Dokter Keluarkan 1.000 Semut dari Telinga Bocah 12 Tahun

News | Kamis, 4 Februari 2016 19:30
Dokter Keluarkan 1.000 Semut dari Telinga Bocah 12 Tahun

Reporter : Eko Huda S

Setiap hari ada 10 semut yang keluar dari lubang telinganya. Hingga kini, sudah 1.000 semut yang dikeluarkan dari telinganya.

Dream - Jagalah kebersihan telinga. Jangan sampai lubang telinga kita menjadi sarang serangga, seperti sejumlah kasus yang telah terjadi sebelumnya.

Kasus terbaru dilaporkan dari India. Telinga Shreya Darji, bocah dari Deesa, Gujurat, menjadi sarang semut. Jumlahnya pasti membuat Anda tercengang.

Laman Metro.co.uk, pada Rabu 3 Februari 2016, melaporkan, lubang telinga bocah perempuan berusia 12 tahun ini menjadi sarang lebih dari 1.000 semut.

Kepada dokter, Shreya mengaku merasa ada sesuatu yang bergerak-gerak di dalam telinganya. Pada Agustus itu, setiap hari ada 10 semut yang keluar dari lubang telinganya. Hingga kini, mungkin sudah 1.000 semut yang dikeluarkan dari telinga Shreya.

“ Kami telah melakukan semua scan yang memungkinkan pada anak itu, termasuk MRI dan CT scan tetapi semua normal,” kata Jawahar Talsania, dokter senior THT.

“ Kami tidak menemukan kelainan di telinganya. Dia tidak mengalami sakit apapun -meskipun semut menggigitnya- dan tidak ada kerusakan yang ditemukan pada gendang telinga,” tambah Talsania.

Menurut Talsania, keluarga Shreya hidup normal. Lingkungan tempat tinggal mereka juga sehat. “ Sehingga kita bahkan tidak bisa menyalahkan kondisi hidup mereka. Kami tidak melihat sesuatu seperti ini dalam sejarah medis kami,” tutur Talsania.

Dokter berusia 58 tahun ini telah mencoba untuk menghilangkan semut-semut itu dari lubang telinga Shreya. Namun hingga kini semut-semut itu terus berkembang biak. Setelah dibersihkan, tetap saja ada semut baru di telinga Shreya.

Ayah Shreya, Sanjay, mengatakan dia khawatir kondisi anaknya menjadi lebih buruk. “ Saya telah melakukan semua yang saya bisa. Saya telah membawanya ke dokter terbaik tetapi mereka gagal untuk memecahkan masalah,” tutur Sanjay. 

2 dari 3 halaman

Dokter Bedah Benjolan di Bawah Perut, Ternyata Isinya...

Dream - Komedo di perut? Mungkin Anda tak pernah menyangka. Dan lebih sering mendengar komedo pada bagian muka atau wajah saja.

Tapi simaklah kisah ini. Proses operasi yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit, Sandra Lee. Dokter asal Amerika Serikat ini membedah benjolan di bawah perut seorang pasien wanita.

Dokter Sandra Lee kerap mengunggah proses operasi yang dia lakukan ke laman berbagai video, Youtube. Dan kali ini, perempuan yang lebih dikenal dengan nama Dr Pimple Popper itu mengunggah video operasi pasien yang punya benjolan misterius itu.

Semula pasien itu tak tahu apa isi benjolan aneh di perutnya itu. Karena merasakan sakit nyeri pada benjolan itu, dia datang ke dokter Sandra Lee untuk memeriksakan diri.

Alangkah terkejutnya pasien itu setelah tahu hasil pemeriksaan. Benjolan itu ternyata berisi komedo yang sangat besar. Pasien itu tak pernah menyangka bahwa benjolan itu berisi komedo.

Setelah melakukan pembiusan lokal, dokter Sandra membedah benjolan tersebut. Dengan pisau bedah, dokter Sandra menyayat kulit perempuan itu. Tepat di atas benjolan.

Dokter Sandra lantas menekan benjolan yang sudah mengaga itu. Dan terlihatlah zat berwarna kuning dari luka goresan itu.

Meski sudah diambil sebagian, sisa-sisa komedo warna kuning tersebut masih ada dan dokter Sandra menariknya keluar dengan menggunakan pinset.

Setelah dibersihkan, lubang bekas tempat bersarang komedo itu langsung ditutup dengan jahitan. Seperti video operasi lainnya, video dokter Sandra itu juga menarik perhatian ratusan ribu pengunjung di YouTube. (Ism)

3 dari 3 halaman

Mulas, Perut Pria Ini Ternyata Jadi Sarang Cacing 6 Meter

Dream - Berhati-hatilah bagi Anda yang gemar menyantap daging mentah. Sebab, kebiasaan Anda bisa membawa penyakit ke dalam tubuh Anda. Lebih baik Anda mengonsumsi daging matang saja.

Simaklah kisah pria 38 tahun asal China yang gemar makan daging mentah ini. Dia memeriksakan diri ke rumah sakit setelah tiga hari mengalami muntah dan merasa lemah.

Kepada dokter dia mengaku selama dua tahun terakhir mengalami sakit perut, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dan anemia.

Petugas medis dari Hubei University of Medicine, di Shiyan, kemudian memeriksa pria ini. Dan alangkah terkejutnya mereka, saat menemukan sesuatu yang luar biasa di dalam perut pria ini.

Dokter segera memberi obat prazikuantel, yang digunakan untuk mengobati infeksi parasit. Pria ini juga minum manitol untuk pencahar. Dan sekitar dua setengah jam kemudian, pria ini mengeluarkan cacing pita sepanjang 6,2 meter bersama faeces.

Cacing pita merupakan parasit yang bisa hidup di dalam usus manusia. Cacing ini bisa masuk ke tubuh manusia melalui makanan yang terkontaminasi. Terutama daging mentah.

 Mulas, Perut Pria Ini Ternyata Jadi Sarang Cacing 6 Meter

Cacing pita yang dikeluarkan pria ini kemudian dikirim ke laboratorium untuk diperiksa. Setelah diperiksa, caacing itu teridentifikasi sebagai Taenia saginata, yang biasa terdapat pada daging sapi.

Cacing pita jenis ini bisa tumbuh hingga 25 meter, meskipun sebagian besar sekitar 5 meter. Kepalanya –yang dikenal sebagai scolex– menempel ke permukaan usus kecil melalui pengisap.

Gejala infeksi cacing pita termasuk sakit perut, muntah, diare, penurunan berat badan, dan kekurangan gizi. Tapi, beberapa pasien tidak menyadari gejala infeksi mereka.

Dan beruntung bagi pria China yang tak disebut namanya itu. Cacing itu berhadil dikeluarkan. Dan setelah 3 bulan pengobatan, berat badannya sudah meningkat.

(Ism, Sumber: Laporan the New England Journal of Medicine

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id