Detik-Detik Pasukan Kostrad TNI Selamatkan Korban Banjir di Cikampek

News | Rabu, 10 Februari 2021 14:00
Detik-Detik Pasukan Kostrad TNI Selamatkan Korban Banjir di Cikampek

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Danyonif mengerahkan Tim Evakuasi yang terdiri dari 36 personel.

Dream - Hujan di wilayah Cikampek-Karawang sejak Sabtu, 6 Februari 2021, memicu banjir. Permukiman warga di Desa Dawuan, Cikampek, Minggu 7 Februari 2021, diterjang banjir paling parah.

Musibah tersebut direspons Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Para Raider 305/TKR Kostrad, Mayor Inf Fajar Akhirudin, S.I.P., M.Si. Danyonif mengerahkan Tim Evakuasi yang terdiri dari 36 personel dipimpin Lettu Inf Refan Wigit S.

Personel dibagi menjadi tiga regu, lalu disebar ke beberapa lokasi terdampak. Tim bergerak ke Perum BMI Cikampek, Perum Griya Regency Purwasari dan Desa Karangligar, Teluk Jambe Timur. Tim langsung mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir.

 

2 dari 5 halaman

Sebelumnya, banyak warga yang memilih bertahan karena tidak menyangka jika ketinggian banjir lebih dari dua meter. Banjir di Kabupaten Karawang masih merendam ribuah rumah, warga yang rumahnya terendam kini sudah diungsikan sementara ke tempat yang lebih aman.

Danyonif PR 305 Kostrad menyampaikan, bahwa setibanya di lokasi banjir tanpa ragu para prajurit Yonif PR 305 Kostrad langsung bertindak melaksanakan evakuasi warga yang terjebak banjir walau harus berjuang di dalam genangan air yang cukup tinggi (dimana ketinggian air mencapai dada orang dewasa).

" Dengan menggunakan tiga unit LCR, personel Yonif PR-305 Kostrad mendatangi rumah-rumah untuk mengevakuasi warga, terutama balita dan lansia untuk dibawa ke tenda darurat yang telah disiapkan," ujar Danyon, dikutip dari tni.mil.id, Rabu 10 Februari 2021.

3 dari 5 halaman

Video

Berikut video detik-detik penyelamatan korban banjir di Karawang oleh tim evakuasi Kostrad:

      View this post on Instagram      

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis)

4 dari 5 halaman

Doa Agar Hujan Deras Tidak Memicu Datangnya Banjir

Dream - Cuaca di Indonesia saat ini sedang cukup ekstrem. Di beberapa tempat, hujan turun dengan lebatnya.

Curah hujan yang tinggi tentu membuat kita khawatir karena terdapat potensi bencana alam berupa banjir di baliknya. Apalagi untuk masyarakat yang tinggal di bantaran kali yang setiap tahun menjadi langgaran banjir.

Tidak melulu besar, ada juga daerah yang dilanda banjir sedang hingga kecil. Meski begitu, tetap saja genangan air selalu membuat khawatir.

Ketika hujan turun dengan derasnya, ada rasa takut jika berubah menjadi banjir. Saat itu, dianjurkan membaca doa ini.

5 dari 5 halaman

Allahumma hawalaina wa la 'alaina. All?humma 'alal akami wal jibali, wazh zhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitis syajari.

Artinya,

" Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon."

Sumber: NU Online

Join Dream.co.id