Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Dino Patti Djalal Bikin Startup Umroh

Dino Patti Djalal Bikin Startup Umroh Dino Patti Djalal Mendirikan Marketplace Waraqa (Foto: Dream.co,id/Muhammad Ilman Nafi'an)

Dream - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal meluncurkan laman jasa umroh Waqara. Dino mengatakan, kehadiran Waqara sebagai platform digital penyedia layanan biro umroh menggunakan hukum PT Waqara Jasa Bangsa.

Dino berharap layanan ini bisa kembali meningkatkan kepercayaan jemaah yang kini sedang turun karena berbagai kasus penipuan.

"Ini krisis kepercayaan dalam industri umroh, jadi orang ragu kalau mau umroh," ujar Dino di Jakarta, Rabu, 25 September 2019.

Dino mengatakan, berdasarkan data yang ada, jumlah korban calon jemaah dari biro umroh bodong mencapai 200 hingga 300 ribu orang.

"Nilai kerugian Rp4,5 triliun dalam dua tahun terakhir. Mungkin jumlahnya lebih besar," ucap dia.

 

Berharap Jadi Unicorn

Dia berharap, Waraqa menjadi solusi meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat. Sebab, kata dia, Waqara yang merupakan sebuah platform akan menyaring terlebih dahulu biro umroh yang akan bekerja sama.

"Pokoknya yang bekerja dengan kami insya Allah aman. Kami melakukan kurasi, seleksi dengan ketat, harus berintegritas," kata dia.

Melalui aplikasi Waqara yang bisa diunduh di AppStore dan IOS, masyarakat yang hendak berumroh bisa memilih biro travel mana yang akan mereka pilih.

Dino mengatakan, Waqara juga memberikan asuransi kepada jemaah apabila ada pembatalan keberangkatan, maka uang akan dikembalikan sebesar 95 persen.

Untuk pembayaran, ada beberapa bank yang sudah menjalin kerja sama dengan Waqara.

Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat ini mengatakan, dalam beberapa waktu ke depan perusahaannya ditargetkan akan menjadi unicorn.

"Insya Allah dalam 5-6 tahun, Waqara menjadi billion dollar company," ujar dia. (ism)

Alasan di Balik Kerajaan Saudi Hapus Visa Umroh Progresif

Dream - Pemerintah Arab Saudi melalui Wakil Menteri Haji dan Umrah Saudi, Sulaiman Al-Massaath secara resmi mencabut aturan biaya pembuatan visa umroh progresif. Kabar tersebut dibenarkan oleh Konjen RI di Jeddah, Mohamad Hery Saripudi.

"Terkait visa progressif, sore ini kami terima konfirmasi bahwa ada dekrit raja yang membatalkan. Jadi biayanya flat. Yang dua ribu dihilangkan," ujar Heru dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu 11 September 2019.

Heru mengatakan, kerajaan Arab Saudi memutuskan menghilangkan kebijakan visa umroh progresif untuk mewujudkan target jemaah umroh sebanyak 30 juta orang pada 2030.

Staf Teknis Haji Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah, Endang Djumali menambahkan pada 2020 mendatang, Arab Saudi menargetkan jemaah umroh yang akan datang dari seluruh dunia mencapai 10 juta orang.

"Pemerintah Saudi ingin mendiversifikasi ekonominya dari berbagai economic resources, termasuk umrah," kata Endang.

Endang menjelaskan, biaya pembuatan visa umroh progresif yang sebelumnya ditetapkan sebesar 2 ribu riyal atau setara Rp7,6 juta, kini sudah ditiadakan.

Sebagai gantinya, Pemerintah Saudi menerbitkan aturan baru mengenai pemberlakuan biaya viasa umroh dalam bentuk Goverment Fee sebesar 300 riyal.

Biaya ini berlaku untuk setiap pengajuan visa umrah, baik yang pertama maupun kali kedua dan seterusnya.

"Jadi, kebijakannya bukan mengurangi visa progressif dari SAR2000 menjadi SAR300, tapi mencabut aturan visa progressif dan menerbitkan ketentuan baru biaya pengajuan visa umrah dengan Government Fee sebesar SAR300," ujar dia.(Sah)

Biaya Visa Umroh dan Haji Progresif Diturunkan, Alhamdulillah

Dream - Pemerintah Arab Saudi menurunkan biaya visa umroh dan haji progresif. Visa ini diberlakukan bagi jemaah yang menjalankan umroh atau haji lebih dari satu kali.

Konsul Haji Kantor Urusan Haji (KUH) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Endang Djumali mengatakan, kebijakan visa progresif diberlakukan Saudi untuk jemaah umroh mulai 2016.

Untuk haji, visa progresif mulai berlaku pada 2018. Saat itu, tarif yang ditetapkan sebesar 2.000 riyal, setara dengan Rp7,6 juta.

"Keputusan terbaru adalah pengurangan nominal visa progresif dari SAR2.000 menjadi SAR300 (setara Rp1,1 juta) bagi mereka yang mengulangi atau berulangkali umroh, begitu juta dengan visa haji progresif," ujar Endang dikutip dari Kemenag, Selasa 10 September 2019.

Turunnya biaya visa progresif ini diharapkan mampu meringankan jemaah yang ingin menunaikan ibadah umroh atau haji kembali.

Endang berujar, Saudi menetapkan visa progresif berdasarkan data dari e-Hajj milik mereka. Dalam sistem itu terdapat data para jemaah yang telah melaksanakan umroh atau haji dari seluruh dunia.

Saudi Batal Wajibkan Rekam Biometrik untuk Visa Haji dan Umroh

Dream - Arab Saudi merevisi kebijakan pemberlakuan rekam biometrik sebagai visa haji dan umroh. Dalam kebijakan barunya, Saudi menyatakan rekam biometrik tidak menjadi syarat terbitnya visa.

Hal itu tertuang dalam pengumuman Bagian Konsuler Kedutaan Besar Saudi untuk Indonesia. Dalam pengumuman itu, Kerajaan Saudi telah menerbitkan Keputusan Nomor 43313 tanggal 4 Syaban 1440 H (9 April 2019 M) yang menyatakan tidak diwajibkannya rekam biometrik untuk proses penerbitan visa haji dan umroh.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Nizar, membenarkan adanya kebijakan baru Saudi tersebut.

"Saya sudah mengonfirmasi dan pengumuman itu benar adanya," ujar Nizar, dikutip dari Kemenag.go.id, Rabu 24 April 2019.

Nizar mengatakan, Kemenag segera menindaklanjuti keputusan tersebut dengan menerbitkan Surat Edaran ditujukan kepada seluruh Kakanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia.

"Rekam biometrik akan dilakukan di Bandara Madinah dan Jeddah, kecuali bagi jemaah yang sudah melakukan perekaman di Tanah Air," kata dia.

Sementara, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Muhajirin Yanis, mengatakan, meski terdapat kebijakan baru, perekaman biometrik melalui VFS Tasheel tetap berjalan. Tetapi, layanan tersebut untuk sementara dipakai di daerah yang aksesnya mudah.

"Untuk jemaah dari wilayah-wilayah kepulauan yang jaraknya jauh, perekaman akan dilakukan saat tiba di Madinah dan Jeddah," kata Muhajirin.

Sejauh ini, sudah ada 152 ribu calon jemaah haji yang melakukan rekam biometrik. Jumlah tersebut berdasarkan data yang masuk pada Selasa sore, 23 April 2019.

"Alhamdulillah, proses berjalan lancar. Sudah 65 persen jemaah haji Indonesia yang melakukan rekam biometrik," kata Kasubdit Penyiapan Dokumen Haji Reguler, Nasrullah Jassam.

Alhamdulillah, Jemaah Indonesia Bisa Cetak Visa Haji Mandiri

Dream - Muslim Indonesia yang akan berangkat haji akan semakin dimudahkan. Saat ini, para calon jemaah hai sudha dapat mencetak visa haji secara mandiri.

Kasi Pemvisaan Subdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Kementerian Agama, Akhmad Jauhari, mengatakan layanan visa mandiri dapat diakses melalui laman http://visa.mofa.gov.sa. Caranya, jemaah tinggal memasukkan nomor paspor atau nama depan mereka sesuai tertulis dalam paspor.

Usai input data tersebut sukses, jemaah yang visanya telah disetujui dapat mengakses dokumen visa haji dalam format digital.

"Di-print berapapun resmi karena yang diperiksa bukan fisik, tetapi catatan data di sistem komputer,” kata Jauhari di kantor Kemenag.

Menurut Jauhari, proses ini sangat membantu para jemaah untuk mengetahui proses visa haji mereka. Selain itu, fasilitas mencetak secara mandiri juga bisa menghindarkan kehilangan dokumen.

Sejauh ini, kata Jauhari, belum ada kendala berarti dalam proses pengajuan visa haji ke Kedutaan Besar Arab Saudi. Tetapi, ditemukan beberapa kasus seperti beda ejaan nama dalam paspor antara jemaah satu dengan yang lain.

Masalah ini bisa diselesaikan dengan menghadirkan jemaah dan mendatangkan saksi-saksi untuk identitas.

Selain itu, ada pula persoalan jenis paspor. Jauhari menyebut kebanyakan paspor terbitan lama tak bisa terbaca sistem pemindaian e-hajj. Sementara itu petugas di Kemenag tak difasilitasi pengisian data manual.

"Solusinya, ketika ada paspor yang tak bisa dibaca sistem kita konfirmasi ke operator sistem e-hajj di Jeddah untuk menginput data manual," kata Jauhari.

Hingga Selasa, 3 Juli 2018, Subdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Ditjen Kemenag mencatat sebanyak 8.861 visa haji telah diterbitkan pihak Saudi. Sementara dokumen yang sudah diterima sebanyak 163.236 dari 221 ribu total kuota jamaah haji Indonesia.

Sedangkan dokumen yang sudah masuk tahap pengelompokan sebanyak 139.248 dari yang telah diverifikasi sebanyak 142.683 pengajuan.

(Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Begini Cara Danamon Syariah Percepat Nasabah Tunaikan Haji dan Umroh

Begini Cara Danamon Syariah Percepat Nasabah Tunaikan Haji dan Umroh

Kebutuhan untuk menjalankan ibadah haji dan umrah di Indonesia mencapai sekitar 700 ribu pendaftar setiap tahun.

Baca Selengkapnya
Omzet Pebisnis Batik Ini Naik Drastis Sampai Bisa Beli Tanah Sampai Umroh, Begini Trik Jualannya

Omzet Pebisnis Batik Ini Naik Drastis Sampai Bisa Beli Tanah Sampai Umroh, Begini Trik Jualannya

Produk lokal dapat bertransformasi meraih kesuksesan bisnis di era digital.

Baca Selengkapnya
Keberatan Pajak Hiburan Naik, Ini Deretan Sumber Pabrik Duit Inul Daratista, Punya Karaoke hingga Bisnis Wisata!

Keberatan Pajak Hiburan Naik, Ini Deretan Sumber Pabrik Duit Inul Daratista, Punya Karaoke hingga Bisnis Wisata!

Inul mengajukan perotes terkait besarnya kenaikan pajak hiburan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.