Ajak Berkurban, Dompet Dhuafa Tebar 1.440 Sate di Car Free Day

Dream - Jelang Idul Adha 1440, Dompet Dhuafa mengajak umat Islam untuk bersama-sama berbagi kebahagiaan dengan berkurban lewat kampanye #jangantakutberkurban. Agar semakin banyak masyarakat yang berkurban, lembaga amil zakat dan penyalur donasi ini menggelar Festival 1440 Sate saat car free day di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat pada Minggu, 28 Juli 2019.

"Festival 1440 Sate ini kami mengajak lapisan masyarakat untuk berkurban bersama Dompet Dhuafa," ujar Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pudjihardi.

Dompet Dhuafa

Sejak 1993, Dompet Dhuafa aktif mendistribusikan daging kurban amanah donatur secara tepat sasaran. Dalam penyaluran, kata Yuli, lembaganya menggunakan pendekatan pemberdayaan peternak lokal mandiri yang telah menjalani seleksi kontrol kualitas dan mendapat pendampingan.

"Melalui Festival 1440 Sate Dompet Dhuafa diharapkan mampu menjadi sarana pengingat bagi seluruh lapisan masyarakat dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 dan menggelorakan spirit berkurban bersama Dompet Dhuafa," kata Yuli.

Dompet Dhuafa

Dalam festival ini, sebanyak 1440 tusuk sate dibagikan kepada pengunjung car free day. Selain itu, gelaran tersebut diramaikan sejumlah acara seperti senam pagi, pawai kurban, talkshow, demo masak daging kambing dan domba bersama Chef Aiko.

"Saya sangat senang menjadi bagian dari acara ini. Dompet Dhuafa mengajak masyarakat untuk #jangantakutberkurban bersama Dompet Dhuafa. Kebahagiaan kan harus disebarkan termasuk kebahagiaan di mana melihat orang lain menikmati olahan daging kurban bersama keluarganya," ucap Chef Aiko.

Dompet Dhuafa

Tahun ini, Dompet Dhuafa menargetkan sebanyak 30 ribu ekor hewan kurban tersalurkan ke sejumlah titik di Indonesia. Terutama di kawasan terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda, dan Konawe.

Dukung Perekonomian Peternak Lokal, Dompet Dhuafa Jalankan Tebar Hewan Kurban

Satu lagi hari besar umat muslim yang paling dinantikan akan segera tiba, yaitu Hari Raya Idul Adha. Momen yang juga dikenal dengan sebutan Hari Raya Kurban ini biasanya diisi dengan gegap gempita pembagian hewan kurban untuk sesama. Namun, permintaan daging kurban yang tinggi membuat harga hewan kurban di pasaran mulai merangkak naik, sementara pasokan dari sentra ternak mulai berkurang karena musim kemarau tiba.

Bagi yang sudah memiliki niat untuk berkurban, nggak perlu panik. Pasalnya beberapa lembaga sudah menyiapkan pasokan hewan kurban yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti yang dilakukan Dompet Dhuafa. Tahun ini, Dompet Dhuafa kembali melakukan Tebar Hewan Kurban (THK) sebagai upaya untuk mendukung perekonomian peternak lokal. Lewat program THK tersebut, Dompet Dhuafa sudah mengamankan pasokan hewan kurban, lengkap dengan standar memadai dan berkualitas dengan harga yang tetap terjangkau.

Adapun berkurban lewat lembaga terpercaya memiliki keistimewaan tersendiri. Di antaranya kesehatan ternak yang sudah pasti terjaga, mutu dan kualitas teruji, daging-daging kurban tersalurkan secara tepat, sesuai tujuannya hingga menumbuhkan perekonomian para peternak kecil yang telah menjadi mitra THK Dompet Dhuafa.

“Tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan kurban sebanyak 30.000 ekor dan pendistribusiannya menjangkau 34 Provinsi di Indonesia, termasuk juga wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda dan Konawe. Selain itu, Dompet Dhuafa mendistribusikan hewan kurban ke tujuh negara seperti Timor Leste, Filipina, Myanmar, Vietnam, Palestina, Thailand dan Bangladesh. Pengadaan hewan kurban telah memenuhi standar dan mutu kualitas, termasuk juga kesehatan hewan kurban  yang terseleksi oleh tim Quality Control (QC).

Melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi. Kemudian para peternak dapat memastikan kualitas hewan kurbannya lantaran ada pendampingan oleh tim program Dompet Dhuafa,” ucap drg. Imam Rulyawan, MARS., selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Program Kampoeng Ternak Nusantara (KTN) sebagai upaya lembaga untuk memasarkan hewan ternak dari para peternak lokal. Selain itu juga meningkatkan kesejahteraan peternak kecil, membangun jaringan peternakan rakyat. Menyelenggarakan bisnis peternakan dan turunannya untuk menghadirkan keuntungan, pertumbuhan berkesinambungan dan berkah bagi peternak dhuafa. Sehingga mereka dan keluarganya dapat menikmati hasilnya, yaitu terwujudnya kemandirian melalui penyelenggaraan bisnis peternakan dan turunannya yang memguntungkan.

Setiap tahunnya THK menjadi program puncak atau panen bagi peternak pemberdayaan tersebut. Kepastian pasar mereka dapatkan melalui THK Dompet Dhuafa, termasuk menjadi garda depan penyebaran hewan kurban ke seluruh pelosok Indonesia. Dengan tujuan agar daging kurban terasa merata manfaatnya dan tidak menumpuk di kota-kota besar saja.

Ayi Rahmat (35), selaku Ketua Kelompok Ternak Al-Ikhwan. Pertemuannya dengan Dompet Dhuafa bermula pada 2007, ketika ia bergabung menjadi relawan bencana longsor yang menimpa Kota Santri tersebut. Hingga di 2009, ia terus berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa sebagai Mitra Pendamping. Ia memotivasi para anggotanya, untuk menghasilkan produk pertanian unggul dan bersaing hingga lahirlah produk padi dengan kualitas tinggi khas Cianjur, juga beras hasil pertanian Gapoktan Al-Ikhwan, yang kita kenal dengan nama ‘Beras Sae’. Berawal dari mengawal pendampingan kelompok tani beras, ia merambah ke ternak doka (domba kambing) di Cianjur.

Namun ternaknya gagal, karena banyak pencurian hewan ternak, juga warga lebih mengutamakan pertanian. Berangkat dengan 20 ekor doka dan gagal, berikutnya di 2016, Dompet Dhuafa memberikan 50 ekor dan terus berkembang. Saat ini di kelompok ternak tersebut terdapat 300 ekor doka.

Terkait basis data penyaluran, Dompet Dhuafa memiliki data penyaluran dan penerima manfaat dengan detail. Kerja sama dengan berbagai lembaga dan pengembang data, memungkinkan Dompet Dhuafa mendapat laporan data penyalur secara detail. Sistem digitalisasi pengelolaan zakat lebih memudahkan lembaga filantropi Islam tersebut dalam pengelolaannya. Saat ini, Dompet Dhuafa berupaya mengembangkan global information system (GIS) yang berisi data dan lokasi sebaran penerima manfaat dalam bentuk peta geografik. Dompet Dhuafa bekerja sama dengan e-commerce (niaga elektronik) dan fintech (penggunaan teknologi keuangan) dalam mengembangkan sistem digitalisasi pengelolaan zakat dan kurban. Karena digitalisasi memudahkan pengumpulan dan pengelolaan zakat, serta kurban.

Semangat #JanganTakutBerkurban akan terus bergelora untuk memeriahkan Idul Adha 1440H, tentu hadir juga dengan kemudahan berkurban yang senantiasa ditawarkan oleh Dompet Dhuafa. Selain pendistribusian yang luas, pekurban dapat berkurban melalui kanal-kanal kemudahan layanan berkurban seperti QR Code, payment online, e-commerce, jemput kurban dan masih banyak lagi.

Ada `Flash Sale` Kambing Kurban Rp1 dari Dompet Dhuafa

Dream - Suasana suka cita Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah masih terasa. Tidak sedikit umat Islam kembali ke perantauan usai mudik di pekan kedua Syawal.

Meski masih dalam suasana lebaran, persiapan menyambut Zulhijjah sudah mulai dilakukan. Seperti halnya lembaga filantropi Dompet Dhuafa dengan meluncurkan tagline #JanganTakutBerkurban.

Dompet Dhuafa

Lewat tagline ini, Dompet Dhuafa membuat program yang memudahkan berkurban. Cukup dengan Rp1, masyarakat sudah bisa berkurban.

"Itu strategi kami memberikan penyaluran untuk memberikan korban untuk orang lain," ujar CEO Bawaberkah.org, Dera Perdhana Sophian di Jakarta, Kamis 20 Juni 2019.

Kambing Rp1 Cuma Ada di Bawaberkah.org

Dera menuturkan kambing kurban dengan harga Rp1 hanya tersedia di bawaberkah.org yang merupakan platform digital Dompet Dhuafa. Platform ini juga merupakan mitra Bukalapak dan DANA.

Dompet Dhuafa mulai menjual hewan kurban pada 25 Juni 2019 hingga 13 Agustus 2019. Selama periode, akan ada flash sale setiap minggunya yakni kambing kurban segara Rp1.

"Jadi pantengin saja di aplikasinya," ucap dia.

Dera menjelaskan program kambing Rp1 ini berawal dari ide saling berbagi hewan kurban.

Jadi keuntungan yang didapat Dompet Dhuafa dalam menjual hewan kurban, dikembalikan lagi dan dijual seharga Rp1.

Untuk itu, apabila ada pengguna yang berhasil mendapat flash sale kambing Rp1, maka wajib mencantumkan nama penerima hewan kurban tersebut. "Nanti akan ada hewan kurban ini dari siapa dan untuk siapa," kata dia.

 

Hewan Kurban Harga Murah

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa membeli hewan kurban dengan harga murah melalui platform digital tersebut.

"Kalau datang langsung ke gerai atau kantor itu harganya Rp1,9 juta, tapi kalau di digital Rp1,4 juta. Yang Rp1,9 juta itu kalau belinya sebelum tanggal 30 Juni bisa diskon Rp200 ribu," ujar dia.

Dompet Dhuafa

Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi, mengatakan hewan kurban yang terkumpul nantinya disalurkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

"Saat ini yang paling banyak distribusinya di Jawa dan Bali," kata Yuli.

Untuk distribusi, Dompet Dhuafa tidak secara langsung mengirimkan hewan kurban dari Jakarta ke daerah. Tetapi, Dompet Dhuafa akan menyerahkan uang kepada panitia di suatu daerah untuk dibelikan hewan kurban di lokasi terdekatnya masing-masing.

"Tujuannya agar uang itu juga berputar di daerah," ujar dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Mencuci pakaian olahraga terkadang butuh cara khusus agar bau keringatnya menghilang. Kamu bisa gunakan bahan alami untuk membuatnya semakin bersih dan wangi.

Baca Selengkapnya
Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah

Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah

Doa mengusir kecoa sering kali menjadi pilihan untuk menjaga kebersihan rumah dari serangan kecoa tanpa harus bergantung pada bahan kimia yang berbahaya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Bulu mata palsu harus ditempatkan dengan di posisi yang seharusnya. Jika tak terbiasa atau mengerti teknik memasang, akan jadi bahan tertawaan orang.

Baca Selengkapnya
95 Kata-Kata Gombal buat Pacar Tersenyum dan Bisa Jadi Salah Tingkah

95 Kata-Kata Gombal buat Pacar Tersenyum dan Bisa Jadi Salah Tingkah

Meskipun gombalan sering dianggap klise, tapi jangan salah, saat diucapkan dengan tulus, kata-kata ini bisa membuat hati sang pujaan meleleh.

Baca Selengkapnya
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Terdapat solusi yang simpel untuk menghilangkan kutu rambut tanpa perlu bahan kimia keras atau produk dengan harga tinggi.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Cara Mengikat Ujung Kemeja Biar Kece

DRESS IT! Tips Cara Mengikat Ujung Kemeja Biar Kece

Sahabat Dream harus lihat dan ikutin nih cara-cara mengikat ujung kemeja biar rapi dan lebih kece.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya

Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya

Cara memilih serban terbaik, perhatikan dari bahan dan usia pemakainya agar tidak salah pilih!

Baca Selengkapnya
Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan

Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan

Biasanya, serabi disajikan dengan taburan kelapa parut atau gula kelapa, memberikan sentuhan manis yang menggoda.

Baca Selengkapnya