Jawaban Youtuber M Kece Soal Kecaman Penistaan Agama dari MUI

News | Minggu, 22 Agustus 2021 17:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

M Kece sudah mengetahui informasi tentang kecaman yang dilayangkan MUI terkait konten Youtubenya. Ini pembelaan dia?

Dream – Muhammad Kecek, Youtuber membuat pembelaan diri terkait tudingan telah melakukan tindakan penistaan agama lewat konten Youtube. Akibat tindakan itu, pemilik akun @muhammadkece diketahiui telah dikecam Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qumas.  

Terbaru, Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono dikutip dari Liputan6.com menyatakan telah menerima aduan masyarakat terkait konten yang dibuat oleh Muhammad Kece. Tanpa menyebutkan pihak pelapornya, laporan tersebut diterima oleh Bareskrim Mabes Polri.

Melalui video Youtube yang berjudul “ MuhammadKece Dikecam MUI” yang diunggah pada 21 Agustus 2021, M Kece melakukan pembelaan dengan mengatakan alasan pengecaman dilakukan karena salah satu ayat Quran. 

“ MuhammadKece dikecam MUI. Kenapa dikecam? Gara-gara surat 72 ayat 19,” tulis M Kece di deskripsi video konten Youtube itu.

M Kece juga mengakui sudah memperoleh informasi terkait kecaman yang dilayangkan MUI tersebut dengan membacakan sebuah artikel dari situs berita.

 

Jawaban Youtuber M Kece Soal Kecaman Penistaan Agama dari MUI
© MEN
2 dari 6 halaman

Ini Pembelaan M Kece

Tampil dengan mengenakan kopiah hitam dan lambang Garuda Pancasila, M Kece berdalih tindakannya tersebut adalah bentuk dari mengeluarkan pendapat dan pikiran secara lisan. Hal tersebut, menurutnya, dijamin oleh UUD 1945 khususnya pasal 28. 

" saya ingin menyampaikan bahwa salah satu perwujudan kemerdekaan NKRI adalah kemerdekaan mengeluarkan pikiran dengan lisan seperti ini," ujarnya. 

Dia juga beralasan membuat konten tersebut karena berdalih Indonesia adalah perwujudan dari negara yang berdasarkan pada hukum, bukan atas agama. 

M Kece juga menyadari jika setiap warga negara yang melanggar hukum harus mendapatkan hukuma karena bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara hukum.

" Kalau melanggar agama, negara kita bukan negara agama," katanya.

Menganggap kecaman datang karena membahas salah satu ayat Quran, M Kece lalu menampilkan potongan surat yang dimaksud. Dia kembali beralasan masyarakat berhak untuk melihat ayat tersebut. 

" MUI mengecam M Kece, mengecam karena ditampilkan di publik. katanya qura untuk semua umat manusia," sindirnya.

3 dari 6 halaman

Ngaku Nabi ke-26, Joseph Paul Zhang Jadi Target Penangkapan Bareskrim

Dream - Bareskrim Polri sedang melakukan pelacakan keberadaan Joseph Paul Zhang, pria yang membuat pernyataan kontroversial dengan mengaku sebagai nabi ke-26. Upaya perburuan tersebut melibatkan interpol.

Kabareskrim, Komisaris Jenderal Agus Andrianto, menyatakan sejak awal menduga Joseph tidak berada di Indonesia. Tetapi, dia menegaskan hal itu tidak menghalangi upaya penyidikan.

 

 Ngaku Nabi ke-26, Joseph Paul Zhang Jadi Target Penangkapan Bareskrim© Dream

 

" Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri," ujar Agus, dikutip dari Merdeka.com.

Agus mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan Imigrassi untuk mengetahui data perlintasan Joseph. Diketahui, Joseph meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018.

 

 

4 dari 6 halaman

Upayakan Deportasi

Selain itu, Bareskrim juga menggandeng kepolisian luar negeri dan menyusun Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk Joseph. Daftar tersebut agar Joseph dapat dideportasi dari negara tempatnya berasa saat ini.

" Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan," kata dia.

Selanjutnya, Agus menyatakan kepolisian dapat melakukan penindakan dengan membuat laporan temuan terkait dengan konten intoleran tersebut. Menurut dia, konten yang berpotensi menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat serta merusak persatuan dan kesatuan dapat ditindak sesuai Surat Edaran Kapolri.

" Kalau yang seperti itu kan bisa dibuat laporan temuan penyidik atas konten intoleran, menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyrakat, merusak persatuan dan kesatuan, sesuai dengan SE Kapolri kan ditindak tegas," kata dia.

5 dari 6 halaman

Mengaku Nabi ke-26, Jozeph Paul Zhang Tak Takut Dipolisikan

Dream – Nama Jozeph Paul Zhang belakangan menjadi viral karena pernyataan kontroversialnya. Lewat Youtube pribadinya, Jozeph membuat ucapan-ucapan menistakan agama Islam.

Seperti pada unggahan di kanal Youtube Jozeph Paul Zhang yang diakses pada Minggu 18 April 2021. Dalam video berjudul `Puasa Lalim Islam`, dia bercerita tentang teman-teman Muslimnya yang berada di Eropa.

Joseph menyebut teman-temannya berpuasa hanya pada tahun pertama karena takut kepada Allah. Jozeph juga menilai puasa itu lalim.

“ Tema kita hari ini puasa lalim Islam. Luar biasa, lu yang puasa gua yang laper! Ha-ha-ha.... Gubrak gubrak. Password seperti biasa ya, buka jus jus jus gubrak gubrak gubrak olala bebe. Serius hari ini ya lu yang puasa gua yang laper, nggak bener lu,” kata dia saat membuka dialog Zoom.

“ Ini saya dikirimi sama temen-temen dari... Yang saya bagikan lalimnya. Jadi kalau kita lihat sekarang di Indo kan pada lagi puasa ya. Kalau di Eropa juga lagi pada... bukan lagi pada puasa, lagi duniawi nggak puasa. Sebab temen-temen muslim di Eropa ini tahun pertama puasa, takut sama Allah. Tahun kedua puasanya separo, nyoba Allah lihat apa nggak. Tahun 3 bablas nggak yang puasa, Allah nggak lihat. Loh kenapa? Kan Allah Mahatahu. Nggak, Allah lagi dikurung di Ka'bah,” kata dia sambil tertawa.

“ Kurang ajar. Emang gitu ya? Tahun pertama mereka masih puasa full. Tahun kedua mereka separo. Tahun ketiga rata-rata udah pada nggak puasa lagi," kata dia.

6 dari 6 halaman

Menantang

Tak hanya menghina ibadah puasa, Jozeph juga menyatakan diri sebagai nabi ke-26. Dia juga menantang orang-orang melaporkannya kepada polisi karena penistaan agama.

“ Gua kasih sayembara. Gua udah bikin video. Saya udah bikin video tantangan. Yang bisa laporin gua ke polisi gua kasih uang yang bisa laporin gua ke polisi penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Jozeph Paul Zhang. Meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabulullah,” kata dia.

“ Tolong viralkannya jangan lama-lama, ya. Sekalian laporan polisinya. Email ke hagios.eu@gmail.com,. Kalau sudah ada laporan polisinya dikirim via email. Saya kasih Rp1 juta,” tulis pria yang mengaku sebagai nabi ke-26 itu di kolom komentar.

Join Dream.co.id